13 Penyebab Sakit Pinggang Tengah Berbahaya Perlu Anda Kenali

1453

Sakit pinggang adalah kondisi yang bisa terjadi pada sisi manapun, kiri, kanan maupun bagian tengah. Sakit pinggang bukan hanya suatu keadaan yang bisa dialami oleh para pekerja fisik, Anda pun pekerja kantoran bisa mengalami hal yang sama. Jika Anda tengah merasakan kondisi serupa, apa kira-kira penyebab sakit pinggang tengah tersebut?

  1. Sindrom Nyeri Myofascial

Gangguan ini disebabkan oleh titik sensitif pada otot yang mendapatkan tekanan sehingga memicu timbulnya rasa sakit pada pinggang tengah. Kontraksi yang terjadi berulang menyebabkan sindrom nyeri myofascial ditambah pula dengan gerakan salah yang berulang juga. Nyerinya bersifat aktif dan dapat berada pada keadaan akut maupun kronis.

  1. Postur Tubuh yang Salah dan Buruk

Pinggang bagian tengah dapat menjadi sakit karena tekanan yang terjadi secara berulang kali pada bagian tulang yang sama. Kinerja ligamen dan otot-otot pada bagian pinggang tengah pun akhirnya harus lebih keras di mana ketika Anda menggunakan fisik terlalu berlebihan maka akan memperburuk rasa sakitnya nanti.

  1. Patah Tulang

Fraktur atau patah tulang di bagian pinggang tengah bisa menjadi alasan mengapa rasa sakit dan ketidaknyamanan muncul. Fraktur tak hanya dapat terjadi pasca cedera olahraga, kecelakaan dalam berkendara, atau jatuh, karena fraktur juga bisa dialami oleh orang-orang yang mengalami penurunan kepadatan tulang. Segeralah periksakan apalagi bila rasa sakitnya disertai kesemutan dan inkontinensia.

  1. Osteoarthritis

Jenis penyakit sendi degeneratif seperti osteoarthritis mampu dengan mudah menyebabkan sakit pinggang di bagian tengah. Terjadinya osteoarthritis adalah ketika ada kerusakan pada tulang rawan yang menjadi lapisan sendi sehingga memicu pergesekan antar tulang. Orang dewasa adalah yang paling sering mengalami kondisi ini sehingga banyaknya penderita sakit pinggang tengah adalah rata-rata orang dewasa.

  1. Cedera

Faktor cedera mungkin menjadi penyebab utama mengapa kini pinggang tengah Anda mengalami rasa sakit. Pinggang tengah ada kalanya dapat ikut terpengaruh akibat cedera-cedera yang mengenai tulang belakang lumbar, seperti cedera karena:

  • Kecelakaan mobil.
  • Cedera akibat terbentur atau terkena pukulan benda tumpul.
  • Jatuh dengan keras.
  • Kecelakaan sewaktu melakukan olahraga.
  1. Obesitas

Sering sakit pinggang sebelah tengah dapat menjadi akibat dari berat badan Anda yang berlebihan. Obesitas adalah salah satu alasan umum mengapa seseorang mengalami sakit pinggang tengah. Ketika berat badan terus bertambah, ini sama saja dengan kenaikan risiko mengalami sakit pinggang hingga bahkan sakit lutut.

  1. Saraf Terjepit

Bagian pinggang tengah yang sakit dapat menjadi tanda adanya jenis sakit pinggang berbahaya, seperti misalnya Anda sedang menderita saraf terjepit. Biasanya, saraf terjepit terjadi pada tulang belakang yang areanya cukup dekat dengan tulang rusuk di mana sebagai akibatnya bagian pinggang tengah akan ikut terkena dampaknya, yakni terasa nyeri.

  1. Herniated Disk

Saat ada selipan piringan di sepanjang tali tulang belakang, inilah yang kemudian memicu kemunculan tekanan pada tulang belakang karena adanya piringan tersebut. Sakit pada pinggang bagian tengah dapat terjadi akibat robek atau pecahnya penutup keras piringan tulang belakang.

  1. Penuaan

Rasa sakit di pinggang tengah berpotensi terjadi karena seiring bertambahnya usia Anda. Penuaan adalah proses yang terjadi pada setiap manusia secara alami dan pada umumnya orang-orang yang dewasa dan memasuki lansia akan mengalami sakit pinggang belakang bagian tengah. Risiko ini lebih rentan terjadi pada yang berusia antara 30-50 tahun di mana juga disertai dengan kondisi penipisan tulang dan penurunan massa otot.

  1. Terkilir

Salah satu penyebab sakit pinggang terutama bagian tengah adalah ketika bagian tersebut terkilir. Kondisi ligamen yang meregang atau robek adalah alasan utamanya mengapa terkilir kemudian memicu rasa sakit luar biasa. Mengangkat benda-benda yang berat ditambah juga postur tubuh yang kurang tepat saat mengangkat benda tersebut mampu mengakibatkan pinggang terkilir.

Seperti ulasan tersebut, penyebab sakit pinggang tengah bisa berupa banyak hal dan kondisi. Segeralah ke dokter dan jangan tunda lagi ketika nyerinya sudah menyebar bahkan sampai ke kaki dan diikuti dengan kondisi mati rasa. Ada akibat sakit pinggang lebih serius dari yang Anda bayangkan dan bila dibiarkan berkelanjutan, risiko paling berbahaya adalah Anda bakal kesulitan bergerak dan berjalan.