9 Khasiat Batu Giok Hijau untuk Kesehatan

6022

Batu giok merupakan salah satu jenis permata hijau. Batu giok adalah salah satu jenis batuan mulia yang sering digunakan untuk perhiasan. Selain itu, batu giok juga dipercaya mampu menyehatkan tubuh dan juga mampu membawa keberuntungan. Batu giok memiliki kandungan berbagai unsur mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai kandungan unsur mineral tersebut meliputi kalsium, potassium, besi, dan magnesium.

Batu giok sering dikaitkan dengan kebudayaan Tiongkok. Hal tersebut bukan merupakan kesalahan, karena sejarah sendiri menyebutkan bahwa batu giok memang erat kaitannya dengan kebudayaan Tiongkok. Selain itu, batu giok juga sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh orang-orang dari Suku Maya di Amerika Selatan.

Kegunaan Batu Giok 

khasiat batu giok hijauSejak dahulu, batu giok telah dipergunakan untuk sistem pengobatan dan perawatan kecantikan. Oleh kaum Kong Hu Cu, batu giok dahulu dilambangkan memiliki 11 sifat baik, seperti lemah lembut, welas asih, dapat dipercaya, dan lain sebagainya. 11 sifat baik tersebut tercermin dalam 11 sifat batu giok itu sendiri. Bahkan, kaum Kong Hu Cu pada zaman dahulu menganjurkan kepada kaum terpelajar agar meniru 11 sikap terpuji yang ada dalam batu giok.

Pada masa Dinasti Qing, batu giok mampu menunjukkan eksistensi seseorang dalam pergaulan. Seseorang yang memakai batu giok pada masa itu dianggap mampu mengikuti pergaulan (dianggap trend dalam pergaulan). Selain dalam bidang mode, batu giok juga dianggap memiliki peranan penting dalam bidang medis. Pada masa itu, batu giok sering digunakan untuk pengobatan dan juga dianggap mampu membawa keberuntungan.

Sejak zaman dahulu, masyarakat Tiongkok telah menggunakan dan memanfaatkan serbuk batu giok untuk menjaga kesehatan tubuh. Serbuk batu giok dipercaya dapat menjaga keremajaan kulit sehingga membuat pemakainya menjadi awet muda. Lalu, apa saja manfaat lain dari batu giok? Berikut penjelasannya :

1. Melancarkan peredaran darah

Batu giok ternyata bekerja dengan mengalirkan getaran gelombang infra merah ke dalam tubuh. Getaran gelombang infra merah dari batu giok ternyata sesuai dengan getaran gelombang infra merah pada tubuh manusia. Hal tersebut membuat aliran darah dari pemakai batu giok menjadi lebih lancar. Selain itu, aliran getaran gelombang infra merah juga mampu mecegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah pemakainya.

2. Mengatur tekanan darah

Tekanan darah dapat diatur dengan kontrol aliran darah pada pembuluh darah. Karena batu giok membantu melancarkan aliran darah, maka tekanan dalam darah pun juga akan teratur.

3. Melancarkan sistem metabolisme tubuh

Batu giok dapat membantu menyehatkan kinerja sistem tulang belakang pemakainya. Tulang belakang yang sehat merupakan pendukung bagi sistem metabolisme yang baik. (Baca juga : cara menjaga kesehatan tulangbahaya rematik tulang )

4. Menjaga tubuh dari serangan penyakit

Khasiat batu giok dipercaya mampu menyalurkan energi positif dan juga membantu proses metabolisme. Energi positif tersebut ternyata juga berperan dalam sistem imunitas tubuh. Dengan memakai batu giok, sistem imunitas tubuh meningkat dan berbagai macam penyakit akan ditangkal, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, sistem metabolisme yang baik, juga membuat racun-racun yang bersarang dalam tubuh lebih mudah dibuang.

5. Mencegah stres dan emosi

Mengapa batu giok bisa mencegah timbulnya emosi dan stres? Perlu diketahui bahwa memakai batu giok bisa berdampak pada rileksnya kondisi tubuh. Aliran darah yang lancar akan diikuti dengan sirkulasi darah yang baik pula ke seluruh bagian tubuh. Ciri orang yang stres ialah ketika sirkulasi darah dalam tubuhnya mengalami gangguan. Rasa rileks yang timbul akibat pemakaian batu giok tersebut menimbulkan dampak pencegahan terhadap rasa emosi dan stres yang dapat timbul sewaktu-waktu.

