17 Obat Patah Tulang Paha Alami dan Kimia

Kecelakaan bisa terjadi pada siapapun kapan saja dan di mana saja dan sebagai salah satu akibat kecelakaan, seseorang berpotensi mengalami yang namanya patah tulang. Bagian tulang manapun bisa menjadi targetnya, termasuk juga bagian paha. Ketika tulang paha patah atau retak, maka biasanya akan ada perubahan pada bentuknya, terutama saat Anda menyejajarkan kaki.

Patah tulang paha adalah sebuah kondisi yang membuat penderitanya menjadi sulit dan terbatas dalam bergerak dan biasanya akan disertai dengan bengkak. Bunyi patahan tulang pada umumnya juga terjadi saat Anda mencoba menggerakkan paha. Lalu, apa kira-kira obat patah tulang paha paling ampuh yang bisa Anda andalkan selama sakit?

(Baca juga: penyembuhan patah tulang)

1. Es Batu

Untuk pertolongan pertama, baik itu obat patah tulang tangan maupun tulang paha, es batu adalah yang paling bisa diandalkan. Anda bisa mencoba mengambil beberapa kotak es batu yang dibungkus handuk tipis atau kain bersih dan mengompreskan ke area paha yang tulangnya patah.

Namun sangat tidak dianjurkan untuk mengaplikasikan es batu secara langsung tanpa adanya perantara berupa kain atau handuk. Ketika patah tulang paha, biasanya rasa sakit dan bengkaknya cukup mengganggu, tapi dengan bantuan es batu akan mampu diatasi. Supaya bisa cepat membaik, Anda bisa aplikasikan es batu ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

2. Biji Wijen

Obat patah tulang untuk bagian paha lainnya adalah biji wijen di mana Anda bisa mengonsumsinya secara rutin sampai rasa nyeri dan juga bengkaknya mereda. Nutrisi di dalam biji wijen, terutama magnesium dan kalsiumnya akan membantu pemulihan lebih cepat. Ingat bahwa kalsium adalah mineral yang diperlukan oleh tulang untuk tetap sehat.

Ketika Anda mengonsumsi biji wijen, maka tulang paha otomatis akan menjadi lebih kuat sehingga juga masa penyembuhan pun menjadi jauh lebih cepat. Konsumsilah secara langsung atau bisa juga dicampurkan ke makanan Anda di mana ini akan memberikan efek luar biasa aman dan alami bagi kesembuhan tulang paha.

(Baca juga: pertolongan pertama pada patah tulang)

3. Nanas

Buah nanas memang paling mantap kalau dibuat rujak, tapi ternyata buah satu ini juga bagus sebagai obat alami bagi penderita patah tulang paha. Enzim bromelain di dalam buah satu ini akan membantu supaya patah tulang lebih cepat sembuh dan pulih sempurna. Bahkan untuk penggunaannya tak perlu meramunya sulit-sulit.

Anda cukup mengonsumsi buah nanas ini setiap hari selama sakit dan bila bosan, buatlah jus nanas sebagai alternatif. Namun yang tidak disarankan di sini adalha konsumsi nanas yang sudah dalam kemasan kaleng maupun nanas yang sudah terproses. Pilihlah buah nanas segar agar lebih efektif dalam menyembuhkan patah tulang paha Anda.

4. Minyak Kastor

Untuk masalah kesehatan kulit, infeksi, dan konstipasi, minyak kastor biasanya adalah yang paling bisa diandalkan. Tapi kabar baiknya, minyak kastor juga bisa digunakan ketika sedang patah tulang, termasuk patah tulang paha karena kandungan antibakteri dan anti-inflamasi yang siap membasmi peradangan. Tak banyak yang tahu tentang manfaat minyak kastor satu ini, tapi Anda bisa mulai mencobanya.

Bahkan untuk masalah kesehatan tulang lainnya seperti arthritis pun bisa juga diatasi dengan menggunakan minyak kastor ini. Bila ingin menggunakannya sebagai obat patah tulang, Anda bisa mencelupkan kain bersih ke dalam minyak kastor dan kemudian balut ke bagian tulang paha yang patah. Lakukan rutin metode ini agar hasilnya juga bisa maksimal.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan tulang)

5. Kunyit

Rempah ini banyak digunakan untuk kesehatan, terlebih bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Memasukkan kunyit ke dalam diet Anda adalah rupanya bisa membantu proses penyembuhan patah tulang pada paha bisa lebih cepat dan sempurna. Obat alami ini bisa Anda coba gunakan tanpa khawatir efek sampingnya.

Kandungan sifat antiseptik serta anti-inflamasi ditawarkan juga oleh kunyit yang akan mencegah serta menurunkan risiko peradangan. Untuk menggunakannya, Anda bisa coba meminum susu yang sudah ditambah dengan bubuk kunyit. Anda pun bisa membungkus kunyit bersama bawang merah dan balutkan ke area tulang paha yang patah 1-2 hari supaya lekas pulih.

