Sponsors Link
     Sponsors Link

27 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Secara Alami

ads

Apakah Anda merasa memiliki berat badan berlebih? Ya, ini menjadi salah satu masalah yang sangat umum sekarang. Banyak orang memiliki perubahan gaya hidup yang terlihat cenderung modern. Semua hal serba mudah dan praktis, termasuk untuk soal makanan. Karena itulah banyak orang yang mengalami masalah penyakit berhubungan dengan kelebihan berat badan. Kesadaran untuk melindungi tubuh dari beberapa penyakit kritis seperti serangan jantung, stroke, diabetes, darah tinggi dan jenis penyakit berbahaya lainnya yang semakin tinggi.

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah memiliki keinginan untuk benar-benar melakukan program sesuai dengan rencana. Berikut ini adalah beberapa rencana yang bisa dilakukan untuk cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat :

  1. Pilih Jenis Makanan Mengandung Karbohidrat Rendah

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang paling sering dilakukan adalah mengurangi konsumsi karbohidrat. Karbohidrat menyumbang jumlah kalori yang sangat tinggi dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat. Selain itu karbohidrat sulit dibakar dalam tubuh sehingga cenderung menjadi zat yang menumpuk dalam tubuh. Jika Anda mencoba untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan lebih memiliki jenis karbohidrat yang lembut maka bisa membuat kebutuhan untuk makan menjadi lebih sedikit. Karbohidrat tinggi berarti ada banyak pati dan gula yang masuk ke tubuh. Gula dan pati akan membuat Anda merasa lebih lapar. Diet rendah karbohidrat akan membuat tubuh membutuhkan makanan lebih sedikit dan membuat pembakaran dalam tubuh menjadi lebih cepat. Keuntungan diet ini juga bisa membuat tubuh Anda terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.

Baca : Makanan yang mengandung karbohidrat tinggiakibat kelebihan karbohidrat dalam tubuh.

  1. Masak Makanan Anda Sendiri

Berkembangnya berbagai jenis diet membuat banyak pabrik makanan mengeluarkan produk makanan rendah karbohidrat. Hal ini membuat banyak orang percaya hanya dengan membaca label makanan rendah karbohidrat. Namun makanan ini tentu juga mengandung garam dan proses lain yang membuat kandungan kalori sebenarnya lebih tinggi. Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya Anda mencoba untuk memasak makanan Anda sendiri. Anda bisa memilih jenis makanan seperti sayuran yang dimasak dengan cara yang benar. Memasak sendiri juga bisa membuat Anda memilih jenis minyak dan bumbu lain yang lebih sesuai untuk kebutuhan tubuh. Konsumsi makanan yang lebih sehat akan membantu penurunan berat badan menjadi lebih sehat.

  1. Makan Hanya Ketika Lapar

Kebiasaan makan yang saat ini berkembang adalah makan dengan jumlah hitungan waktu misalnya makan tiga kali sehari. Hal ini membuat tubuh Anda menerima makanan ketika sebenarnya belum lapar. Hal ini menyebabkan tubuh Anda menerima makanan yang lebih banyak, bahkan ketika perut Anda sebenarnya belum lapar. Perubahan yang harus Anda lakukan adalah hanya makan ketika benar-benar lapar. Makan lebih sering dengan porsi sedikit dan nutrisi yang seimbang akan membuat berat badan cepat turun. Anda bisa mencoba untuk makan karbohidrat rendah selama dua kali sehari dan selebihnya camilan sehat seperti buah-buahan rendah kalori. (baca : cara mengurangi nafsu makan secara alami dan sehat)

  1. Mengikuti Perkembangan Program Berat Badan

Beberapa orang memang ingin menurunkan berat badan dan mereka sama sekali tidak mau mengikuti perkembangan. Hal ini bisa disebabkan karena takut atau merasa kecewa jika target tidak tercapai. Namun sebenarnya hal yang harus dilakukan adalah mengikuti perkembangan berat  badan dengan baik. Anda bisa melakukan beberapa langkah ini secara berkala.

  • Menimbang berat badan secara rutin.
  • Mengukur lingkar pinggang dan lingkar dada.
  • Mengukur tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol secara berkala.

