Cedera Ligamen – Penyebab, Gejala, Pengobatan, Cara Pencegahan

2192

Ligamen adalah pita keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan tulang tulang yang ada dalam tubuh anda. Terdapat dua ligamen di dalam lutut yang pertama ligamen ACL dan yang kedua ligamen posterior (PCL). Kedua ligamen tersebut berfungsi untuk menghubungkan tulang paha dengan Tibia dan salah satu tulang kaki bagian bawah. Terdapat banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan cedera pada ligamen, Untuk itu maka diperlukan lah kehati-hatian dalam beraktivitas sebab cidera ligamen ini dapat menyakitkan dan melemahkan seseorang.

Jika seseorang terkena penyakit cedera ligamen ini maka aktivitas fisik akan terganggu karena cidera ligamen ini  dapat mempengaruhi aktivitas fisik seseorang. Untuk menjaga agar kita tidak terkena cedera ligamen dapat dilakukan dengan berbagai hal, dalam artikel ini kami akan membahas tentang penyebab gejala cara pengobatan jika seseorang terkena penyakit cedera ligamen ini dan juga cara pencegahan agar seseorang terhindar dari cedera ligamen. Hal-hal yang berkaitan dengan ligamen seperti penyembuhan cidera lutut, dan obat kaki terkilir. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena cedera ligamen diantaranya: (Baca juga: dampak negatif tidak pernah berolahraga – olahraga mengecilkan paha dan betis)

Penyebab Cedera Ligamen

Cidera ligamen dapat disebabkan karena melakukan aktivitas fisik tertentu, cidera ligamen juga terjadi karena adanya tekanan pada ligamen sehingga menyebabkan ligamen merenggang terlalu jauh Hal ini dapat menyebabkan ligamen patah. Selain itu ada beberapa hal yang menyebabkan cedera pada ligamen

  1. Memperluas gerakan lutut terlalu jauh

Memperluas gerakan lutut terlalu jauh dapat menyebabkan cedera pada ligamen karena memperluas gerakan lutut terlalu jauh membuat ligamen terlalu renggang sehingga dapat menyebabkan ligamen patah. (Baca juga: bahaya olahraga yang berlebihan)

  1. Memutar lutut dengan kaki yang ditahan

Memutar lutut dengan kaki yang ditahan dapat menyebabkan cedera pada ligamen karena adanya tekanan pada ligamen tersebut sehingga ligamen mengalami cidera. (Baca juga: cara menurunkan berat badan dengan olahraga)

  1. Mengangkat badan secara tiba-tiba dari satu kaki ke kaki yang lain
  2. melompat dan mendarat posisi lutut tertekuk

Bagi anda yang sering melakukan olahraga dengan melompat atau mendarat maka pastikanlah teknik yang Anda gunakan benar karena jika teknik yang Anda gunakan salah dapat menyebabkan cedera ligamen pada lutut. (Baca juga: cara melakukan olahraga yang baik dan benar)

Itulah beberapa hal yang menyebabkan cedera pada ligamen, Adapun cedera pada ligamen dapat terjadi pada pemain sepak bola, pemain bola basket, pasenam, pemain sky, dan atlet-atlet lainnya. Untuk itu bagi anda yang bergelut dalam dunia Atlet maka anda harus berhati-hati dan saat anda melakukan aktivitas pastikan teknik yang Anda gunakan benar. Ada beberapa ligamen di lutut yang rawan akan cidera diantaranya adalah :

Ligamen yang Mudah Cidera

  1. Ligamentum cruciatum anterior (ACL)

Ligamen ini merupakan salah satu dari dua ligamen utama yang terdapat pada lutut, ligamen ini berfungsi untuk menghubungkan tulang paha ke tulang kering yang ada pada lutut. (Baca juga: cara memperkuat otot tangan)

  1. Media ligamen collateral (MCL)

Ligamen ini memiliki fungsi untuk menghubungkan tulang paha dengan tulang yang terdapat pada sisi medial atau tulang yang terdapat pada lutut. (Baca juga: cara menguatkan otot paha)

