Home Penyakit dan KelainanSakit Pinggang 15 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

15 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

by Erlita

Mungkin sebagian dari kita cukup kerap merasakan ketidaknyamanan di bagian pinggang kanan di mana ditandai dengan rasa sakit yang mengganggu. Hal ini biasanya lebih-lebih banyak dialami oleh orang dewasa serta para lansia dan ada berbagai macam faktor penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang sangat perlu untuk dikenali dengan baik.

Ada sejumlah faktor yang diketahui mampu menyebabkan sakit pinggang di sebelah kanan, mulai dari yang ringan hingga kondisi kesehatan yang lebih serius. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan lebih mudah bagi kita dalam mengatasi dan mengobatinya secara lebih tepat. Bila masih tergolong ringan, maka akan sangat baik untuk mencegahnya sebelum lebih parah.

(Baca juga: ciri-ciri sakit pinggang karena ginjalencok pinggang jenis sakit pinggang)

  1. Cedera

Selalu ada kemungkinan sakit pinggang yang dirasakan di sebelah kanan disebabkan oleh adanya cedera. Sendi tulang belakang, apalagi di area piringannya sangat mudah terkena cedera dan hal ini paling kerap dialami oleh orang-orang yang usianya sudah semakin tua. Ketika cedera terjadi pada piringan sendi. Saraf pun akan tertekan di sekitarnya sehingga rasa sakit otomatis bakal muncul.

Cedera seperti ini paling banyak terjadi dan dialami ketika seseorang mengangkat beban atau barang yang berat secara berlebihan. Memaksakan diri untuk mengangkat beban berat bisa-bisa malah mencederai pinggang. Namun untuk sakit pinggang karena cedera ini, biasanya berlangsung hanya hingga 3 hari saja; lebih dari itu, silakan periksakan.

  1. Ketegangan Otot

Otot yang tegang bisa menjadi pemicu rasa sakit pada pinggang sebelah kanan dan ketegangan pada otot sendiri juga dapat disebabkan oleh hal yang bermacam-macam pula. Berikut ini adalah berbagai kemungkinan mengapa otot bisa tegang yang juga bisa saja dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan kecil.

  • Posisi berdiri yang kurang tepat.
  • Posisi duduk yang kurang tepat.
  • Posisi duduk yang tak nyaman dalam waktu lama.
  • Salah dalam melakukan gerakan olahraga.
  • Salah gerak.
  • Posisi tidur yang kurang nyaman dan tepat.
  • Mengangkat beban tanpa posisi tubuh yang benar.

Beberapa kondisi tersebut mampu menjadi faktor yang menyebabkan sakit di pinggang, terutama pinggang sebelah kanan.

  1. Gangguan Empedu

Ketika terjadi peradangan pada kantong empedu seseorang begitu juga dengan munculnya kondisi kram, maka otomatis rasa sakit pun akan muncul dan bahkan bisa sampai menjalar hingga ke pinggang. Sakit yang dirasakan di bagian sebelah kanan dapat berkemungkinan besar disebabkan oleh empedu yang meradang tersebut.

Tak hanya rasa sakit di bagian pinggang kanan, namun juga ada beberapa keluhan lain yang kerap diutarakan oleh penderitanya, seperti misalnya rasa mual hingga muntah-muntah ketika sedang makan. Gangguan empedu yang dimaksud mampu menyebabkan gejala tersebut adalah jenis gangguan batu empedu serta kolik empedu di mana keduanya adalah gangguan paling umum.

(Baca juga: pengaruh asam lambung terhadap nyeri punggung)

  1. Kerusakan Saraf pada Pelvis

Kerusakan saraf bisa menjadi penyebab rasa sakit di pinggang sisi kanan, terutama apabila yang rusak adalah saraf pada pelvis. Ketika terjadi kerusakan saraf seperti ini, maka otomatis pergerakan tubuh menjadi kurang leluasa dan ini juga dapat menjadi penyebab kondisi lain seperti saraf panggul.