Pemeriksaan secara teratur ini akan membantu Anda dalam mencapai target dan tetap semangat.

  1. Makan Buah Saat Tidak Terlalu Lapar

Kebiasaan makan hanya ketika lapar akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Hal ini menyebabkan tubuh Anda menerima makanan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Disisi lain kebiasaan hanya makan ketika lapar akan membantu Anda mengurangi camilan dan keinginan makan berlebihan. Kebiasaan ini akan lebih bagus jika Anda juga memilih jenis makanan seperti protein, sayuran dan buah-buahan. Anda bisa makan buah untuk mencoba menenangkan perut.

  1. Jangan Makan Buah dengan Gula

Apakah Anda terbiasa minum jus dengan tambahan gula? Banyak orang menganggap  bahwa minum jus buah sangat menyehatkan. Namun jika buah dimakan bersama dengan gula maka kandungan gula dalam minuman tersebut akan menjadi semakin tinggi. Gula yang ada dalam  buah akan menambah kandungan gula alami dalam buah. Bahkan hal ini bisa membuat tubuh memiliki asupan gula yang sangat tinggi. Ketika tubuh Anda memiliki banyak gula maka bisa menyebabkan pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih lambat. Kebiasaan ini akan sulit membantu menurunkan berat badan. Lebih baik makan buah berserat secara alami tanpa tambahan gula. (baca : bahaya makan manggis dan gula bersamaan)

  1. Membuat Jadwal Makanan

Ketika Anda ingin menurunkan berat badan maka cobalah untuk membuat jadwal makanan. Anda bisa membuat jadwal makanan selama satu minggu penuh. Jadwal ini akan membantu Anda menyusun jumlah kalori harian yang masuk dalam tubuh. Bahkan Anda bisa mengatur menu yang mengandung lemak, karbohidrat, protein dan mineral secara lengkap. Anda juga bisa memotong jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh dan membuat proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat. Cara ini bisa diterapkan secara terus menerus bahkan ketika sudah berhasil menurunkan berat badan. (baca juga : daftar contoh menu makanan sehat sehari-hari)

  1. Jangan Melewatkan Sarapan

Kebiasaan tidak sarapan untuk menurunkan berat badan adalah tidak benar. Untuk mengatasi hal ini maka Anda harus tetap sarapan. Makan pagi akan membantu tubuh Anda mendapatkan makanan dan asupan nutrisi yang lebih cukup. Kebiasaan sarapan juga bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak saat makan siang dan camilan yang lebih banyak. Anda bisa memilih jenis sarapan yang ringan seperti roti gandum, sereal, buah berserat dan susu rendah lemak. Hindari memilih sarapan berkalori tinggi seperti nasi.

  1. Minum Air yang Cukup

Air juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Air dibutuhkan oleh semua bagian tubuh dan bisa mendukung proses metabolisme. Air juga bisa membantu proses pembakaran dalam tubuh dan membantu tubuh bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Air juga akan mendorong agar jaringan lemak dalam tubuh bisa dirubah menjadi sumber energi. Pada dasarnya air akan membantu menurunkan berat badan secara alami. Jika Anda kekurangan air maka banyak sari makanan yang akan menumpuk dalam tubuh. (baca : efek kekurangan air bagi tubuh)

  1. Hindari Menonon TV Setelah Makan

Kebiasaan menonton televisi setelah makan akan membuat tubuh Anda menjadi lebih gemuk. Hal ini disebabkan ketika ada sumber kalori yang masuk ke tubuh dan tubuh Anda tidak melakukan kegiatan apa-apa. Kebiasaan buruk ini menjadi salah satu pemicu diabetes tipe 2 dan obesitas. Terlihat jika Anda melihat televisi dengan remote yang membuat badan tidak banyak bergerak. Jika Anda ingin melihat televisi setelah makan maka jangan sampai lebih dari satu jam.

  1. Lakukan Banyak Kegiatan Saat di Rumah

Jika Anda sedang libur dan tidak bekerja maka biasakan untuk melakukan banyak kegiatan. Tubuh Anda mungkin memang butuh istirahat setelah bekerja selama enam hari penuh. Namun Anda bisa tetap melakukan berbagai kegiatan ringan yang bisa membuat tubuh menurunkan berat badan. Beberapa kegiatan seperti membersihkan rumah, merubah dekorasi rumah atau membersihkan taman. Kegiatan ini akan membantu tubuh Anda bergerak dan membakar kalori lebih banyak.

