Home ReviewKesehatan 12 Kegunaan Hipnoterapi untuk Manusia

12 Kegunaan Hipnoterapi untuk Manusia

by Ana Rohma

Apakah anda pernah melakukan hipnoterapi? Banyak orang yang sudah melihat praktek hipnoterapi dalam berbagai acara televisi. Namun biasanya acara seperti ini hanya digunakan sebagai hiburan. Jika kita melihat acara ini mungkin Anda membayangkan bisa mengeluarkan semua pikiran atau apapun itu yang selama ini tidak bisa Anda ungkapkan. Selama ini praktek hipnoterapi sebenarnya sudah digunakan dalam berbagai kepentingan seperti untuk kesehatan, kecantikan, kesehatan mental dan berbagai bidang.

Melihat penggunaan hipnoterapi yang sangat luas ini, maka tentu ada berbagai manfaat yang sebenarnya sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa kegunaan hipnoterapi yang perlu anda ketahui.

1. Mengatasi Berbagai Jenis Kecanduan

Kecanduan atau ketergantungan terhadap obat, kebiasaan buruk dan berbagai pengaruh buruk yang lain harus diobati. Saat ini berkembang berbagai jenis kecanduan seperti terhadap jenis narkoba, rokok, game, perjudian dan berbagai kebiasaan buruk lain. Hipnoterapi bisa mengatasi kecanduan dengan cara mengendalikan tingkat keinginan dan pikiran yang membuat seseorang bertindak di luar kesadaran. Terapi untuk mengatasi kecanduan ini harus dilakukan oleh ahli hipnoterapi yang sudah berpengalaman. Pengendalian alam bawah sadar bisa mengangkat sisi baik dari orang yang kecanduan tanpa menyebabkan perasaan tersinggung atau memberontak.

(Baca juga : bahaya narkobaefek sabu sabuefek ganja)

2. Mengatasi Berbagai Rasa Sakit Fisik

Hipnoterapi juga bisa membantu mengelola rasa sakit dan mengendalikan rasa sakit sehingga tubuh bisa mengatasinya sendiri. Ketika beberapa bagian tubuh merasa sakit maka tentu akan membuat tubuh ingin menolak rasa sakit tersebut. Hipnoterapi sebenarnya tidak menghilangkan rasa sakit yang muncul. Terapi ini dilakukan untuk membantu mengelola rasa sakit itu dan tubuh Anda bisa menerima dengan baik. Ketika menyadari ada rasa sakit tersebut maka, bisa membuat Anda merasa lebih baik. Dengan cara ini maka tubuh Anda tidak perlu obat penghilang rasa sakit atau mencegah berbagai hal yang lebih buruk. Praktek ini sering digunakan untuk membantu ibu yang akan melahirkan, penderita migrain kronis dan berbagai penyakit lain.

3. Membantu Diet

Sekarang ini banyak berkembang berbagai jenis diet untuk menurunkan berat badan. Namun menurunkan berat badan bukan usaha yang mudah untuk semua orang. Anda perlu mengurangi kalori dari makanan, menurunkan porsi makan dan olahraga. Namun cara ini belum bisa dilakukan sepenuhnya sehingga sulit untuk diet. Anda bisa mencoba untuk melakukan hipnoterapi yang akan membantu proses diet. Cara hipnoterapi untuk diet biasanya dilakukan untuk membangkitkan motivasi yang kuat karena tubuh bisa menurunkan berat badan dengan keinginan yang kuat. Cara ini juga bisa membuat orang yang sedang diet merasa lebih ringan untuk melakukan program diet sesuai keinginan.

(Baca juga : cara menurunkan berat badan – olahraga menurunkan berat badan – makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan)

4. Mengatasi Trauma

Bagi anak-anak hingga orang dewasa yang pernah mengalami trauma tentu tidak mudah untuk mengobati perasaan buruk tersebut. Trauma akan mempengaruhi perasaan dan pikiran hingga sepanjang hidup. Karena itu hipnoterapi diperlukan untuk memulihkan kondisi ini dan mencegah agar perasaan trauma tidak terkelanjutan. Trauma juga bisa mempengaruhi pola pikir dan kebiasaan di waktu yang lain. Terapi dengan hipnoterapi akan membantu mengingatkan hal-hal yang baik dan menghapus rasa takut terhadap trauma tersebut. Hal ini juga sangat baik untuk anak-anak yang menghadapi trauma kekerasan dari lingkungan atau keluarga.

