Diprediksi Jadi Tren Kesehatan 2019, Popularitas Air Kaktus Meningkat

182

Diprediksi Jadi Tren Kesehatan 2019, Popularitas Air Kaktus MeningkatBeberapa waktu terakhir, air kaktus mulai menjadi sumber nutrisi yang populer. Popularitas air kaktus kini menjadi lebih tinggi nampaknya dari air kelapa di kalangan para pelaku diet. Inilah kenapa air kaktus disebut-sebut bakal menjadi tren kesehatan di tahun 2019 karena keserbagunaannya, jadi tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai pelepas dahaga.

Penulis Healthy Instant Pot Cookbook yang juga seorang pelatih atletik terdaftar, Dana Angelo White, RD dikutip dari laman Detik Health menjelaskan bahwa air kelapa tak hanya bisa mengurangi risiko dehidrasi saja. Berikut ini beberapa manfaat dari air kaktus yang pastinya tak ingin dilewatkan:

  • Baik untuk para pelaku diet keto karena kandungan gulanya tidak ada dan kandungan karbohidratnya rendah.
  • Sebagai air rebusan untuk ikan.
  • Karena mengandung sifat antioksidan sekaligus anti-aging, air kaktus bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.
  • Bisa diolah menjadi smoothies yang pastinya menyegarkan dan menyehatkan.
  • Kandungan antioksidan serta elektrolitnya dapat diandalkan untuk menurunkan risiko peradangan.
  • Kandungan potasium atau kalium di dalam air kaktus juga termasuk tinggi sehingga setiap kali sehabis olahraga dapat meminumnya agar kebutuhan elektrolit yang hilang dapat terpenuhi kembali.

Untuk diet dan pemenuhan elektrolit tubuh, ya air kaktus sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dan justru sangat baik. Hanya saja, menilik dari label nutrisi salah satu merk air kaktus kemasan yang beredar di luar negeri meliputi karbohidrat 3 gram, potasium 6 mg, protein 0 gram, gula 2 gram, sodium 15 mg, lemak 0 gram, dan kalori 10 gram, tentu saja meminum air ini saja tanpa pola makan sehat akan bisa berbahaya.

Pemenuhan beberapa nutrisi lain yang penting bagi tubuh tak dapat dilakukan dengan hanya minum air kaktus tanpa mengikuti tips diet sehat. Untuk Dana Angelo sendiri, ia tak menyatakan bahwa minum air ini adalah hal wajib bagi pasiennya, tapi sekadar mencobanya tentu boleh-boleh saja karena pada dasarnya air kaktus sendiri (yang bukan kemasan) per cangkirnya bisa meliputi 159 mg potasium, 4 gram karbohidrat, serta 18 kalori per cangkir karena dibuat dari konsentrat buah kaktus sekaligus air. Karena ketiadaan kandungan gula, maka para pelaku diet dapat coba mengonsumsi air kaktus dalam mengimbangi juga pola makan sehatnya.