  1. Jalan Kaki 15 Menit Setiap Hari

Setelah Anda menjalankan berbagai program maka jangan lupa untuk berjalan kaki selama 15 menit setiap hari. Jalan kaki memang terlihat sebagai salah satu olahraga yang sangat ringan. Bahkan banyak orang yang menyepelakan jalan kaki dan tidak mau melakukannya. Namun sebenarnya ketika Anda berjalan kaki maka ada banyak kalori yang bisa terbakar. Jalan kaki akan menggerakkan berbagai organ tubuh. Kemudian jalan kaki akan mendorong keseimbangan gerakan yang bisa mendorong proses pembakaran lemak dalam tubuh. Anda bisa mencoba untuk berjalan kaki selama 15 menit setiap hari.

sponsored links
  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Cara menurunkan berat badan secara alami yang juga bisa anda coba, yaitu dengan menghindari makanan cepat saji. Makanan cepat saji memang terlihat enak dan Anda tidak perlu repot untuk memasak. Namun biasanya makanan cepat saji banyak mengandung minyak, lemak dan karbohidrat padat. Minyak sawit yang digunakan untuk memasak membuat kandungan lemak jenuh dalam makanan cepat saji semakin tinggi. Lebih baik jika Anda mencoba untuk memasak sendiri dan mengurangi konsumsi makanan yang sudah siap saji. (baca : dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan – bahaya makan mie instan yang mematikan)

  1. Konsumsi Sumber Serat

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat. Sayuran dan buah-buah yang mengandung serat tinggi akan membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendorong gerakan peristaltik usus menjadi lebih baik. Bahkan tumpukan sari makanan di usus besar akan lebih cepat keluar. Serat juga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh secara alami. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, wortel, jagung manis, bayam, brokoli, kembang kol, tomat, stroberi, raspberi, anggur, alpukat, dan jenis makanan yang lain.

baca : makanan kaya serat alami dan produk olahan – akibat kurang serat bagi tubuh

  1. Dapatkan Motivasi

Untuk menurunkan berat badan maka Anda juga perlu memiliki motivasi. Motivasi yang paling sering digunakan adalah keinginan untuk sehat, tidak terkena berbagai penyakit, hidup bahagia, penampilan yang menarik dan bisa berumur panjang. Dengan cara ini maka Anda bisa mencoba untuk berkata pada diri sendiri, bahwa Anda sudah bertekat untuk menghindari lemak, tidak makan gorengan atau tidak mengkonsumsi makanan cepat saji.

  1. Cobalah Makan di Depan Cermin

Salah satu cara sederhana lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan makan di depan cermin. Ketika Anda berusaha untuk makan di depan cermin maka akan terlihat bagaimana cara Anda makan, apa yang Anda makan dan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan. Anda juga bisa melihat kondisi fisik tubuh Anda sehingga merasa lebih memiliki motivasi. Anda mungkin akan merasa malu jika melihat kondisi fisik yang terlihat sangat gemuk. Bayangan untuk memiliki penampilan yang lebih menarik akan semakin besar. Jadi Anda merasa lebih percaya diri untuk bisa menurunkan berat badan.

  1. Berenang

Salah satu olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah dengan berenang.  Jika Anda sebelumnya sudah bisa berenang maka cara ini mudah untuk dilakukan. Anda bisa mencoba untuk berenang paling tidak 20 menit setiap hari. Berenang akan membantu tubuh membakar kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis olahraga lain. Berenang akan mendorong semua bagian tubuh untuk bergerak. Gerakan yang rutin dan pasti ini akan membantu membakar kalori yang lebih besar dibandingkan dengan jenis olahraga lain. Selain itu berenang juga sangat baik untuk mendukung fungsi organ pernafasan seperti paru-paru.

