Terapi Air Hangat – Metode, Manfaat dan Bahaya

1351

Terapi air sudah dikenal sejak lama dalam mengatasi berbagai penyakit kronis seperti salah satunya adalah jenis jenis penyakit syaraf. Air diketahui bisa menghilangkan efek gravitasi, meredakan rasa sakit, mengurangi tekanan otot dan juga persendian. Salah satu jenis terapi air yakni terapi air hangat juga memiliki kegunaan yang hampir serupa selain juga untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Dari hasil penelitian National Aquatics & Sports Medicine Institue, Universitas Washington membuktikan jika berendam air hangat akan membuat tubuh lebih sehat dan mengatasi berbagai gangguan otot seperti gejala sakit pinggang dan berbagai masalah otot lainnya

Sifat Air Hangat untuk Kesehatan

Terapi air hangat yang dikenal sebagai cara meningkatkan tubuh ini bisa terjadi karena sifat air yang memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti:

  • Melarutkan beberapa zat seperti garam dan mineral.
  • Bisa menyimpan dan membawa panas serta energi.
  • Tidak menimbulkan iritasi untuk orang yang sensitif.
  • Bisa melancarkan peredaran darah.
  • Memiliki efek yang menenangkan.

Metode Terapi Air Hangat

Terapi air hangat adalah cara pengobatan alternatif yang sudah digunakan sejak dulu dan dipercaya sangat baik untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan otot dan persendian seperti fibromyalgia, osteoarthritis dan juga nyeri punggung. Untuk menjalankan terapi air hangat ini, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar hasilnya bisa maksimal.

  1. Gunakan Suhu Tepat

Untuk melakukan terapi air hangat ini, pastikan untuk memakai suhu yang tepat yakni antara 33 hingga 37 derajat celcius. Jangan gunakan suhu air diatas 40 derajat celcius sebab akan memberikan efek yang tidak baik untuk tubuh dan bahkan bisa menimbulkan bahaya. Selain itu, jika anda memiliki masalah kardiovaskular, maka suhu air yang terlalu panas bisa memberikan tekanan tambahan untuk organ jantung.

  1. Tambahkan Dengan Gerakan

Melakukan terapi air hangat memang sangat baik untuk membuat tubuh lebih rileks. Namun, menambah gerakan saat melakukan terapi ini akan lebih baik untuk merangsang aliran darah ke otot dan juga persendian yang kaku. Selalu melakukan terapi yakni dengan berendam, usahakan untuk bergerak untu peregangan dan juga meringankan sakit punggung bagian bawah serta sakit punggung sebelah kiri.

  1. Tambahkan Kristal Magnesium Sulfat

Menambahkan kristal magnesium sulfat dalam terapi air hangat juga sangat baik sebab magnesium merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung dan juga tulang. Agar hasilnya lebih maksimal, anda bisa menambahkan magnesium atau jenis mineral lain ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk terapi.

Menambahkan kadar magnesium hingga 35 persen sangat disarankan. Namun untuk anda penderita diabetes harus lebih berhati hati. Sebab, magnesium yang terlalu tinggi bisa merangsang pelepasan insulin sehingga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Gunakan Kolam Air Hangat

Melakukan terapi air hangat ini akan lebih baik apabila dilakukan di kolam dibandingan dengan berendam di kamar mandi sebab ruang bergerak akan semakin banyak. Hal ini sangat baik untuk dilakukan karena bisa mengurangi sakit dan kaki untuk penderita arthritis dan juga fibromyalgia. Selain itu, olahraga ringan juga bisa dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu untuk menurunkan rasa sakit hingga mencapai 40 persen dan juga sangat efektif untuk cara menurunkan berat badan.

Manfaat Terapi Air Hangat

Seperti yang sudah sedikit diulas diatas, terapi air hangat memiliki banyak kegunaan untuk tubuh manusia dan beberapa manfaat dari terapi air panas tersebut adalah:

  1. Tekanan Hidrostatik

Karena air lebih padat dibandingkan dengan udara, maka tekanan yang diberikan saat melakukan terapi air akan lebih mudah dirasakan oleh tubuh. Air akan terus menyesuaikan bentuknya untuk mengakomodasi gerakan sehingga akan langsung terasa untuk kulit, otot dan juga sendi yang dinamakan dengan tekanan hidrostatik.