5. Mengurangi Tekanan dan Stres

Hipnoterapi juga sangat penting untuk mengurangi tekanan dan tingkat stres yang berat. Cara ini akan membantu pikiran dan tubuh menjadi lebih santai. Kekuatan hipnoterapi untuk orang yang sedang tertekan atau stres adalah dengan mengembalikan kekuatan tubuh untuk kembali seperti kondisi semula. Efek dari hipnoterapi ini adalah perasaan yang baru sehingga, lebih bersemangat untuk melakukan berbagai kegiatan. Penyebab stres atau tekanan yang berat akibat pekerjaan, masalah pribadi, masalah dari lingkungan dan pikiran buruk di masa depan bisa dibantu dengan hipnoterapi. Jika masalah terlalu berat maka harus mendapatkan bantuan dari ahli yang sudah berpengalaman.

6. Membuat Tubuh Lebih Santai

Jika tubuh dan pikiran Anda merasa lebih santai maka akan membuat berbagai aktifitas dan kegiatan menjadi lebih menarik. Hipnoterapi akan membuat anda merasa sangat santai kemudian memiliki kemampuan untuk memulihkan kondisi seperti semula. Cara ini juga sangat penting untuk mengatasi berbagai gangguan seperti mudah marah, tidak bisa mengambil keputusan dan merasa berat dengan penyakit tertentu. Hipnoterapi akan meningkatkan kesadaran fisik dan mental agar menjadi lebih seimbang. Cara ini juga sangat penting untuk penderita penyakit jantung dan tekanan darah tinggi yang sering merasa stres.

7. Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Orang yang mengalami masalah sulit tidur karena insomnia atau gangguan tidur lain bisa mencoba untuk hipnoterapi. Cara ini akan membantu tubuh untuk mendapatkan tidur yang lebih baik sehingga, tubuh bisa istirahat dengan baik. Masalah tidur tidak hanya akan mempengaruhi energi dan pikiran, tapi juga bisa menjadi bahaya. Hipnoterapi akan membuat tubuh menjadi lebih santai, pikiran menjadi tidak terlalu tertekan dan berbagai masalah kesehatan lain. Kurang tidur berkepanjangan bisa menyebabkan bahaya seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit lain.

(baca juga : penyakit akibat kurang tidur – bahaya akibat kurang tidur)

8. Mengatasi Depresi

Depresi adalah sebuah gangguan mental dan pikiran yang bisa terjadi pada semua orang. Penyebab depresi sangat luas dan memiliki dampak yang sangat buruk untuk masa depan. Banyak orang yang terkena depresi kemudian menjadi penyakit kronis yang mempengaruhi organ tubuh. Kegunaan hipnoterapi akan membantu tubuh Anda bisa mendapatkan rasa santai, perasaan yang lebih baik dan mengatasi rasa cemas atau panik yang berlebihan. Cara hipnoterapi juga sangat bermanfaat untuk penderita depresi yang sudah mengalami gangguan terhadap mental.

9. Mengatasi Tingkah Laku yang Buruk

Orang bisa memiliki tingkah laku yang buruk karena berbagai latar belakang yang berbeda. Jika tindakan ini terus terjadi maka bisa menyebabkan gangguan yang bisa merusak pergaulan sosial maupun masa depan. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mencoba hipnoterapi. Hipnoterapi akan mencegah berbagai masalah yang berhubungan dengan tingkah laku dengan cara mengembalikan alam bawah sadar. Cara ini juga akan membuat masalah tingkah laku dari awal akan terbukti. Penyebab dan berbagai solusi bisa ditemukan secara bersamaan.