  1. Mengunyah Hingga Lembut Saat Makan

Kebiasaan makan cepat mungkin terdorong dari waktu makan yang memang sedikit atau kebiasaan buruk yang sudah lama dilakukan. Makan dalam waktu yang sangat cepat akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Hal ini terjadi karena organ pencernaan menerima makanan yang kurang lembut. Berbagai jenis makanan yang masuk ke saluran pencernaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap dan diolah. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk makan pelan dan mengunyah semua makanan hingga lembut. Cara ini akan membantu usus menyerap sari makanan dengan baik. Kebiasaan ini akan membuat proses pembakaran kalori menjadi lebih cepat.

  1. Makan dengan Porsi yang Lebih Kecil

Jika Anda terbiasa makan dalam jumlah yang besar dan dalam sekali waktu, maka Anda bisa mencoba untuk mengurangi makanan. Anda bisa mencoba untuk makan dalam porsi yang lebih kecil. Mengkonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil akan membantu tubuh Anda menerima makanan dengan jumlah yang lebih kecil juga. Anda bisa meletakkan setiap makanan dalam satu piring namun dalam jumlah yang lebih sedikit dari kebiasaan Anda. Cara ini juga bisa membantu pencernaan terbiasa mengolah makanan yang lebih sedikit.

  1. Makan Kacang-Kacangan

Kebiasan mengkonsumsi kacang-kacangan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Kacang-kacangan bisa menjadi camilan yang sangat menyehatkan. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi kacang almond, kacang mete, kacang pecans, kacang pistachio dan jenis kacang lain. Semua jenis kacang-kacangan ini mengandung protein nabati dan serat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi ini bisa membantu tubuh Anda mempertahankan rasa lapar yang berlebihan. Bahkan sumber nutrisi ini sangat penting untuk mendukung sistem metabolisme yang lebih baik.

  1. Minum Kopi Hitam Biasa

Jika Anda terbiasa minum kopi yang sudah diolah menjadi minuman modern, maka Anda harus menghindari kebiasaan ini. Minuman kopi modern biasanya dicampur dengan susu berlemak atau susu murni, krim kocok, gula dan juga pemanis. Semua jenis bahan tambahan ini mengandung kalori yang sangat tinggi dan justru bisa meningkatkan berat badan. Lebih baik jika Anda mencoba untuk minum kopi hitam biasa dengan tambahan sedikit gula. Anda juga bisa menambahkan susu skim daripada susu berlemak.

Baca : bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikanefek terlalu banyak minum kopi bagi tubuh.

Sponsors Link
  1. Batasi Konsumsi Makanan Berlemak

Tubuh Anda memang membutuhkan lemak yang bisa menjadi sumber kalori. Tubuh membutuhkan sumber kalori untuk sumber energi yang bisa membuat tubuh tetap bisa beraktifitas. Namun jika Anda ingin menurunkan berat badan maka hendaknya kurangi semua jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Ada beberapa jenis lemak yang berbahaya untuk tubuh seperti jenis lemak jenuh. Anda bisa menghindari semua jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti lemak pada daging merah, lemak dari kulit unggas dan lemak dari minyak sawit.

  1. Gantikan Minyak Sawit dengan Minyak Zaitun

Jika Anda masih menggoreng atau memasak makanan dengan menggunakan minyak sawit, maka cobalah untuk menggantikan dengan minyak zaitun. Minyak sawit mengandung jumlah lemak jenuh dan lemak trans yang lebih tinggi. Lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan bisa mengendap dalam darah dan bisa membuat potensi kolesterol yang lebih besar.  Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun. Minyai zaitun sumber lemak sehat seperti omega dan mengandung senyawa esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Minyak zaitun bahkan bisa dimakan secara langsung seperti untuk tambahan salad.