Penderita dengan sakit pinggang sebelah kanan karena kerusakan saraf pelvis akan merasakan ketidaknyamanan luar biasa karena ketika sedikit saja menggerakkan tubuhnya, maka sakitnya akan terasa sangat menusuk. Ketika memang pinggang sebelah kanan sudah terasa sakit, maka tak ada salahnya memeriksakan diri supaya kiranya kerusakan saraf pelvis bisa terdeteksi lebih awal.

  1. Kekenduran pada Rahim

Pinggang sebelah kanan yang terasa sakit, khususnya bila dialami wanita, bisa jadi ada masalah yang berhubungan dengan kesehatan rahim. Kekenduran rahim berpotensi menyebabkan adanya rasa sakit di pinggang kanan. Maksud dari kondisi ini adalah rahim yang bergerak turun dari posisi awal dan normalnya sehingga menyebabkan rasa sakit.

Rahim yang kendur bisa segera diperiksakan segera karena kekenduran rahim ini bisa jadi tak hanya memicu sakit pinggang kanan saja, tapi juga bisa mengancam kesehatan secara menyeluruh. Periksakan lebih dulu saja untuk mendeteksi kebenaran apakah sakit pinggang pada bagian kanan disebabkan kendurnya rahim, barulah setelah itu bisa diatasi secara tepat.

  1. Turun Berok

Pasti sudah tak asing lagi dengan istilah turun berok di mana penyakit ini dialami seseorang di bagian perut bawah yang ada tonjolannya. Istilah lain dari kondisi turun berok ini adalah hernia dan lebih dikenal dengan kondisi turunnya buah zakar yang bersamaan dengan lapisan otot dinding perut yang melemah.

Jika Anda adalah seorang laki-laki dan merasakan sakit pinggang di sebelah kiri, maka ada baiknya untuk memeriksakan diri segera karena kemungkinan bahwa Anda mengalami turun berok. Hernia atau turun berok cukup sering terjadi dan kondisi ini dapat diatasi secara medis maupun alami. Jika benar karena hernia, bisa juga selama perawatan menggunakan celana hernia.

(Baca juga: kelainan tulang belakang)

  1. Sakit Punggung Bawah

Punggung bawah yang terasa sakit bisa kemudian menjadi penyebab dari sakitnya pinggang sebelah kanan. Semuanya berkaitan dan rupanya sakit punggung bawah pun tak dapat diremehkan, apalagi kalau sudah terlalu sering sakit dan dalam jangka waktu yang telah cukup lama.

Sakit punggung bawah kerap dianggap sebagai hal kecil karena masalah kecapekan dan istirahat pun akan menyelesaikannya. Namun meski rasa sakit punggung bawah bisa hilang sendiri, jika di lain waktu masih suka kambuh dan terjadi berulang, maka aktivitas pun bakal terganggu dan otomatis rasa sakitnya juga dapat menjalar sampai ke pinggang.

  1. Radang Panggul Kronis

Pinggang yang sakit di sebelah kanan bisa menjadi tanda adanya penyakit radang panggul kronis. Penyakit radang di bagian panggul yang tidak segera diobati dengan benar ketika gejala awal terjadi dan dibiarkan terlalu lama maka bisa menjalar bahkan hingga ke bagian pinggang sebelah kanan. Bukan tidak mungkin kalau rasa sakit di pinggang kanan dikarenakan radang pada panggul sudah kronis.

Jika memang bagian panggul sudah sakit maka ada baiknya untuk segera diperiksakan dan diatasi sesuai kondisinya sebelum menyebar ke area lain. Untuk gejala dari radang panggul ini sendiri adalah rasa sakit ketika buang air kecil dan berhubungan intim, nyeri perut bagian bawah, serta nyeri di bagian panggul.

