15 Obat Herbal Cacar Air Paling Mujarab

3023

Cacar air adalah salah satu jenis penyakit pada kulit yang penyebabnya adalah virus varicella zoster di mana sebagai tanda utama dan paling umumnya adalah timbulnya ruam pada kulit. Ruam yang tadinya biasa saja dapat berubah di mana bentuknya menjadi bintil berwarna merah dan berisi cairan di dalamnya.

Memang bintil merah tersebut biasanya akan gatal, tapi kemudian bakal mengering dan mengelupas dalam jangka waktu 1-2 minggu. Bagian tubuh yang biasanya akan terserang oleh cacar air ini adalah kaki, lengan, perut, kulit kepala, belakang telinga, hingga wajah. Untuk mengobatinya secara alami, Anda bisa mengintip beberapa rekomendasi obat herbal cacar air paling mujarab seperti di bawah ini.

(Baca juga: perawatan cacar air – tanda terkena cacar air)

  1. Minyak Cendana

Untuk cacar air, tak salah kalau Anda ingin mengobatinya dengan obat herbal dan untuk rekomendasi pertama ada minyak cendana untuk digunakan. Campurkan 3-7 tetes minyak cendana bersama dengan kunyit bubuk 1 sendok teh untuk membuat pasta. Pasta tersebut bisa dibalurkan pada area kulit yang terkena cacar dan biarkan selama 30 menit. Setelahnya bersihkan dengan air biasa dan keringkan; pengaplikasikan rutin akan dapat menyembuhkan secara cepat.

  1. Jahe

Kupas dan iris jahe di mana kemudian jahe tersebut sebanyak 1 sendok teh dapat diseduh ke dalam secangkir air. Kecilkan apinya dan biarkan selama 5 menit. Ketika sudah diangkat, jangan lupa menyaringnya sebelum minum. Tambahkan 1 sendok makan madu murni berikut juga jus lemon, lalu aduk hingga rata dan minumlah 2-3 kali dalam sehari.

Cara lain yang dapat dicoba di rumah adalah dengan menambahkan ¼ atau ½ cangkir jahe dalam bentuk bubuk ke dalam air mandi Anda. Berendamlah di sana selama kurang lebih 20 menit supaya bintil akibat cacar dapat berkurang. Jangan lupa untuk mengeringkan kulit sampai benar-benar kering sesudah berendam. Penggunaan perlu dilakukan secara tepat demi menghindari efek samping jahe.

  1. Daun Kemangi

Selain mengatasi bau mulut, daun kemangi adalah ramuan herbal yang juga bisa menyembuhkan banyak kondisi kesehatan, termasuk juga cacar air. Ambil segenggam daun kemangi segar untuk dididihkan selama 3 menit lamanya. Setelah diangkat, biarkan dulu 10 menit dan saringlah sebelum dimasukkan ke lemari es.

Air tersebut bukan untuk dikonsumsi, melainkan Anda ambil kain atau handuk halus bersih untuk dicelupkan ke air daun kemangi dingin tadi untuk diaplikasikan ke kulit yang bercacar air. Jika masih sisa, tak masalah untuk disimpan di kulkas. Lakukan sekali sehari setiap hari dan lihat hasilnya nanti.

(Baca juga: cacar air pada anak)

  1. Lidah Buaya

Banyak yang sudah tahu tentang khasiat lidah buaya untuk kulit, jadi tak heran kalau gelnya ini bisa menyembuhkan cacar air. Cukup dengan mengoleskannya secara langsung dan hati-hati pada kulit yang terkena cacar air, diamkan sejenak sampai terserap dan kering sepenuhnya. Pemakaian setiap hari akan mempercepat kesembuhan.

  1. Madu

Madu murni berkandungan tinggi akan sifat anti-inflamasi sekaligus antiviral yang mampu membasmi virus penyebab cacar air. Untuk mengurangi gejala ruam, kemerahan, bintil, gatal plus nyerinya, Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan madu secara rutin tipis-tipis saja ke area yang bercacar air.

Tinggalkan selama kurang lebih ½ jam supaya khasiat dari madu bisa terserap sempurna. Setelah itu barulah Anda bisa dan boleh membersihkannya dengan air biasa. Lakukan sehari 3-4 kali akan cara ini supaya dapat menyembuhkan dengan cepat sekaligus mencegah bekas cacar air.

  1. Daun Neem

Satu lagi herbal yang bisa Anda andalkan ketika cacar air melanda, yakni daun neem di mana fungsinya adalah sebagai pembasmi virus pemicu cacar air. Daun neem juga dipercaya mengandung antiviral, antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-karsinogenik tinggi. Untuk mengurangi gejala cacar air yang mengganggu, Anda bisa coba menggunakan daun ini sebagai obat mujarab.

Anda bisa melumatkan lebih dulu segenggam daun neem segar dan kemudian mencampurkannya dengan air untuk membuat pasta. Pasta daun neem ini bisa diaplikasikan ke area kulit yang bercacar air. Biarkan 5 menit lamanya sebelum bisa dibasuh dengan air biasa; tapi untuk penggunaan daun neem ini hanya boleh dilakukan untuk orang dewasa saja.

(Baca juga: cara mencegah cacar air)

  1. Minyak Pohon Teh

Karena minyak pohon teh mengandung antiviral tinggi, maka virus penyebab cacar air dijamin dapat terbasmi dengan baik. Hanya saja, dalam pemakaiannya tak dianjurkan untuk langsung diaplikasikan ke kulit. Yang perlu dilakukan adalah mencampurkan 4 tetes minyak pohon teh bersama dengan minyak kelapa, minyak almond atau minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan.