(Baca juga : penyebab stres – cara menghindari stres)

5. Mencegah penuaan

Apa yang menjadi musuh kebanyakan wanita? Penuaan merupakan musuh yang sering membuat wanita frustasi. Penuaan tersebut biasanya ditandai dengan adanya keriput pada kulit. Batu giok bekerja dengan mendorong optimalisasi pertumbuhan sel baru. Selain itu, batu giok juga menjaga kondisi sel-sel dalam tubuh agar tidak mudah rusak. Kerusakan sel dapat berakibat pada timbulnya keriput. Kinerja batu giok seperti yang sudah dijelaskan, akan menghambat penuaan yang ditandai dengan munculnya keriput.

6. Penyerapan oksigen yang lebih optimal ke dalam tubuh

Kebutuhan tubuh akan oksigen merupakan sebuah hal mutlak. Sayangnya, tubuh seringkali kekurangan oksigen sehingga menimbulkan rasa lelah serta kepala sering pusing. Batu giok selain menjaga kelancaran aliran darah, juga memiliki kandungan ion positif yang membantu penyerapan oksigen ke dalam tubuh menjadi lebih optimal sehingga, tubuh selalu nampak bugar dan juga tidak mudah lelah.

7. Mencegah insomnia

Insomnia atau gangguan tidak dapat tidur sering mengganggu masyarakat perkotaan dengan tingkat stres yang tinggi. Insomnia jika terus berlanjut dapat menyebabkan kebugaran tubuh menurun, juga dapat menurunkan sistem metabolisme. Sifat batu giok yang dapat memberikan dampak rileks pada pemakainya akan membuat gangguan insomnia berkurang. Kenapa seseorang sering mengalami gangguan insomnia? Biasanya karena tubuh tidak merasa rileks saat berusaha tidur. Untuk itu, rasa rileks yang ditimbulkan oleh atu giok akan merangsang tubuh lebih optimal dalam beristirahat sehingga saat bangun tubuh kembai bugar.

(Baca juga : cara mengatasi susah tidur – akibat kurang tidur)

8. Mencegah timbulnya frustasi

Stres yang berkepanjangan dapat berakibat timbulnya frustasi. Jika stres sudah hilang atau paling tidak berkurang, tentunya frustasi dapat dihindari. Selain itu, perlu diketahui bahwa batu giok memberikan energi positif bagi tubuh sehingga sistem saraf menjadi lebih tenang.

9. Membawa keberuntungan

Khasiat batu giok hijau seringkali dipercaya membawa keberuntungan bagi pemakainya. Bisa jadi itu hanya mitos atau sugesti saja. Akan tetapi banyak pula yang membuktikan bahwa batu giok mampu membawa keberuntungan. Batu giok yang dipercaya mampu memberikan energi positif bagi tubuh akan berdampak pada penangkalan energi negatif yang menghampiri kita, yang diikuti dengan datangnya keberuntungan.

Ciri-ciri Batu Giok Asli

  • Batu giok yang asli memiliki warna hijau dan tidak akan mengalami perubahan warna, baik di dalam ruangan maupun di bawah sinar matahari. Sedangkan batu giok palsu, biasanya akan berwarna hijau terang ketika berada di bawah sinar matahari dan menjadi berwarna hijau tua atau bahkan gelap ketika berada di dalam ruangan.
  • Batu giok tidak akan mudah tergores. Batu giok memiliki tingkat kekerasan mencapai 7,0 mhon. Hal tersebut membuat batu giok tidak mudah tergores dan tidak mudah mengalami keretakan. Batu giok dapat digores atau dipecah menggunakan alat khusus yang memiliki tingkat kekerasan di atas batu giok.
  • Batu giok bila dibandingkan dengan jenis batuan lainnya memang lebih dingin. Namun, ketika batu giok dipanaskan, batu giok akan mengalami perubahan suhu yang relatif cepat (mudah panas).

Sejumlah bahan alternatif lainnya untuk kesehatan, yaitu :