  1. Penyakit Ginjal

Ginjal yang mengalami penurunan fungsi atau juga terkena penyakit tertentu bisa menjadikan pinggang sebelah kanan ikut sakit. Nyeri tepat di bawah pinggang bisa terjadi karena adanya gejala infeksi saluran kencing berkomplikasi ginjal serta batu ginjal. Bahkan rasa nyerinya juga dapat dialami di bagian pinggang kanan atau juga kiri.

Biasanya rasa sakit ketika kencinglah yang menjadi tanda utamanya berikut juga muntah-muntah. Buang air kecil akan terasa sakit saat batu ginjal atau kristal bergerak melalui ureter untuk masuk ke saluran kencing. Supaya lebih jelas tentu bisa Anda periksakan saja ke dokter supaya juga mencegah kondisi sakit pinggang lebih serius.

(Baca juga: cara mengatasi sakit punggung)

  1. Penyakit Degeneratif Tulang Belakang

Ketika mulai terurai cakram pada area lumbar atau tulang belakang akibat hancur, maka muncul kemudian penyakit di bagian tersebut. Mungkin juga Anda paling tidak asing dengan istilah pengapuran tulang. Inilah yang juga mampu menjadi penyebab utama dari rasa sakit terus-menerus di pingang sebelah kanan maupun kiri.

Pada umumnya, orang usia lanjutlah yang mengalami pengapuran tulang sehingga pinggangnya akan lebih gampang terasa nyeri. Namun pengapuran tulang juga bisa saja terjadi karena obesitas; untuk kasus ini, sendi akan mendapatkan tekanan yang makin besar sehingga tingkat kerapuhan sendi tersebut juga makin tinggi.

  1. Lumbar Disc Syndrome

Pinggang yang sakit di sebelah kanan bisa dipicu juga oleh berkurangnya fungsi diskus tulang rawan yang ada di bagian belakang tubuh. Postur tubuh yang kerap kali salah, terutama saat tengah mengangkat suatu beban bisa menjadikan fungsi diskus tulang rawan menurun tanpa kita sadari.

Saat terjadi penyempitan pada celah diskus tulang rawan, tulang pun bakal terdorong dan inilah yang menjadi penyebab tulang atau saraf punggung menjadi tertekan di bagian kanan atau juga bisa di bagian kiri. Pinggang pun akan turut merasa sakit, mati rasa, kesemutan dan nyeri bisa sampai tak tertahankan apabila dibiarkan terus-menerus.

  1. IBS atau Irritable Bowel Syndrome

Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan juga mampu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya sakit pinggang di sebelah kanan. Penyakit yang memengaruhi kinerja usus besar mampu menjadikan kontraksi otot pada usus tersebut kurang normal. Meski tergolong penyakit umum dan bisa terjadi pada segala usia, biasanya wanitalah yang paling kerap mengalaminya.

Karena masalah usus, pinggang juga bisa jadi ikut kena getahnya. Penyebab dari penyakit IBS ini diketahui dari kebiasaan makan, stres, dan juga diet. Gejala yang terjadi pada umumnya adalah rasa nyeri pada perut bagian bawah, diare atau justru sembelit serta perut terasa penuh alias kembung.

(Baca juga: sakit punggung sebelah kiri)

  1. Radang Usus Buntu

Penyebab sakit pinggang yang terjadi di sebelah kanan juga dapat dikarenakan adanya radang pada usus buntu. Ketika rasa sakitnya sudah sampai beberapa hari dan juga diikuti dengan keluhan lain seperti demam, muntah, mual dan selera makan menurun, radang usus buntu bisa jadi adalah penyebab paling utamanya.

Kondisi usus buntu sendiri sebetulnya sudah cukup umum, tapi biasanya lebih sering dialami oleh yang usianya 10-30 tahun. Rata-rata pada kasus ini, nyeri yang ada kaitannya dengan usus buntu akan terjadi mulai di atas pusar dan akhirnya menjalar hingga ke kanan bawah perut selama maksimal 2 hari. Ketika menggerakkan tubuh, maka rasa sakitnya akan makin menjadi-jadi.