6. Terapi Fisik

Selain dari obat-obat alami tersebut, masih ada juga obat berupa terapi fisik yang bisa coba didapatkan oleh penderita patah tulang paha. Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi obat patah tulang bagian paha berupa terapi yang bisa dipertimbangkan oleh Anda:

  • Terapi Dingin – Pada terapi ini, patah tulang paha akan disembuhkan dengan air dingin. Anda bisa menyiapkan handuk bersih yang tipis untuk direndamkan ke dalam air dingin lebih dulu, barulah kemudian dikompreskan ke area paha yang tulangnya patah. Biasanya, terai ini sangat baik untuk anak-anak yang mengalami cedera patah tulang paha akibat radang otot sehingga jaringan otot paha strukturnya rusak.
  • Terapi Panas – Selain terapi dingin, terapi panas juga sangat direkomendasikan di mana obat ini akan menyembuhkan patah tulang paha secara sederhana dan mudah. Siapkan saja handuk bersih tipis dan rendam di dalam air panas. Kompreskan ke paha yang cedera secara rutin agar bisa cepat pulih.
  • Terapi Elektrik – Terapi jenis ini biasanya dilakukan untuk menyembuhkan patah tulang dengan memanfaatkan aliran listrik. Listrik ini alirannya berkekuatan khusus di mana tujuannya adalah untuk bisa membuat struktur tulang paha yang rusak bisa diperbaiki. Dengan obat terapi ini jugalah biasanya tulang bisa kemudian memadat lagi dan akhirnya dapat digerakkan seperti biasa.
  • Terapi Orthopedic – Jenis terapi satu ini pada umumnya digunakan untuk menyembuhkan patah tulang akibat arthritis (gangguan otot dan tulang) maupun ketika penderita mengalami keseleo parah. Hanya saja, dalam menempuh terapi ini tidaklah sebentar dan memerlukan waktu hingga berbulan-bulan. Namun memang, efektivitas dari terapi ini begitu luar biasa sebab struktur tulang dijamin normal kembali.
  • Terapi Gerak – Dalam menyembuhkan patah tulang paha, terapi gerak juga diperlukan sebagai obat yang ampuh karena hal ini mendukung perbaikan gerak motorik. Otot-otot paha pun juga akan dibantu agar lebih kuat setelah meleah akibat tulang yang patah. Latihan gerak ini tentunya bisa dilakukan penderita yang didampingi oleh terapis yang ahli di bidang ini.

7. NSAIDS

Obat dengan kandungan tinggi analgesik, antipiretik dan anti-inflamasi ini akan mampu membantu penderita patah tulang untuk mengurangi risiko inflamasi. Hanya saja memang jenis obat ini tidaklah dianjurkan untuk 48 jam pertama dari sejak cedera terjadi. Berikut ini adalah jenis NSAIDS yang bisa dipakai atau dikonsumsi ketika patah tulang agar rasa sakitnya bisa berkurang:

  • Naproxen
  • Ibuprofen
  • Celecoxib

(Baca juga: cara mengobati patah tulang)

8. Analgesik

Selain obat alami, Anda juga bisa mencoba obat kimia seperti jenis obat analgesik sebagai alternatif dari NSAIDS tadi. Obat ini menawarkan kenyamanan bagi para penderita patah tulang, termasuk juga yang mengalami patah tulang paha. Supaya rasa sakit dan juga pembengkakan teratasi dengan baik, Anda bisa mencoba menggunakan acetaminophen untuk mengurangi tekanan akibat rasa sakitnya.

9. Antibiotik

Jenis antibiotik apakah yang kiranya diperlukan oleh para penderita patah tulang paha? Antibiotik ini hanya diperlukan apabila memang kiranya harus menghindari infeksi, terutama bagi yang mengalami patah tulang paha pasca operasi. Ketika sudah terdeteksi adanya potensi infeksi, nanti barulah dokter memberikan resep antibiotik yang paling tepat untuk pasien.

10. Kalsium dan Vitamin D

Jelas makanan-makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium tinggi diperlukan bagi penderita patah tulang paha agar kesembuhan jauh lebih cepat. Makanan yang kaya kalsium biasanya adalah berupa sayuran berwarna hijau dan juga susu. Mengonsumsi suplemen vitamin D juga sangat dianjurkan agar tulang bisa menjadi lebih kuat. Asupan kedua nutrisi ini penting karena juga menjadi penjamin agar tulang paha tak mudah untuk kembali retak maupun patah.

(Baca juga: penyembuhan patah tulang paha)

Demikianlah obat patah tulang paha alami maupun yang kimia untuk dipertimbangkan. Lebih dari itu, tentunya istirahat merupakan metode paling ampuh dalam mengatasi yang namanya patah tulang. Bagian paha sebaiknya tidak banyak bergerak supaya tulang yang patah bisa terekatkan kembali secara sempurna.