12 Penyebab Lemak Menumpuk di Lengan dan Cara Mengatasinya

Tidak hanya di bagian paha, perut, dan juga pantat saja. Penumpukan lemak, terutama pada kaum hawa sering terjadi di bagian lengan. Bahkan hal tersebut seringkali menimbulkan gangguan terutama pada penampilan perempuan ketika memakai baju yang tidak berlengan. Tidak hanya itu saja, pada beberapa orang, penumpukan lemak di bagian lengan juga nampak menggelambir sehingga terlihat tidak menarik ketika dipandang.

Sayangnya, banyak wanita yang kesulitan mengatasi permasalahan ini. Tidak jarang pula seseorang telah memiliki berat badan ideal namun bagian lengannya masih terlihat besar karena adanya penumpukan lemak. Sebenarnya apa saja yang dapat memicu penumpukan lemak di bagian lengan?

Penyebab Penumpukan Lemak di Bagian Lengan

Berat badan adalah hal yang sensitif bagi wanita. Namun, tidak jarang pula wanita telah memiliki berat badan ideal namun tidak memiliki bentuk tubuh yang ideal. Terkadang seseorang telah memiliki berat badan yang normal, namun terjadi penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh tertentu, seperti paha, pantat, perut, dan juga lengan. Salah satu kondisi yang sering mengganggu penampilan wanita adalah penumpukan lemak di bagian lengan. Wanita akan malu memakai pakaian tanpa lengan karena merasa lengannya terlalu besar atau bergelambir. Sebenarnya apa saja yang dapat memicu penumpukan lemak di bagian lengan? Berikut beberapa faktor yang dapat memicu penumpukan lemak di bagian lengan:

1. Faktor Genetik

Faktor genetik adalah pemicu paling umum yang sering mengakibatkan kondisi penumpukan lemak di bagian lengan. Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya akan kesulitan untuk mengecilkan lengannya bahkan juga berat badannya secara keseluruhan. Jika Anda memiliki bentuk lengan yang besar atau bergelambir dan merasa kesulitan mengecilkannya maka Anda bisa melihat anggota keluarga yang lain seperti orang tua atau saudara. Jika orang tua atau saudara Anda memiliki bentuk lengan yang besar atau bergelambir maka bisa jadi Anda akan kesulitan mengecilkan lengan Anda karena bentuk tubuh Anda telah dipengaruhi oleh kondisi genetik atau keturunan. (baca juga: cara menggemukan badan)

2. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Kelebihan berat badan adalah penyebab utama lengan menjadi tempat penumpukan lemak. Penumpukan lemak di bagian lemak biasanya akan diikuti dengan penumpukan lemak di lokasi tubuh lainnya terutama jika orang tersebut memiliki berat badan berlebih. Hal ini biasanya menjadi permasalahan serius bagi perempuan karena selain gangguan pada penampilan, penyebab obesitas juga akan memicu gangguan kesehatan seperti gangguan serangan jantung, ciri-ciri diabetes, dan juga hipertensi. Pola hidup sehat seperti melakukan olah raga dan juga menerapkan pola asupan sehat merupakan langkah paling efektif untuk mengatasi hal tersebut.


3. Kekurangan Massa Otot

Jika Anda memiliki berat badan yang relatif normal atau ideal namun memiliki bentuk lengan yang besar atau bergelambir maka bisa jadi bentuk lengan Anda yang besar tersebut terjadi karena kurangnya massa otot. Kondisi tersebut biasanya terjadi karena kurang berolah raga dan juga tidak memperhatikan pola asupan makanan.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi pemicu penumpukan lemak di lengan. Penumpukan lemak di bagian lengan sering menimbulkan permasalahan bagi perempuan karena akan mengganggu penampilan. Karena itulah perlu kiranya Anda melakukan beberapa metode yang tepat, efektif, dan juga sehat untuk mengatasi permasalahan bentuk lengan yang tidak ideal. (baca juga: cara agar tubuh berisi tidak kurus)

Cara Mengatasi Penumpukan Lemak di Bagian Lengan

Anda pasti akan sangat terganggu dan merasa tidak nyaman ketika memiliki bentuk lengan yang tidak ideal. Saat mengalami hal tersebut Anda mungkin akan tertarik untuk menggunakan perawatan melalui konsumsi obat-obatan diet yang menawarkan hasil instan. Cara tersebut mungkin akan menawarkan hasil yang efektif. Namun, perlu anda ketahui, penggunaan obat-obatan semacam itu bisa memberikan banyak efek samping yang tidak menyehatkan. Selain itu, penggunaan obat-obatan diet yang menawarkan hasil yang instan justru dapat memungkinkan lengan Anda kembali ke bentuk seperti semula (bentuk yang besar) dalam waktu yang cepat pula. Karena itulah, sebaiknya Anda mengatasi masalah bentuk lengan besar tersebut dengan cara yang sehat. (baca juga: cara menahan lapar)