  1. Linu Panggul

Tak hanya radang saja, linu panggul pun dapat menjadi pemicu rasa sakit pinggang di bagian kanan. Siapapun dapat mengalami linu panggul ini yang dikarenakan iritasi maupun tekanan di bagian saraf siatik. Saraf ini sendiri adalah saraf dengan ukuran terpanjang yang ada di dalam tubuh manusia di mana terjalar sepanjang punggung, panggul, bokong dan juga sampai dengan ujung kaki.

  1. Kram Usus

Usus seperti kita tahu adalah bagian pencernaan dalam tubuh yang tugas utamanya sebagai pencerna makanan. Ketika terjadi kram pada usus, otomatis akan menyebabkan gangguan pencernaan pada tubuh dan menjadikannya kurang lancar sehingga juga mudah bagi penyakit untuk datang.

Konstipasi alias sulit buang air besar atau yang juga kita sebut dengan sembelit adalah kondisi paling umum yang terjadi karena kram usus. Dalam hal ini, sebetulnya bisa saja menggunakan obat-obatan alami dalam menyembuhkannya, namun ketika diet buah dan sayur serta obat alami kurang efektif, sebaiknya langsung ke dokter untuk penangana lebih tepat.

(Baca juga: sakit pinggang belakangpenyebab sakit punggung – akibat usus turun)

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Ketika rasa sakit pada pinggang sebelah kanan terasa begitu mengganggu, yang Anda perlukan adalah melakukan hal-hal seperti di bawah ini:

  • Istirahat – Hal ini tampaknya sudah menjadi hal pasti dalam menyembuhkan sakit pinggang. Memperbanyak istirahat berarti memberikan waktu istirahat lebih pada pinggang supaya tak beraktivitas lebih dulu. Ini akan sangat berguna bagi yang sakit pinggang dikarenakan kelelahan atau cedera.
  • Berolahraga – Olahraga secara rutin bisa menjadi obat bagi sakit pinggang sisi kanan Anda. Tak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, tapi cukup melakukan peregangan supaya otot dan sendi lebih fleksibel dan rileks saja. Cara ini akan sangat berguna ketika sakit pinggang diketahui terjadi karena ketegangan otot.
  • Banyak Konsumsi Air Putih – Jika memang masalah sakit pinggang disebabkan penyakit ginjal, seperti batu ginjal, sebaiknya perbanyak minum air putih agar batu dapat pecah dan dikeluarkan lebih mudah ketika buang air kecil.
  • Kompres – Kompres hangat akan sangat membantu meringankan sakit pinggang baik itu di kiri, kanan atau keduanya. Rasa sakit kemungkinan besar bakal berkurang, namun bila masih terjadi secara berulang, sebaiknya coba mengonsumsi obat herbal.
  • Konsumsi Obat Alami – Rempah tertentu dapat menjadi penghilang rasa sakit di pinggang kanan, seperti daun dewa, jahe merah, kumis kucing, dan juga kunyit. Masih banyak lagi juga tanaman maupun rempah yang bisa membuat sakit pinggang lebih cepat sembuh.
  • Ke Dokter – Jika memang dengan penanganan tersebut sakit pinggang masih terus dialami dan bahkan tak ada perkembangan, silakan ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan yang lebih tepat. Dikhawatirkan rasa sakit di pinggang terus-menerus tersebut menandakan adanya penyakit tertentu yang serius.

(Baca juga: terapi sakit pinggang obat sakit pinggangobat sakit pinggang belakang)

Itulah sedikit informasi tentang penyebab sakit pinggang sebelah kanan berikut juga cara mengatasinya. Kiranya Anda bisa mengenali penyebabnya dengan baik dan mampu mengatasinya secara tepat ketika terjadi.

You may also like