10 Fungsi Albumin yang Perlu Anda Ketahui

Albumim adalah senyawa yang ada di dalam plasma darah yang akan berfungsi dan berperan besar pengaruhnya pada kesehatan anda. Albumin digolongkan sebagai protein yang dapat mengikat komponen darah dalam tubuh. Hal ini akan membuat darah anda semakin stabil dan terhindari dari berbagai serangan penyakit seperti kanker darah.  Anda juga disarankan untuk mengetahui tentang bahaya akibat terlalu banyak minum air putih.

Artikel ini akan membahas tentang 10 fungsi albumin yang perlu anda ketahui. Perlu anda ketahui bahwa ketika tubuh anda kekurangan akbumin maka akan menyebabkan beberapa gangguan dalam darah anda. tentunya kelebihan albumin juga akan menyebabkan gangguan di dalam darah. Sebelum itu anda disarankan juga untuk mengetahui tentang efek kekurangan air putih. Berikut adalah penjelasan fungsi albumin.

  1. Mengangkat Molekul Kecil Melewati Plasma dan Cairan Sel

Fungsi albumin yang pertama adalah untuk mengangkat molekul kecil untuk melewati plasma dan cairan sel. Fungsi ini akan berkaitan erat dengan bahan metabolisme dalam tubuh. Selain itu juga dengan asam lemak bebas dan bilirubin. Albunim juga akan melarutkan obat-obatan yang kesulitan larut dalam air. Oleh karena itu anda disarankan untuk mencukupi asupan makanan yang mengandung albumin. Perlu anda ketahui juga tentang akibat kelebihan protein penyakit ginjal.

  1. Membentuk Jaringan Sel Baru

Fungsi albumin yang selanjutnya adalah untuk membentuk jaringan sel baru. Dalam ilmu kedokteran albumin biasanya dimanfaatkan untuk membuat sel jaringan tubuh cepat pulih. Tidak mengherankan biasanya dimanfaatkan setelah operasi. Dengan sel baru ini sel-sel yang telah mati akan terbuang dan tidak menumpuk. Karena kalau menumpuk akan menyebabkan berbagai penyakit. Anda juga disarankan untuk mengetahui tentang cara mencegah penyakit ginjal.  

  1. Agen Pengikat Darah

Fungsi albumin selanjutnya adalah sebagai agen pengikat darah. Albumin akan merubah darah menjadi agak cair karena memang senyawa ini akan mengikat molekul sel dengan air. Setelah itu maka terbentuklah cairan darah yang ada di dalam tubuh manusia. Dapat anda bayangkan bagaimana ketika darah itu padat? Pastinya darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh dan akhirnya organ tidak dapat bekerja dengan baik. Selain itu anda disarankan juga mengetahui tentang penyakit akibat kekuragan protein.

  1. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Fungsi albumin selanjutnya adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pada dasarnya untuk dapat bekerja dengan baik, sel dalam tubuh membutuhkan keseimbangan cairan. Hal ini akan membuat tubuh dapat bekerja dengan baik dan kesehatan tetap terjaga. Selain itu juga akan menghindarkan anda dari serangan berbagai penyakit. Anda juga disarankan untuk mengetahui tentang akibat kelebihan kalsium.

  1. Sebagai Saluran Nutrisi dan Hormon

Fungsi albumin selanjutnya adalah sebagai saluran nutrisi dan hormon. Nutrisi, lemak dan juga hormon akan tersimpan ketika berjalan menuju seluruh tubuh manusia melalui plasma darah. Nah saluran itulah yang diperankan oleh almbumin. Sehingga tanpa adanya albumin dapat dipastikan nutrisi, dan hormon akan terkendalan untuk dibawa ke seluruh tubuh. Selain itu anda disarankan juga untuk mengetahui tentang penyebab batu ginjal.


  1. Memperbaiki Kerusakan Jaringan

Fungsi almumin selanjutnya adalah untuk memperbaiki kerusakan jaringan. Jaringan yang rusak harus segera diperbaharui agar dapat bekerja dengan baik. Dengan jaringan yang terbaharui maka akan mengecilkan resiko terserang berbabagai penyakit berbahaya yang akan mengancam kesehatan anda. jaringan rusak yang menumpuk akan menjadi virus dan berkembang menggerogoti organ dan merusaknya. Oleh karena itu, penting untuk anda memenuhi kandungan albumin dalam tubuh anda.

  1. Mengurangai Resiko Penyakit Jantung

Fungsi albumin selanjutnya adalah untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Albumin seperti diketahui dapat menurunkan kadar lemak jahat yang ada di darah. Dengan itulah akhirnya albumin akan mampu menahan jantung dari berbagai gangguan. Selain itu, albumin juga sanggup untuk menghindarkan dari berbagai penyakit lainnya seperti stroke, dan juga penyempitan pembuluh darah. Albumin juga akan menguatkan otot-otot jantung agar organ tersebut dapat bekerja  dengan optimal.

  1. Mengatasi Hepatitis

Fungsi albumin selanjutnya adalah untuk mengatasi hepatitis. Seperti kita ketahui bahwa albumin dapat memperbaharui empedu dan sel hati. Fungsi tersebut dapat berjalan karena kandungan asam amino essensial dalam albumin. Sehingga hal itu akan menghindarkan anda dari penyakit hepatitis.

  1. Digunakan Bahan Industri Pangan dan Farmasi

Fungsi albumin selanjutnya adalah untuk digunakan bahan indsutri pangan dan farmasi. Hal itu terutama digunakan karena kandungan albumin yang kaya dengan mineral dan protein yang baik untuk kesehatan manusia.

  1. Berbagai Fungsi Lainnya

Fungsi albumin yang lainnya adalah berbagai fungsi seperti memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak, dan juga ibu hamil. Albumin juga dapat membantu ptoses penyembuhan pada anak-anak yang sedang menderita autis.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Protein
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri