Apakah Diet Mempengaruhi Ukuran Payudara Wanita Jadi Mengecil? Intip Penjelasannya!

Banyak wanita melakukan diet secara ketat dan ekstrem demi memperoleh tubuh yang langsing dan tampak kurus. Namun masalahnya, ada yang terkejut setelah beberapa waktu melakukan program diet namun bukan hanya berat badan saja yang turun, melainkan ukuran payudara ikut berubah menjadi lebih kecil. Lalu, apakah diet mempengaruhi ukuran payudara wanita?

Benarkah diet berpengaruh pada perubahan payudara wanita?

Diet adalah cara menurunkan berat badan yang banyak dilakukan orang supaya bisa mencapai berat badan ideal. Ketika berat badan berubah dan berhasil turun, maka benar adanya bahwa ukuran payudara pun akan berubah menjadi lebih kecil. Ini karena memang payudara terdiri dari jaringan lemak dan jaringan payudara itu sendiri.

Saat mengalami kenaikan berat badan, otomatis terjadi peningkatan pada ukuran payudara sebab ada pertambahan jumlah lemak di sana. Jadi saat berat badan menurun, jumlah lemak berkurang, maka ukuran payudara berubah lebih kecil. Hal ini pun ditentukan juga oleh komposisi payudara sebab setiap wanita memiliki komposisi berbeda.

Lalu, selain diet, apakah ada faktor lain yang mampu memengaruhi ukuran payudara wanita untuk bisa lebih kecil dari sebelumnya?

  • Olahraga tertentu – Ada jenis-jenis aktivitas fisik yang bisa memperbesar payudara, tapi ada pula yang dapat membuat ukuran payudara mengecil. Jogging, climbing, bersepeda, dan berenang adalah contoh olahraga yang akan mengencangkan sekaligus membantu agar otot sekitar payudara lebih kuat sehingga mampu menjaga kepadatan lemak. Efeknya dapat menjadikan payudara lebih besar, ada pula yang tampak lebih kecil tapi kencang.
  • Konsumsi kopi berlebihan – Sebuah hasil studi di Swedia menyatakan bahwa para wanita penggemar kopi, apalagi yang mengonsumsinya sehari lebih dari 3 cangkir dapat mengalami penyusutan jaringan lemak di payudara. Jadi, bentuk payudara dapat mengalami mengecil dan cenderung menyusut karena kafein yang bersifat diuretik.
  • Sering stres – Faktor stres dan depresi terlalu sering pun mampu berpengaruh pada ukuran payudara wanita yang juga berakibat pada penyusutan jaringan lemak.
  • Kebiasaan merokok – Perlu diketahui bahwa wanita dengan kebiasaan merokok tak hanya mengakibatkan kulit menua secara lebih cepat, tapi juga mengganggu elastisitas kulit sehingga pada bagian payudara pun tampak menyusut karena hal ini. Nikotin adalah unsur paling utama pemicu dari gangguan elastisitas kulit tersebut.
  • Minuman alkohol – Sebenarnya, pengaruh dari minuman keras tak seberapa terhadap ukuran payudara, tak seperti faktor lainnya. Hanya saja, bahaya minuman keras bagi kesehatan payudara adalah meningkatkan risiko kanker payudara nantinya. Risiko makin tinggi ketika anggota keluarga ada yang memiliki riwayat kanker.
  • Penyakit tertentu – Kelainan gen dapat menjadi salah satu alasan mengapa ukuran payudara wanita mengalami perubahan. Seorang wanita yang memiliki kondisi hipoplasia, amazia dan amastia berisiko besar menderita hambatan pertumbuhan pada payudaranya.

Tips Menjaga Ukuran Payudara Setelah Diet

Efek turunnya berat badan berpengaruh besar pada ukuran payudara karena jaringan lemak yang berkurang. Jadi, beberapa tips ini bisa Anda coba lakukan supaya ukuran payudara bisa tetap kencang dan indah walau Anda sudah berhasil dalam cara menguruskan berat badan.

  • Menambah asupan protein.
  • Cukup dalam mengonsumsi air putih sehari-hari.
  • Luluran dengan bahan utama rumput laut.
  • Melakukan Yoga.
  • Menghindari junk food.
  • Mengoleskan area payudara dengan krim kolagen.
  • Melakukan eksfoliasi kulit.
  • Mengonsumsi banyak sayur dan buah.
  • Melakukan senam pembentuk otot (contoh: jumping jacks dan juga push up).
  • Melakukan latihan beban, paling tidak seminggu 3 kali.
  • Mengolesi area payudara dengan minyak almond agar kulit yang kendur kembali kencang.

Apakah diet mempengaruhi ukuran payudara sehingga setelah turun berat badan akan mengecil? Ya, sangat berpengaruh, apalagi jika diet yang diterapkan bukan tips diet sehat melainkan diet ketat dan ekstrem tanpa nutrisi seimbang dan dibarengi olahraga yang tepat. Ikuti tips tersebut untuk ukuran payudara tetap baik dan kencang meski diet Anda sudah berhasil.