10. Membantu Mengembalikan Ingatan

Hipnoterapi juga bisa dilakukan untuk mengembalikan ingatan. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang menderita amnesia pada berbagai skala akibat kecelakaan atau trauma. Saat hipnoterapi maka bagian otak yang menyimpan ingatan akan dikembalikan seperti semula. Tentu saja hal ini dilakukan dibawah alam sadar sehingga penderita tidak akan mengalami secara langsung. Cara ini akan memulihkan kondisi otak agar bisa mengingat kembali.

11. Membantu Penyembuhan Penyakit

Hipnoterapi juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit secara tidak langsung. Namun cara ini hanya untuk membantu sehingga tidak  bisa menggantikan obat. Hipnoterapi akan membantu tubuh menjadi lebih santai sehingga sel dan organ tubuh akan mengikuti pola ini. Beberapa efek yang paling sering terjadi seperti tekanan darah yang menurun, denyut jantung yang lebih normal, dan sistem kerja yang lebih baik.

Hipnoterapi akan membantu tubuh Anda menjadi lebih baik sehingga tubuh memiliki kemampuan untuk mengendalikan organ tubuh. Hal ini sudah dipelajari oleh ahli yaitu Dr. David Spiegel yang bekerja untuk Stanford University School of Medicine.

12. Mengungkap Kejahatan

Hipnoterapi sering digunakan untuk mengungkap sebuah kejahatan. Hal ini biasanya dilakukan oleh ahli untuk orang yang menjadi saksi atau tersangka pada sebuah kasus. Meskipun cara ini bisa membantu mengungkap kejujuran namun, masih memerlukan bukti yang lebih kuat. Beberapa orang juga menilai jika cara ini dipandang tidak sesuai dengan hak asasi.

Kerugian Hipnoterapi

Meskipun hipnoterapi bisa mendatangkan berbagai manfaat yang sangat banyak, tapi proses ini juga bisa memberikan kerugian untuk orang yang mendapatkan hipnoterapi. Berikut ini beberapa kerugian yang sering diterima sebagai efek samping :

  • Hipnoterapi hanya akan bisa dilakukan untuk orang yang benar-benar menginginkan proses hipnoterapi itu sendiri. Sehingga proses ini tidak bisa dipaksakan, jika tetap dilakukan secara paksa maka hasilnya bisa saja adalah pura-pura atau tidak serius.
  • Proses hipnoterapi adalah proses alami yang memang membutuhkan waktu sehingga hasilnya tidak akan bisa didapatkan dengan cepat. Hal ini sangat berkaitan dengan manfaat hipnoterapi yang berhubungan dengan mengatasi penyakit dan gangguan mental.
  • Hipnoterapi terkadang tidak bisa berhasil sesuai dengan keinginan. Hal ini sangat dipengaruhi oleh alam bawah sadar yang sering menyebabkan keinginan kuat untuk orang yang mengalami hipnoterapi. Trauma atau masalah yang berat akan hilang saat hipnoterapi tapi juga bisa mengingatkan sisi buruk yang lain.
  • Hipnoterapi sering menyebabkan orang yang mengalami hipnoterapi kehilangan kontrol. Cara ini akan membuat orang tersebut hanya bisa mengingat atau bertindak saat hipnoterapi saja. Selepas dari relaksasi maka orang tersebut juga akan kehilangan kesadaran tentang kegiatan atau pikiran saat hipnoterapi.
  • Hipnoterapi sering digunakan untuk tindak kejahatan karena tehnik ini sebenarnya bisa dipelajari. Efek ini sangat buruk karena bisa meningkatkan tindak kejahatan di sebuah tempat.

Hipnoterapi adalah sebuah metode modern untuk mengembalikan alam bawah sadar. Namun sebaiknya praktek hipnoterapi dilakukan oleh ahli yang sudah menguasai kondisi klien selama proses. Hipnoterapi yang tidak maksimal sering meninggalkan efek samping yang lebih buruk.

Sejumlah review kesehatan yang perlu diketahui :

You may also like