  1. Konsumsi Ikan Salmon

Jika Anda sangat suka dengan makanan yang terdiri dari daging merah, maka sekarang waktunya untuk makan ikan. Beberapa jenis ikan yang berlemak seperti ikan salmon bisa membantu menurunkan berat badan. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu memecah lemak dan kolesterol dalam tubuh. Konsumsi setidaknya 200 gram ikan salmon selama satu minggu bisa membuat kolesterol turun. Cara ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

  1. Minum Susu Rendah Lemak

Apakah Anda suka minum susu? Susu memang salah satu jenis minuman yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu mengandung sumber nutrisi seperti protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan berbagai jenis nutrisi lain. Kalsium dalam susu bisa membantu membuat pertumbuhan tulang lebih baik dan mencegah pengeroposan tulang. Namun untuk menurunkan berat badan maka Anda bisa memulai untuk minum susu rendah lemak. Susu rendah lemak memiliki rasa yang lebih tawar dan cenderung kurang nikmat. Namun susu rendah lemak sangat baik untuk menurunkan berat badan karena tidak mengandung lemak jenuh.

  1. Makan Yogurt Tanpa Gula

Mengkonsumsi yogurt menjadi salah satu rahasia untuk tetap sehat dan langsing. Yogurt mengandung probiotik alami dari bakteri yang di tanam di dalamya. Bakteri yang menyehatkan ini akan membantu pekerjaan bakteri dalam usus. Proses pencernaan akan menjadi lebih baik dan membuat potensi penurunan berat badan menjadi lebih cepat. Namun perhatikan untuk tetap memilih jenis yogurt tanpa gula atau rendah lemak. Anda bisa melihat dalam setiap kemasan.

  1. Ganti Cara Memasak

Apakah Anda memiliki kebiasaan menggoreng makanan. Untuk menurunkan berat badan maka sebaiknya hindari menggoreng berbagai jenis makanan. Anda tetap bisa menggoreng makanan jika menggunakan minyak zaitun. Selain minyak zaitun sebaiknya tidak dilakukan. Dan yang paling baik untuk menurunkan berat badan adalah mengganti cara memasak menggoreng menjadi dipanggang, di bakar, atau di kukus. Cara yang lebih aman ini akan membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat dan mengurangi lemak dari makanan Anda.

Alasan Mengapa Harus Menurunkan Berat Badan?

  1. Ketika Anda memiliki berat badan yang ideal maka Anda bisa menurunkan resiko kanker endometrium ( khusus untuk wanita). Bahkan tubuh yang sehat juga akan membantu menurunkan beberapa resiko kanker seperti kanker payudara. Kedua jenis kanker ini lebih banyak dipengaruhi oleh hormon estrogen yang kurang seimbang dalam tubuh.
  2. Orang yang memiliki berat badan ideal juga bisa memiliki tingkat memori yang lebih baik. Hal ini bisa melindungi Anda dari penyakit gangguan memori karena usia seperti demensia.
  3. Mengontrol berat badan berarti telah membantu menjaga kesehatan jantung. Orang yang lebih gemuk cenderung memiliki resiko terkena serangan jantung yang lebih tinggi. Konsumsi sayuran hijau sangat penting untuk mengoptimalkan cara menurunkan berat badan dan melindungi jantung.
  4. Orang yang mengontrol berat badan juga memiliki tingkat stres dan depresi yang lebih rendah. Hal ini membuat kondisi psikologis menjadi lebih sehat dan tubuh Anda juga lebih sehat.
  5. Orang yang memiliki berat badan berlebihan cenderung memiliki kondisi tubuh yang lebih mudah sakit. Gemuk akan membuat beberapa anggota tubuh akan lebih mudah terasa nyeri dibandingkan orang dengan berat badan ideal.
  6. Mengontrol berat badan akan membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat dan mengurangi resiko terkena beberapa penyakit seperti serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes.
  7. Mengontrol berat badan berarti juga bisa membantu mengatasi berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang organ tubuh. Cara ini akan membuat kehidupan yang Anda jalani menjadi lebih baik.
  8. Mengontrol berat badan agar selalu ideal juga bisa membantu membuat organ pernafasan menjadi lebih baik. Cara ini akan membuat Anda terhindar dari beberapa penyakit seperti asma dan gangguan paru-paru.

Setiap orang bisa memilih beberapa cara yang berbeda untuk menurunkan berat badan. Setiap cara yang dilakukan bisa menimbulkan efek yang berbeda. Namun keinginan kuat untuk menurunkan berat badan akan membantu Anda bisa mencapai target yang diinginkan.

Cara lain menurunkan berat badan

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 13th, January 2016 / 07:37 Oleh :
Kategori : Tips Diet