Untuk mengatasi penumpukan lemak di bagian lengan ada dua cara utama yang dapat Anda lakukan. Cara yang pertama adalah dengan melakukan beberapa jenis olah raga yang dipercaya efektif untuk mengecilkan bentuk lengan. Cara yang kedua adalah dengan mengatur pola asupan makanan. Berikut penjelasan selengkapnya. (baca juga: diet untuk golongan darah o)

Mengecilkan Lengan dengan Olah Raga

Olah raga adalah metode yang efektif dan sekaligus menyehatkan untuk mengecilkan bentuk lengan yang besar. Untuk mengatasi penumpukan lemak di lengan, Anda bisa melakukan beberapa jenis olah raga berikut ini:

  1. Lompat tali adalah jenis olah raga kardio yang efektif membakar lemak di tubuh Anda. Jika Anda memiliki masalah berat badan, bentuk lengan yang tidak ideal, dan juga bentuk paha yang terlalu besar, maka Anda bisa memilih jenis olah raga ini. Dengan melakukan olah raga ini Anda akan mendapatkan bentuk lengan yang kencang dan seksi. Untuk memperoleh bentuk lengan yang ideal, anda bisa melakukan olah raga lompat tali sebanyak 150 kali lompatan setiap hari. (baca juga: olahraga lompat tali bagi wanita)
  2. Push up adalah olah raga yang dapat mengecilkan lengan selanjutnya. Selain memberikan bentuk lengan yang lebih ideal, push up juga akan membantu memberikan massa otot yang lebih baik bagi lengan Anda. Tidak hanya itu saja, push up juga merupakan jenis olah raga yang bisa memberikan bentuk tubuh ideal pada tubuh bagian atas. Jadi, bukan hanya bentuk lengan ideal saja yang Anda peroleh, tetapi bentuk tubuh bagian atas yang lebih menarik. (baca juga: cara push up yang benar untuk perempuan)
  3. Gerakan weighted punch adalah jenis olah raga angkat beban yang dapat menambah massa otot lengan secara efektif. Cara ini efektif bagi Anda yang telah memiliki berat badan ideal namun tidak memiliki bentuk lengan yang ideal. Untuk melakukan jenis olah raga ini, Anda bisa mengangkat sebuah beban di tangan sampai tangan Anda mencapai ke atas. Setelah itu kembalikan tangan Anda ke posisi semula. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan posisi punggung dan tubuh sejajar. Anda bisa melakukan olah raga weighted punch ini dengan cara duduk atau berdiri.
  4. Aerobik juga bisa menjadi alternatif untuk mengecilkan bentuk lengan yang terlalu besar. Aerobik menuntut seluruh tubuh Anda untuk bergerak. Jadi, bukan hanya lengan saja yang bertambah kecil, berat badan Anda juga akan berkurang dengan melakukan olah raga ini. (baca juga: cara cepat gemuk dan sehat)

Mengecilkan Lengan dengan Mengatur Pola Asupan Makanan

Mengecilkan lengan tidak hanya dilakukan dengan melakukan olah raga saja. Anda bisa mendukungnya dengan melakukan pengaturan terhadap pola asupan makanan. Adapun metode yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Hindari makanan yang berlemak. Jenis makanan yang berlemak adalah musuh bagi lengan Anda. Selain itu, makanan berlemak juga berpotensi meningkatkan berat badan Anda. Usahakan agar anda juga menghindari makanan cepat saji. Makanan cepat saji adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan lemak jahat dan juga memiliki kandungan garam yang tinggi. (baca juga: akibat kekurangan lemak jenuh)
  2. Konsumsi kacang-kacangan bisa menjadi alternatif untuk menggantikan asupan lemak jahat yang berasal dari gorengan atau makanan cepat saji. Mengkonsumsi kacang-kacang akan menggantikan lemak jahat yang bersarang di dalam tubuh Anda.
  3. Teh hijau adalah minuman menyehatkan yang kaya akan antioksidan. Selain itu, minuman yang satu ini dipercaya mampu membakar tumpukan lengan di dalam tubuh termasuk di bagian lengan. (baca juga: akibat kelebihan lemak)
  4. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh  dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh akan membantu proses metabolisme sehingga penumpukan lemak di tubuh juga akan berkurang.
  5. Hindari makanan yang kaya akan karbohidrat dan kalori karena akan meningkatkan berat badan lebih cepat. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh sebaiknya Anda mengkonsumsi jenis olahan gandum utuh seperti oatmeal. (baca juga: 24 makana yang mengandung kalori tinggi)

Itulah beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan bentuk lengan yang terlalu besar. Untuk mempertahankan bentuk lengan tetap ideal tentu Anda tidak boleh berhenti menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolah raga dan juga mengatur pola asupan makanan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 23rd, April 2016 / 05:47 Oleh :
Kategori : Tips Diet