Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 21 Cara Mengatasi Sakit Punggung secara Alami

21 Cara Mengatasi Sakit Punggung secara Alami

by Erlita

Nyeri pada punggung yang dialami sepanjang tulang belakang ini memang sangat menyakitkan khususnya saat kambuh pada malam hari. Ini bisa terjadi karena posisi duduk berdiri dan membungkuk salah yang sering dilakukan. Simak kumpulan cara mengatasi sakit punggung jitu yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Terapi Dingin dan Panas

Meletakkan es bisa meredakan radang akibat cidera dan mengurangi rasa sakit pada area punggung. Caranya adalah dengan mengaplikasikan kantung berisi es batu pada area tersebut selama 20 menit dan lakukan selama beberapa hari. Sesudah beberapa hari, anda bisa menggantinya dengan pak atau bantalan panas supaya otot bisa kendur dan aliran darah ke daerah nyeri bisa mengalir dengan lancar.

Artikel terkait:

  1. Berendam Dengan Garam Epsom

Pada garam epsom mengandung magnesium dan juga sulfur, garam ini bukan garam untuk dikonsumsi melainkan garam yang bermanfaat untuk kesehatan dan menghilangkan racun. Cara mengurangi rasa nyeri pada punggung selanjutnya adalah dengan menambahkan garam epsom ke air dan rendam seluruh bagian tubuh anda selama 20 menit sehingga radang dan rasa nyeri bisa berkurang.

  1. Pakai Minyak Bawang Putih

Bawang putih yang sering digunakan saat memasak ini memiliki kandungan anti inflamasi yang sangat baik dalam menyingkirkan sakit pada bagian punggung dengan cara membuat ekstrak bawang putih. Meski demikian, memang tetap perlu mewaspadai adanya efek samping bawang putih sehingga jangan sampai memakai berlebihan.

Siapkan beberapa bawang putih lalu kupas dan haluskan menggunakan blender, oleskan pada bagian punggung yang sakit lalu berbaring dengan posisi terlentang dan tutup bagian punggung yang sudah dioles bawang putih dengan kain atau selimut hangat dan keesokan paginya punggung akan membaik dan bisa anda bilas sampai bersih.

Artikel terkait:

  1. Jus Lemon

Jus lemon juga bisa digunakan sebagai naturopaths yakni meminum jus lemon untuk mengobati rasa sakit pada punggung. Untuk menghilangkan rasa pahit pada jus lemon ini, jangan ditambah dengan gula namun pakai sedikit garam dan minum jus tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari agar punggung bisa terhindar dari rasa sakit yang amat mengganggu.

  1. Yoga

Yoga juga merupakan satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit punggung secara alami. Latihan yoga ini akan mengatasi nyeri pada punggung sekaligus mengurangi stress dan rasa cemas yang anda rasakan. Lakukan yoga secara rutin agar anda terhindar dari sakit punggung.

Artikel terkait:

  1. Teripang Emas

Pada teripang emas memiliki kemampuan glukosamin yang berperan penting untuk penderita sakit punggung. Glukosamin mempunyai cairan bernama sinovial yang bisa menjadi cairan lubrikasi untuk area persendian. Kandungan pada teripang emas ini juga bisa mengembalikan fungsi dari tulang seperti semula. Konsumsi ekstrak teripang emas ini secara rutin yang bisa anda dapatkan di beberapa toko obat tradisional.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing menjadi salah satu tanaman herbal yang sudah digunakan sejak dulu untuk mengatasi sakit punggung. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun kumis kucing secara rutin sampai sakit bisa reda atau hilang.

Artikel terkait:

  1. Daun Bakung

Daun bakung juga merupakan obat alternatif yang bisa digunakan untuk mencegah sakit punggung. Caranya adalah dengan bakar beberapa lembar daun bakung sampai layu lalu lumuri dengan minyak kelapa dan tempelkan pada bagian punggung yang sakit.

  1. Akar Ilalang

Untuk meredakan nyeri punggung dengan akar ilalang bisa dilakukan dengan ambil 5 akar ilalang segar lalu bersihkan dan rebus sampai mendidih bersama 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan akar ilalang secara rutin 2 kali sehari yaitu pada waktu pagi dan sore selama seminggu sampai sakit bisa hilang.

Artikel terkait:

  1. Minum Air Putih Hangat

Air putih memang terkenal menyehatkan dan bisa menyembuhkan banyak penyakit. Saat bagian punggung terasa sakit, maka anda bisa minum 4 gelas air putih hangat saat bangun tidur. Lakukan secara rutin sampai sakit pada punggung bisa sembuh.

