Home Penyakit dan KelainanStroke 9 Penyebab Stroke Sebelah Kiri yang Harus Diwaspadai

9 Penyebab Stroke Sebelah Kiri yang Harus Diwaspadai

by rozzy11

Penyakit Stroke adalah penyakit yang terjadi karena adanya penyembutan yang terjadi pada pembuluh darah ke otak dan bisa juga terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga terjadinya sel – sel otak mengalamami kematian. Stroke ini juga dapat disebabkan oleh darah tinggi yang terjadi tiba – tiba yang dapat memecahkan pembuluh darah pada otak. Ketika pasokan darah terputus yang membawa nutrisi ke otak. maka otak tidak dapat berfungsi dengan sendirinya. Dan mengalami degradasi fungsi pada otak. (Baca Juga : Obat herbal stroke ringan , Obat Penyempitan Pembuluh Darah)

Karena aliran darah keotak yang terputus membuat sel – sel pada otak mengalami kematian yang membuat penderita tidak dapat mengfungsikan otak sebagaimana harusnya. Penyakit ini biasanya menyerang kalangan orang tua dari umur 45 tahun keatas. Tetapi dibeberapa kasus stroke dapat terjadi pada usia yang lebih muda seperti pada kota bandung anak berumur 12 tahun sudah mengalami stroke. Oleh karena itu stroke ini juga dapat dipengaruhi dari pola hidup sehat dan istirahat yang cukup. (Baca Juga : Makanan penyebab stroke ringan , Penyempitan Pembuluh Darah)

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai atau ditangani dengan cepat dan tepat. Biasanya penderita penyakit stroke tidak bisa berkomunikasi yang baik dengan orang lain seperti berbicara dengan tidak jelas. Gerakan – gerakan yang tidak sesuai dengan yang seharusnya. Stroke ini juga dapat menyerang satu sisi saja seperti stroke yang terjadi hanya bagian kiri saja. Penderita stroke banyak yang berakdir diruang operasi. dan bisanya stroke ini memiliki beberapa tingkatan. Stroke ringan, stroke sedan dan stroke berat. (Baca Juga : Terapi stroke ringan , Penyempitan Pembuluh Darah Jantung)

Berdasarkan kerusakan yang disebabkan oleh stroke. Stroke ini dibagi atas 2 jenis yaitu :

  • Stroke Hemoragik yaitu stroke yang dalam kondisi medisnya disebabkan karena pecahnya satu atau lebih pembuluh darah pda bagian otak. Kondisi ini biasanya akan memakan waktu yang lama dalam penyembuhannya. Malah beberapa kasus penderita stroke sebelah kiri jenis ini meninggla dunia. (Baca Juga: Penyebab Stroke Hemoragik)
  • Stroke Iskemik yaitu stroke yang dalam kondisi medisnya disebabkan karena terganggunya aliran darah menuju otak. Sehingga aliran darah menuju otak terganggu dan otak mengalami degradasi fungsi. Penderita stroke sebelah kiri jenis ini biasanya dapat disembuhkan dan kembali normal dengan penanganan yang tepat dan dibantu perawatan dari dokter yang berkompeten. (Baca Juga : Penyebab storke iskemik)

Stroke sebelah kiri ini terjadi biasanya dikarenakan penyakit stroke menyerang otak bagian sebelah kiri. Ini biasanya terganggunya fungsin bagian tubuh pada bagian sebelah kiri. Untuk penderita stroke pada bagian sebelah kiri ini banyak menyerang kaum wanita. Stroke pada bagian sebelah kiri ini tergolong pada stroke dengan resiko yang parah. Karena menyerang otak bagian kiri yang berfungsi sebagai daya ingat manusia. Adapun gejala stroke sebelah kiri adalah sebagai berikut : (Baca Juga : Obat stroke herbal)

  • Mengalami kelumpuhan dan kesulitan bergerak pada bagian tubuh sebelah kanan
  • Pingsan dan jatuh kesisi tubuh bagian kanan
  • Mengalami degradasi kesadaran pada bagian tubuh sebelah kanan
  • Kesulitan berjalan dan menggingat dan juga kadang – kadang mengalami kesulitan menelan
  • Kesulitan mambaca, menulis dan berbicara serta kesulitan dalam komunikasi
  • Biasanya berubah menjadi lebih sensitive

(Baca Juga: Penyebab Bicara Gagap , Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan)

Stroke yang menyerang bagian otak sebelah kiri ini biasanya mempengaruhi organ tubuh bagian sebelah kanan. Seperti tangan sebelah kanan, kaki sebelah kana, bibir bagian kanan saja. Makanya penderita penyakit stroke sebelah kiri ini juga dicirikan dengan bibir sebelah kanan mencong – mencong tidak normal seperti biasa. Tetapi pada bagian tubuh yang sebelah kiri bisa berfungsi normal. Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan stroke sebelah kiri. (Baca Juga : Kopi bagi penderita stroke)

  1. Riwayat Keluarga

History atau riwayat penyakit pada keluarga mempengaruhi seseorang dengan mudahnya terserang penyakit stroke ini. Karena kecenderungan penderita stroke ini yang mendapatkan penyakit strokenya dari turunan penyakit stroke keluarganya. Oleh karena itu bagi yang mempunyai keluarga atau orang tua yang menderita penyakit stroke sebelah kiri harus lebih berjaga – jaga. Baik dalam mengkomsumsi makanan dengan makanan yang sehat. Dan juga penting untuk mengikuti gaya hidup sehat. (Baca Juga : Diabetes penyakit keturunan , Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes)

  1. Usia

Faktor penyebab penyakit stroke ini juga dipengaruhi oleh usia. Usia penderita stroke yang sangat rentan pada usia kira – kira diatas 55 tahun. Memang pada usia itu memiliki resiko yang rentan dalam terserang suatu penyakit yang berbahaya. Karena pada usia tersebutlah akumulasi gejala dan penyebab – penyebab penyakit tersebut menyerang tubuh dan menjadi penyakit stroke sebelah kiri tersebut. Oleh karena itu pada usia yang memasuki senja yaitu diatas 50 tahun kita harus mengikuti pola hidup sehat dan selalu menjaga bahan makanan yang dimakan sehari – hari. (Baca Juga: Ciri – ciri stroke , Akibat Minum Minuman Keras)

  1. Jenis kelamin

Ternyata jenis kelamin menjadi faktor yang bisa menyebabkan stroke sebelah kiri. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lembaga kesehatan didunia. Kecenderungan jenis kelamin laki – laki memiliki resiko terkena stroke sebelah kiri. Mungkin ini disebabkan karena 60% laki – laki didunia merokok. Dan mungkin itu juga yang menyebabkan terjadinya stroke sebelah kiri. (Baca Juga : Bahaya stroke , Macam Macam Penyakit Akibat Merokok)

  1. Penyakit Hipertensi atau Darah Tinggi

Hipertensi atau penyakit darah tinggi adalah penyebab tertinggi seseorang terkena stroke. Penyakit darah tinggi inipun disebabkan oleh pola hidup sehat yang kita jalani. Seperti makan bahan makanan yang tidak sehat unutk tubuh atau mengandung banyak lemak. Kurangnya waktu istirahat juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit hipertensi ini. Penyakit hipertensi pun menjadi penyakit yang paling berbahaya di Indonesia karena tingkat kematian yang tinggi. Oleh karena itu penyakit ini harus diwaspadai gejala – gejalanya. (Baca Juga : Tanda tanda darah tinggi , Obat Hipertensi)

Didalam dunia kedokteran hipertensi adalah Kondisi tekanan darah yang tinggi yang dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke sebelah kiri. Tekanan darah sendiri berarti kekuatan darah yang mendorong ke diding arteri yang berasal dari jantung dan memompa kebagian seluruh tubuh. Nilai normal tekanan darah pada orang dewasa adalah 120/80. Apabila hasil pemeriksan tekanan darah lebih tinggi maka haruslah hati – hati karena bisa menyebabkan terkena stroke sebelah kiri. (Baca juga : Cara menurunkan gula darah)

  1. penyakit Diabetes Mellitus

Didalam dunia kedokteran penyakit diabetes mellitus adalah golongan penyakit kronis yang biasanya ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Dan dapat berakibat mengganggu sistem metabolisme tubuh menjadi tidak berfungsi dengan baik. Dan menyebabkan tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Biasanya penyakit diabetes ini dikenal dengan penyakit kencing manis. Penyakit diabetes melitus ini juga dapat memicu stroke bagian otak sebelah kiri karena penderita diabetes ini memiliki pembuluh darah lebih kaku dari normal dan penurunan glukosa yang berlebihan dapat mengakibatkan matinya fungsi otak yang mengakibatkan stroke. (Baca juga : Penyebab kaki bengkak pada penderita diabetes , Obat Herbal untuk Diabetes)

Biasanya penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti keturunan. Keturunan adalah menjadi faktor utama pada penderita diabetes. Oleh karena itu bagi keturunan yang membawa gen darah penyakit diabetes ini harus menjaga kadar gula yang masuk ketubuh dari usia muda. Karena mempunyai potensi yang sangat tinggi terkena penyakit yang serupa. Faktor lain yang dapat menimbulkan penyakit ini adalah obesitas. Merokok, Mengkomsumsi makanan manis berlebihan, minum alkohon berlebihan. Kurangnya waktu istirahat, strres danjarang berolahraga. (Baca Juga : Komplikasi Diabetes Tipe 1 , Metode Diagnosis Diabetes Tipe 1)

  1. Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ paling vital yang dimiliki setiap tubuh manusia. Jantung yang tidak berfungsi dengan baik biasanya akan mempengaruhi kondisi tubuh yang lain seperti otak. Jantung pada tubuh manusia berfungsi sebagai alat yang membantu mendistribusikan darah keseluruh tubuh. Penyakit jantung ini juga merupakan penyakit yang menyebabkan kematian paling tinggi di Indonesia. Jantung yang menjadi pusat peredaran darah dalam tubuh yang mengalami kerusakan maka darah yang dibutuhkan tidak sampai dan dapat menyebabkan penyakit stroke sebelah kiri. (Baca juga : Gejala awal penyakit jantung , Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Jantung)

Biasanya penyakit jantung ini juga disebabkan oleh karena usia dan pola hidup yang tidak sehat yang selama ini dijalani. Seperti sering memakan makanan yang berlemak dan kolesterol tinggi yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung ini. Bisa juga waktu istirahat yang kurang yang membuat kinerja jantung tidak beristirahat dengan semestinya membuat jantung bisa – bisa berhenti bekerja. (Baca Juga : Gejala jantung tidak sehat , Pemasangan Ring pada Jantung)

  1. Obesitas

Didalam dunia kedokteran obesitas adalah terjadinya  lemak yang sangat tinggi didalam tubuh. Sehingga penderita obesitas ini basanya ditandai dengan kegemukan yang melampaui batas ideal. Seperti contoh baru – baru ini seorang anak di Provinsi Jawa Barat yang mengalami obesitas tinggi yang memiliki tubuh yang sangat gemuk dan sulit melakukan aktivitasnya sehari – hari. Obesitas ini bukanlah penyakit yang dapat  dibiarkan karena dapat memicu berbagai macam penyakit. Baik itu penyakit medis maupun penyakit psikologis. (Baca Juga : Penyebab obesitas pada anak , Gejala Obesitas)

Kegemukan atau obesitas ini juga menjadi salah satu penyebab stroke sebelah kiri. Karena kadar lemak dan kolestrol yang tinggi dapat menghambat aliran darah dari jantung keotak. Yang membuat otak kekurangan darah dan tidak dapat bekerja sesuai fungsinya. Oleh karena itu penderita obesitas biasanya disarankan untuk melakukan diet ketat dan berolahraga dengan tujuan untuk mengurangi kadar lemak dan kolestrol pada tubuh sehingga penyebab stroke sebelah kiri dapat dihindari. (Baca juga : Penyebab obesitas)

  1. Hiperkolestrolemia

Hiperkolestrolemia ini adalah salah satu penyebab stroke sebelah kiri dikarenakan tingginya kadar kolestrol didalam darah. Kolestrol adalah zat yang sangat mengganggu kerja darah. Biasanya kolestrol yang tinggi ini disebabkan seringnya mengkomsumsi makanan yang mengandung kolestrol seperti santan dan makanan yang digoreng. Kolestrol yang tinggi ini yang membuat tumpukan plak – plak pada pembuluh darah yang mengganggu aliran darah dari jantung keotak. Dan yang menyebabkan memicu terjadinya stroke sebelah kiri. (Baca Juga : Obat herbal untuk kolesterol , Obat Tradisional Kolesterol)

  1. Merokok Aktif

Seseorang perokok aktive sangat cenderung terserang stroke sebelah kiri ini. Ini karena orang – orang yang merokok memiliki kadar fibrinogen yang tinggi didalam darah. Peningkatan fibrinogen pada darah dapat mengakibatkan penebalan pembuluh didalam darah. Sehingga pembuluh darah menjadi kaku dan dapat juga mengganggu aliran darah ke jantung. Dan juga memiliki resiko yang sangat tinggi untuk pembuluh darah tersebut pecah. Karenanya bagi penderita jantung, diabetes dan darah tinggi sangat dianjurkan untuk tidak lagi merokok. (Baca Juga : Efek samping rokok efektif , Cara Mencegah Anak Agar Tidak Merokok)

Stroke adalah penyakit yang sangat merugikan dan berbahaya. Karena penanganannya yang mahal dan juga memilki resiko kematian yang tinggi membuat penyakit ini paing ditakuti oleh orang – orang diseluruh dunia. Artikel ini membagikan penyebab terjadinya stroke sebelah kiri untuk membuat para pembaca berjaga – jaga dan selalu menerapkan pola hidup sehat utnuk menghindarkan penyakit stroke sebelah kiri ini.

 

You may also like