Konsep ini akan meningkatkan kinerja jantung serta paru paru lebih tinggi sebab rongga dada akan berada dibawah tekanan. Selain itu, air hangat juga berguna sebagai pembalut kompresi tubuh dan membantu meringankan nyeri otot kronis, nyeri sendi lutut saat melakukan terapi air hangat ini hingga tubuh terendam hingga sebatas leher. Air juga mempunyai manfaat terapeutik yang dihasilkan oleh tekanan hidrostatik.

  1. Merileksasi Otot

Sistem saraf mempunyai jaringan akut yakni pada ujung saraf kulit serta otot dengan respon rangsangan yang sangat sedikit. Saat berada dibawah stimulus konstan terapi air hangat, maka tekanan tidak digunakan oleh tubuh dan sistem saraf akan mengistirahatkan sistem retikular yakni bagian dari otak yang memiliki tanggung jawab untuk mengatasi sentuhan neuron sensorik.

Selain itu, terapi air hangat juga baik untuk meredakan nyeri otot sehingga akan lebih mudah untuk melakukan peregangan dalam pengobatan yang sedang dijalankan.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Salah satu manfaat berikutnya dari terapi air hangat adalah ketahanan air yang lebih konsisten dibandingan dengan udara. Melakukan terapi air sangat baik untuk beberapa latihan intensif energi dan tidak harus merasakan rasa sakit yang terlalu besar saat sedang bergerak di dalam air. Ini sangat baik dilakukan untuk seseorang yang mengalami cedera seperti cedera ligamen sehingga bisa pulih lebih cepat tanpa perlu merasakan sakit yang terlalu banyak seperti saat melakukan terapi di luar air.

  1. Membangun Memori Otot

Viskositas alami dan juga resisten air akan memberi kekuatan gerakan yang lebih lambat dibandingkan saat melakukan terapi di luar air. Ini akan membuat otak memproses sinyal dan juga otot dengan lebih baik sehingga memori otot bisa dibangun kembali. Apabila seseorang berada dalam kondisi neuromuskular atau gangguan yang lainnya, maka reasucation otot akan lebih mudah dengan bantuan terapi air hangat tersebut.

  1. Meningkatkan Sirkulasi

Tekanan hidrostatik yang dihasilkan dari terapi air hangat secara konstan juga akan meningkatkan sirkulasi. Meningkatnya aliran darah di seluruh badan akan membantu proses penyembuhan dan juga mencegah penyempitan pembuluh darah. Ini akan mengkompensasi sirkulasi yang kurang baik karena darah akan mendapatkan lebih banyak oksigen ke seluruh bagian tubuh.

  1. Merileksasi Otot

Suhu hangat yang digunakan dalam terapi ini juga akan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi ke otot. Rasa sakit yang terjadi di otot karena menumpuknya asam laktat akan berkurang. Selain itu, terapi air hangat ini juga akan mencegah cedera karena overtraining serta mengurangi stres yang disebabkan dari penyembuhan otot, tulang rawan atau jaringan ikat.

  1. Memberikan Efek Pemijatan

Aliran molekul air yang ada di sekitar tubuh juga akan berguna untuk memberikan pijatan alami yang akan lebih meningkatkan sirkulasi dan juga relaksasi otot sakit atau lelah.

Bahaya Terapi Air Hangat

Dibalik banyaknya manfaat dari terapi air hangat, ternyata terapi ini juga bisa memberikan efek buruk untuk tubuh, seperti:

  • Gangguan Vagina dan Saluran Pencernaan

Teknik terapi air hangat invasif yang mungkin kurang terjaga kebersihannya bisa menimbulkan masalah seperti gangguan keseimbangan alami dari vagina dan saluran pencernaan yang bisa terjadi karena kuman atau bakteri yang mungkin tersebar dalam kolam untuk terapi air hangat tersebut.

  • Alergi

Masalah selanjutnya yang bisa terjadi pada saat melakukan terapi air hangat adalah menimbulkan risiko reaksi alergi yang disebut dengan dermatitis kontak. Hal ini bisa saja terjadi pada saat terapi air hangat ditambahkan dengan beberapa minyak essensial.

  • Overheating

Overheating merupakan bahaya dari terapi air hangat selanjutnya yang bisa terjadi dan sangat berbahaya. Ini bisa terjadi jika durasi yang dilakukan terapi air hangat terlalu lama khususnya bagi penderita tekanan darah tinggi.

Terapi air hangat yang sudah digunakan sejak lama memang terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit khususnya yang berhubungan dengan otot. Namun, dalam penerapannya tetap harus dilakukan dengan hati-hati agar efek samping dari pengobatan alternatif ini tidak terjadi.