  1. Akar Comfrey

Comfrey merupakan salah satu tumbuhan semak yang bisa digunakan untuk peradangan dan menyembuhkan otot yang sudah terkilir. Anda bisa menggunakan salep ekstrak akar comfrey ini untuk mengurangi rasa sakit. Jangan gunakan salep ini lebih dari 10 hari, hanya sampai rasa nyeri hilang saja, sebab jika digunakan terlalu lama maka akan menyebabkan kerusakan hati.

Artikel terkait:

  1. Kentang

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada umbi kentang ini sangat bermanfaat untuk mengusir rasa nyeri di bagian punggung. Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni dengan menghaluskan kentang yang sudah di rebus lalu balurkan kentang halus pada area punggung selagi masih hangat.

  1. Madu

Madu merupakan obat herbal yang sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit termasuk nyeri pada punggung. Campurkan madu pada makanan atau minuman yang akan dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir dan rasa sakit pada punggung akan berangsur hilang karena kandungan gizi pada madu yang anda konsumsi tersebut.

  1. Jahe

Salah satu tanaman apotek hidup yakni jahe juga memiliki senyawa anti inflamasi yang bisa melawan berbagai penyakit termasuk sakit pada sendi dan punggung karena radang. Rebus jahe dengan air sampai mendidih dan minum air rebusan jahe tersebut selagi hangat ditambah dengan sedikit madu secara rutin sampai sakit punggung hilang. Tapi ingat jangan sampai konsumsi berlebihan karena efek samping jahe juga cukup berbahaya bagi kesehatan.

Artikel terkait:

  1. Lempung Bentonit

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan 10 sendok makan lempung bentonit dan campur dengan 20 sendok makan air putih lalu aduk sampai rata. Tambahkan dengan 2 tetes minyak esensial dan juga 1 sendok teh herba anti peradangan lalu campur sampai menjadi adonan pasta yang kental. Tuang adonan pada selembar handuk bersih lalu tempelkan pada bagian punggung yang sakit selama 30 menit.

  1. Peregangan Punggung

Otot yang kejang yang mungkin dikarenakan kurang olahraga juga bisa mengakibatkan punggung jadi sakit, untuk mencegahnya bisa dilakukan peregangan sebanyak 3 kali sehari. Caranya adalah duduk atau berdiri tegak dan remas pundak dengan kencang pada punggung bagian atas lalu tahan selama 15 detik dan lepaskan.

  1. Tidur Dengan Posisi Miring

Saat anda tidur gunakan posisi miring dan letakkan bantal diantara lutut sehingga tekanan pada punggung bisa dijaga dan bagian punggung bisa ditopang dengan baik.

Artikel terkait:

  1. Temulawak

Temulawak yang merupakan salah satu rempah ini sangat baik digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada punggung. Caranya adalah dengan menyiapkan 1 rimpang ukuran sedang dan juga 1 genggam daun kumis kucing serta 1 liter air.

Cuci bersih semua bahan dan rebus dengan air yang sudah disiapkan sampai tersisa 1/2 liter lalu minum air rebusan sebanyak 1 kali sehari secara rutin sampai sakit punggung bisa reda.

  1. Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung banyak manfaat untuk berbagai penyakit seperti tumor, kanker, jamur, ginjal dan berbagai penyakit lainnya termasuk sakit punggung. Siapkan 20 lembar daun sirsak dan 5 gelas air, cuci bersih daun sirsak lalu rebus sampai tersisa 3 gelas saja dan minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  1. Daun Landep

Daun landep juga bisa anda gunakan untuk meredakan nyeri pada punggung dan juga rematik. Caranya adalah dengan menyiapkan 4 lembar daun landep dan kapur sirih secukupnya. Cuci bersih daun landep dan haluskan lalu tambahkan air endapan kapur sirih dan campur rata hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian punggung yang sakit sebanyak 2 kali sehari sampai sakit punggung bisa sembuh seluruhnya.

  1. Pijat

Saat sakit punggung terasa tak nyaman, tak ada salahnya mencari pertolongan dengan datang pada seorang tukang pijat atau memanggilnya untuk membantu menyembuhkan kondisi Anda. Terapis fisik yang benar-benar ahli dalam memijat kiranya dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan pada punggung Anda.

Artikel terkait:

Beberapa cara mengatasi sakit punggung alami yang sudah kami sebutkan diatas sangat ampuh untuk mencegah sakit punggung dan menghindari penggunaan obat-obatan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Lakukan secara rutin supaya sakit punggung bisa dihindari, selamat mencoba.

You may also like