Ambil kapas bersih untuk mengaplikasikan larutan tersebut ke bagian cacar air pada kulit Anda. Tinggalkan selama 10 menit sebelum kemudian dapat dilap menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air. Gunakan obat ini secara rutin setiap hari, tapi apabila memiliki kulit sensitif, minyak pohon teh bisa digunakan sedikit saja.

  1. Lada

Lada merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat khas akan rasa pedasnya. Namun meski pedas, lada adalah obat yang bisa diandalkan ketika Anda mengalami cacar air dan bingung bagaimana menghilangkannya. Lada ini bisa Anda campurkan dengan bedak anti gatal setiap hari secara rutin dan oleskan ke bagian cacar air.

  1. Daun Jarak

Obat herbal untuk cacar air lainnya adalah daun jarak di mana Anda bisa dengan mudah merebusnya. Ambil saja daun jarak secukupnya untuk kemudian direbus dan air rebusan tersebut Anda tuangkan ke bak mandi di mana menambahkannya ke air mandi hangat akan lebih efektif.

Pastikan bahwa air tersebut tidak begitu panas dan hanya suam-suam kuku saja. Gunakan air tersebut untuk berendam atau mandi supaya cacar air cepat hilang dan sembuh total. Namun pastikan setelah mandi atau berendam, kulit dilap sampai benar-benar kering; gunakan setiap hari sampai hasil terlihat.

(Baca juga: tanda-tanda cacar air)

  1. Temulawak

Herbal satu ini pasti sudah tak asing lagi, terutama pada penderita asam lambung. Bukan hanya penderita gangguan pencernaan saja yang bisa menggunakan temulawak, karena herbal ini pun bisa digunakan untuk mengobati cacar air secara efektif. Pastikan Anda mencuci lebih dulu temulawak yang sudah dibeli dan disiapkan.

Rebuslah dengan air sampai matang dan setelahnya bisa Anda angkat lalu menyaringnya lebih dulu. Minumlah rutin air rebusan temulawak setiap hari sampai gejala cacar air betul-betul mereda dan hilang. Karena temulawak menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsinya agar kesehatan tubuh juga terjaga dengan baik.

  1. Mengkudu

Mengkudu dikenal akan rasa pahitnya dan itulah mengapa hanya sedikit orang yang menggemari mengkudu. Namun terlepas dari rasa pahitnya, ada segudang manfaat bagi penderita penyakit-penyakit tertentu. Untuk cacar air, Anda bisa menyediakan mengkudu dan membersihkannya lebih dulu lalu memotongnya menjadi beberapa bagian.

Setelah dipotong beberapa bagian, Anda bisa membuat jus mengkudu. Konsumsilah minuman ini setiap hari supaya cacar air dapat disembuhkan dengan cukup cepat dari dalam. Karena tidak ada efek samping berbahaya, tentu Anda bisa mencobanya langsung, terutama jika Anda berani menghadapi rasa pahitnya.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau memang sangat terkenal akan khasiatnya dalam membantu menyembuhkan panas dalam berikut juga efektif dalam menumbuhkan rambut. Tapi lebih dari itu, cacar air juga merupakan sebuah jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan kacang hijau ini. Pemakaian luar akan jauh lebih bermanfaat, jadi jangan lupa untuk segera mencobanya.

Rendamlah lebih dulu kacang hijau secukupnya sampai bentuknya membesar. Sesudah itu, jangan lupa untuk melumatkannya lebih dulu sebelum dibalurkan pada kulit yang terserang cacar air sampai merata. Pemakaian rutin akan memudahkan dan mempercepat proses kesembuhan cacar air. Karena tak ada efek samping berbahaya, silakan untuk memraktikkannya.

(Baca juga: cara menghilangkan cacar air alami dengan cepat)

  1. Bengkoang

Bengkoang kita ketahui sebagai buah yang banyak dipakai untuk merawat kecantikan kulit. Namun rupanya, bengkoang juga dapat diramu menjadi obat cacar air yang efektif. Haluskan saja bengkoang yang sudah disiapkan dan berilah sedikit air. Ramuan pun siap untuk Anda oles ke bagian-bagian tubuh yang terkena cacar.

  1. Daun Mint

Supaya gejala cacar air seperti gatal dan ruam cepat mereda dan bahkan sampai hilang, gunakan daun mint sebagai obatnya. Redakanlah gatal dan ruam dengan mengoleskan daun mint yang telah ditumbuk pada bagian kulit yang terdapat cacar air. Lakukan rutin agar hasilnya dapat lebih cepat dialami.

  1. Kunyit

Air kunyit bisa menjadi obat mujarab juga bagi penderita cacar air. Selain mampu menurunkan tekanan darah tinggi, kunyit juga menawarkan banyak manfaat baik bagi kesehatan, termasuk juga bagi yang sedang terkena cacar air. Sebagai obat dalam dan luar, kunyit akan mempercepat kesembuhan cacar air Anda.

(Baca juga: cara mengobati cacar airpantangan cacar air)

Itulah daftar 15 obat herbal cacar air paling bagus yang sangat terekomendasi. Sebelum komplikasi terjadi, sebaiknya Anda mulai menyembuhkan cacar air dengan obat-obat tersebut.