  1. Posterior ligamen (PCL)

Ligamen ini juga merupakan ligamen utama yang terdapat pada lutut ligamen ini berfungsi untuk menghubungkan tulang paha ke tulang kering yang ada pada lutut. (Baca juga: cara membesarkan otot kaki)

  1. Lateral ligamen collateral (LCL)

Ligamen ini berfungsi untuk menghubungkan tulang paha ke fibula, dan juga menghubungkan tulang kecil kaki bagian bawah dengan sisi samping atau sisi luar pada lutut. (Baca juga: olahraga untuk diet – penyebab betis kram)

Itulah beberapa ligamen yang memiliki resiko cidera lebih tinggi. Untuk mengetahui cedera pada ligamen maka anda perlu mengetahui atau mendiagnosa gejala-gejala tertentu sehingga Anda dapat mengetahui apakah Anda terkena cedera ligamen atau tidak. Ada beberapa hal yang dapat menandakan bahwa Anda terkena cedera ligamen diantaranya:

Gejala Cedera pada Ligamen

  1. Pembengkakan

Pembengkakan pada daerah lutut atau daerah daerah yang terdapat rawan ligamen merupakan salah satu gejala yang disebabkan karena adanya cedera pada ligamen tertentu. Untuk itu anda perlu mewaspadainya dan segera tanyakan pada dokter supaya mendapatkan pengobatan yang sesuai. Pembengkakan ini tentu dapat menyebabkan sakit lutut sebelah kanan dan sakit lutut sebelah kiri, bahkan dapat menyebabkan nyeri sendi lutut.

  1. Kelonggaran pada sendi

Salah satu gejala cedera ligamen adalah adanya kelonggaran pada sendi, jika anda merasakan adanya kelonggaran pada sendi maka perlu diwaspadai sebab kelonggaran pada sendi merupakan salah satu gejala yang disebabkan karena adanya cedera pada ligamen. (Baca Juga: bahaya olahraga tanpa pemanasan)

  1. Nyeri pada lutut

Nyeri pada lutut juga dapat disebabkan karena adanya cidera ligamen pada lutut, untuk itu jika anda merasakan nyeri pada lutut maka segera periksakan ke dokter, agar mendapatkan diagnosa atau mengetahui penyakit yang sesungguhnya, sehingga Anda dapat mendapatkan pengobatan yang sesuai. Nyeri lutut dapat diobati dengan Obat nyeri lutut tradisional.

Itulah beberapa gejala yang dapat ditimbulkan karena cedera ligamen. Masih ada banyak sekali tanda-tanda gejala cidera ligamen namun secara umum seseorang yang terkena cedera pada ligamen memiliki tanda-tanda atau gejala seperti yang telah dibahas di atas. Bagi Anda yang sedang terkena atau sedang mengalami cedera pada ligamen jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengobati cedera pada ligamen, Adapun cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk seseorang yang terkena cedera pada ligamen akan dipaparkan di bawah ini

