16 Fungsi Probiotik Untuk Kesehatan Tubuh

Fungsi probiotik bagi kesehatan tubuh manusia yang paling utama adalah menjaga, Meindungi dan mengatasi masalah pencernaan yang menyerang siapa saja.

Probiotik merupakan makanan yang diproses melalui metode fermentasi agar menghasilkan asam laktat yang didalamnya mengandung jutaan bakteri baik yang hasil akhirnya bisa berbentuk susu, Ice cream dan Minuman segar.

Fungsi vital probiotik

Selain piawai dalam hal menjaga, Melindungi dan meningkatkan kesehatan jaringan perut termasuk sistem pencernaan , Ternyata fungsi probiotik dapat mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan lain, Diantaranya:

1.Diare

Probiotik mampu mengentalkan feses (kotoran) pada penderita diare sehingga diare dapat diredakan sekaligus menyembuhkan diare secara bertahap.  Probiotik mampu menyembuhkan diare  yang muncul akibat serangan bakteri, Virus dan parasit yang ada pada makanan, Penggunaan antibiotik  atau akibat radikal bebas.

2.Iritasi usus

Iritasi usus atau irritable bowel syndrome merupakan keluhan kesehatan yang sering menyerang manusia ketika yang dikonsumsinya adalah jenis makanan basi yang telah mengandung bakteri, Makanan yang pedas, Terlalu asam atau mengandung bahan pengawet berbahaya.

3.Gejala infeksi  usus

Probiotik dapat meredakan rasa nyeri pada usus yang telah mengalami peradangan atau gejala infeksi usus dan penyebabnya adalah akibat iritasi yang sulit disembuhkan.  Gejala infeksi usus (peradangan usus) juga bisa disebabkan karena penggunaan alkohol berlebihan atau serangan bakteri dalam jumlah besar akibat poenumpukan sisa makanan yang melekart pada dinding usus.

4.Meningkatkan daya tahan tubuh

Tubuh lemah akibat kelelahan, Akibat serangan  cuaca ekstrem, Akibat kurang minum dan kurang  istirahat maka mempermudah masuknya serangan bakteri melalui udara. Kondisi ini dapat menurunkan daya tahn tubuh secara berkala. Mengkonsumsi probiotik dua kali setiap hari secara rutin merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang ampuh karena asam laktat dari probiotik terbukti mampu memblokir pergerakan dari berbagai macam mikroorganisme dalam tubuh.


5.Gangguan kulit

Probiotik mampu mengatasi masalah gangguan kulit seperti eksim kering atau basah. Eksim dapat mudah sembuh karena asam laktat yang ada pada  probiotik mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat serangan bakteri, Virus , parasit atau mikroorganisme lain.

6.Masuk angin

Seseorang yang masuk angin akan merasakan tubuhnya pegal pegal, Terserang pilek, Batuk batuk dan sakit kepala. Gejala masuk angin itu muncul akibat kurang tidur, Bekerja terlalu lelah atau akibat stres yang berkelanjutan. Probiotik mampu menjaga vitalitas dan stamina tubuh tetap dalam keadaan seimbang sehingga terhindar dari masuk angin.

7.Gangguan vagina

Gangguan vagina berupa gatal gatal atau keputihan akibat serangan bakteri dan jamur dapat diatasi dan disembuhkan oleh probiotik yang dikonsumsi secara teratur setipa hari, Asam laktatnya mampu menekan aktivitas bakteri atau jamur yang ada pada vagina serta membunuhnya secara bertahap.

8.Gangguan kemih

Gangguan kemih berupa sakit saat buang air kecil, Jaringan perut terasa penuh dan tidak nyaman atau air seni tidak lancar merupakan keuhan kesehatan yang berhubungan  dengan serangan bakteri. Ketika bakteri ada didalam area kandung kemih maka gangguan kemih tidak bisa dihindari. Untuk mengobati masalah tersebut probiotik mampu mengatasinya dengan baik.

9.Rongga mulut

Masalah rongga mulut termasuk  melekatnya bakteri pada sela sela gigi yang menyebabkan bau mulut, Gusi berdarah, Langit langit mulut luka atau terjadi iritasi ringan dan pendarahan pada dinding lidah akibat serangan bakteri  maka probiotik mampu mengatasinya dengan cepat. Probiotik akan segera menekan dan memblokir pembusukan sisa makanan yang sedang diuraikan oleh bakteri.

10. Gangguan sistem pernafasan

Sistem pernafasan manusia rentan mengalami kerusakan yang diawali dengan luka luka, Iritasi, Pendarahan sampai radang  berat ketika dinding saluran pernafasan dimasuki bakteri, Virus, Kuman atau parasit . Untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih luas pada organ pernafasan maka asam laktat yang ada pada produk yang mengandung probiotik dapat menyembuhkan iritasi ringan atau berat sehingga kondisi gangguan pada sistem pernapasan dapat segera disembuhkan relatif lebih cepat jika mengkonsumsi probiotik secara teratur 2 kali sehari.

11.Intoleransi laktosa

Asam laktat yang ada pada probiotik dapat mengurangi jumlah laktosa berlebih dalam tubuh sehingga dapat diolah kembali menjadi asam laktat yang baik sehingga seseorang dapat terhindar dari berbagai reaksi alergi . Misalnya alergi terhadap zat zat yang ada pada makanan olahan seperti produk susu.

12.Saluran usus

Saluran usus yang kotor karena endapan sisa makana atau zat dari obat obatan mampu menghambat kelancaran proses sistem pencernaan dalam bekerja, Akibatnya seseorang akan menderita nyeri pada bagian usus halus dan usus besar. saluran usus yang terhambat dan penuh dengan bakteri dapat mengakibatkan pembusukan dan peradangan hebat. Asam laktat dari Probiotik mampu mengencerkan dan membersihkan kotoran apaapun yang melekat pada saluran usus sehingga sistem pencernaan dapat kembali normal.


13.Detox

Asam laktat dari probiotik dapat bertindak sebagai detox bagi tubuh. Racun racun dalam tubuh hasil dari limbah makanan, Penggunaan obat obatan atau akibat alkohol dapat mudah  dikeluarkan dan dibersihkan oleh probiotik melalui proses keluarmya keringat dan melalui air seni.

14.Kesehatan otak

Dengan rajin mengkonsumsi makann atau minuman yang mengandung probiotik secara rutin setiap hari maka dapat meningkatkan fungsi otak menjadi lebih responsive. Probiotik dapat mengubah cara kerja otak lebih aktif dan lebih cepat dalam merespon apapun yang terjadi diluar tubuh.

15.Menurunkan kolesterol

Probiotik mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sehingga seseorang dapat terhindar dari gejala kolesterol tinggi dan mengurangi penumpukan lemak dalam darah sehingga jumlah kolesterol dapat segera distabilkan. Dengan cara inilah penderita kolesterol dapat terhindar dari serangan stroke mendadak.

16.Gejala penyakit gula darah

Probiotik dapat meningkatkan efek positif pada sensitivitas insulin dan menstabilkan kadar gula dalam darah sehingga seseorang dapat aman dari peningkatan kadar gula dalam darah secara berlebihan atau terhindar  dari gejala penyakit gula darah (diabetes) ,  Sedangkan bagi para penderita diabetes tipe 1 dan 2 minum probiotik secara rutin setiap hari dapat mengurangi jumlah gula dalam darah secara bertahap.

, , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Panduan Gizi