Pengobatan untuk Cedera pada Ligamen

  1. Untuk mengurangi rasa sakit atau rasa nyeri yang disebabkan karena adanya pembengkakan ligamen tertentu maka anda dapat melakukan pengobatan tersebut dengan cara mengompres lutut anda, mengompres lutut atau bagian yang bengkak karena adanya cedera pada ligamen dapat mengurangi rasa sakit karena pembengkakan tersebut. Cara melakukannya adalah dengan mengompres bagian yang cedera selama 20-30 menit, lakukanlah cara tersebut selama 2-3 hari. Jika pembengkakan belum berkurang atau bagian yang terkena cedera masih terasa sakit maka anda dapat melakukan cara tersebut sampai rasa sakit dan pembengkakan hilang. (Baca Juga:  Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal , Minuman Penyebab Gagal Ginjal)
  2. Selain dengan mengompres pada bagian yang terkena cedera Anda juga dapat menggunakan perban elastis untuk mengontrol pembengkakan yang terjadi pada mengontrol pembentukan yang terjadi pada daerah yang terkena cedera ligamen. (Baca Juga: Obat Jantung Bocor tanpa Operasi , Obat Sesak Nafas karena Jantung)
  3. Mengistirahatkan secara total, Melakukan istirahat secara total pada bagian yang terkena cedera ligamen juga sangat efektif untuk mempercepat penyembuhan cedera pada ligamen.
  4. Meninggikan lutut di Atas Bantal atau meninggikan lutut ketika Anda duduk atau berbaring. cidera ligamen yang terjadi pada lutut dapat diatasi atau diobati dengan cara meninggikan lutut diatas bantal saat anda sedang duduk ataupun sedang berbaring. Hal tersebut juga efektif untuk mempercepat penyembuhan cidera ligamen pada lutut. Sehingga bagi Anda yang terkena cidera ligamen pada lutut dapat melakukan terapi ini agar citra ligamen pada lutut anda segera sembuh. (Baca Juga: Penyebab Stress , Cara Mengatasi Stress)
  5. Terapi dengan pijat, untuk mengobati cedera ligamen dan urat kejepit dengan cara terapi pijat harus dilakukan oleh seseorang yang ahli dalam pijat memijat, sebab jika kita asal memijat bagian yang terkena cidera ligamen Malah dapat menyebabkan cidera ligamen semakin parah sehingga terjadinya pembengkakan. Untuk itu jika anda ingin melakukan atau mengobati cedera ligamen dengan cara pijat maka Carilah seseorang yang ahli dalam memijat. (Baca Juga: Makanan pembentuk otot tubuh pria paling cepat)
  6. Menggunakan obat penghilang rasa sakit anti inflamasi. Untuk pengobatan cidera ligamen dengan cara mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit ini dianjurkan menanyakan pada dokter terlebih dahulu Sebab obat-obatan tersebut memiliki efek samping dan tidak baik jika digunakan secara terus-menerus sehingga harus digunakan sesuai resep dokter. Atau juga dapat digunakan obat sakit lutut
  7. Menggunakan penyangga, menggunakan penyangga dapat digunakan untuk mengurangi terjadinya cidera lebih atau cidera lanjutan yang menyebabkan cidera semakin parah.
  8. Terapi akupuntur, Terapi akupuntur dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri dan mempercepat proses pemulihan cedera ligamen secara alami. (Baca Juga: Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh ,  Makanan Penurun Nafsu)

selain cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati cedera ligamen ada beberapa cara pencegahan agar cidera ligamen tidak terjadi lagi diantaranya adalah:

Cara Pencegahan Cedera Ligamen

  1. Lakukan peregangan dan latihan penguatan

Cidera ligamen pada umumnya merupakan cidera yang terjadi akibat kecelakaan, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi cidera ligamen yaitu dengan melakukan peregangan dan latihan penguatan. Dengan melakukan peregangan atau latihan penguatan maka otot-otot menjadi lebih kuat sehingga kita dapat terhindar dari cedera ligamen.

Baca Juga:

  1. Lakukan perubahan aktivitas secara bertahap

Jika anda seorang olahragawan atau Seorang atlet yang sering melakukan latihan maka untuk meningkatkan intensitas latihan anda lakukan lah secara bertahap sehingga otot-otot yang ada pada bagian kaki tidak syok.

  1. Perenggangan sebelum dan sesudah aktivitas fisik

Sama halnya seperti point nomor satu melakukan perenggangan sebelum dan sesudah aktivitas fisik dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya cidera. Untuk itu bagi Anda yang melakukan aktivitas fisik terutama aktivitas fisik berat maka dianjurkan untuk melakukan peregangan terlebih dahulu agar anda dapat terhindar dari cidera terutama cidera ligamen.

Baca juga :

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan cedera ligamen dari penyebab cidera ligamen gejala-gejala yang ditimbulkan karena adanya cedera ligamen pengobatan dan juga cara pencegahan agar tidak terjadi cidera ligamen. Semoga kita terhindar dari cidera ligamen ini sebab jika cidera ligamen terjadi dan menyebabkan ligamen robek atau rusak hal ini sangatlah berbahaya. Ligamen yang sudah rusak atau robek tidak dapat disembuhkan.