17 Penyebab Angin Duduk dan Gejalanya yang Tidak Disadari

5569

Angin duduk atau sindrom penyakit jantung koroner akut adalah kondisi dimana seseorang mengalami rasa pegal, nyeri dan sakit seperti sedang tertimpa batu besar pada bagian dada yang disebabkan adanya penegangan pada otot jantung yang disebabkan karena minimnya jumlah darah yang mengalir kepembuluh darah menuju jantung.

Jika jantung tidak mendapatkan ketersediaan darah yang memadai maka akan terjadi penyumbatan dan penggumpalan terhadap alairan darah kemudian terjadilah angin duduk secara mendadak yang pada sebagian orang dapat mengakibatkan kematian.

Gejala gejala umum dari angin duduk  adalah:

  • Nafas tersengal sengal dan terasa berat
  • Tubuh merasa mudah terserang kelelahan
  • Mual mual dan ulu hati terasa nyeri
  • Menderita sering sakit kepala
  • Timbul kepanikan dan gejala depresi
  • Tubuh menggigil dan berkeringat dingin banyak
  • Terjadi sesak nafas dan nafas terasa pendek
  • Terserang nyeri pada bagian dada
  • Nyeri pada pinggang
  • Nyeri pada leher dan pundak
  • Nyeri pada rahang
  • Nyeri pada bagian lengan
  • Tubuh lemas dan sering mengantuk
  • Tubuh terasa tidak nyaman
  • Dehidrasi dan mudah terserang flu

baca juga: ciri-ciri penyakit jantung

Inilah yang menjadi penyebab mengapa anda bisa terserang angin duduk tanpa anda sadari :

1.Karena udara yang dingin

Bagi seseorang yang tubuhnya sensitif terhadap udara dingin seperti dingin yang didapat dari AC atau udara pegunungan maka tubuhnya akan mengeluarkan reaksi untuk menolaknya berupa sakit kepala, mual, keringat dingin dan ras tidak nyaman padaa tubuh, kondisi ini jika dibiarkan maka otot jantungnya akan tegang dan menyempit yang menyebabkan pembuluh darh menuju jantung jadi tersendat. jika tak segera diambil langkah pengobatan maka akan tersearang angin duduk.

baca juga: bahaya jantung koroner

2.Karena stres yang berlebihan

Jika seseorang sedang stres maka hormon tubuh akan meningkat dan menyebabkan ketidak seimbangan pembuluh darah jantung. jika stres semakin berat dapat memicu turubnya daya tahan tubuh dan memudahkan penyebab angin duduk untuk mengendalikan tubuh. yaitu berupa sakit kepala, bada pegal pegal, ulu hati tidak nyaman. kondisi ini adalah gejala bahwa angin duduk sedang menyerang tubuh tanpa kita sadari.

3. Karena makan terlalu banyak

Seseorang yang setiap hari makan secara berlebihan dan tidak di iringi dengan olaharaga maka tubuhnya akan memperlambat proses pembakaran dalam tubuh dan memperlambat pula penyerapan nutrisi . akibatnya pembuluh jantung menjadi tersumbat karena adanya penggumpalan kolesterol yang menghambat aliran darah menuju jantung .kondisi dapat memicu angin duduk.

4. Merokok berlebihan

Seseorang yang kecanduan merokok sangat beresiko terserang angin duduk jika tubuhnya tidak menjaga asupan cairan tubh agar tetap stabil. minum air putih sebanyak mungkin agar kondisi tubuh terhindar dari dehidrasi yang mengakibatkan pembuluh darah kearah jantung menjadi tersendat dan menyempit karena kurangnya cairan dalam tubuh. nikotin dan tar dalam rokok memperburuk jantung sehingga mempwrcepat datangnya angin duduk.

5. Karena kurang istirahat

Seseorang yang memiliki aktifitas rutin yang memerluka energi yang besar kadangkala kurang tidur. tubuh akan kehilangan keseimbangan hormonnya  dan menurunkan kualitas imun dalam tubuh. jika tenaga yang keluar tidak seimbang dengan banyaknya tubuh beristirahat maka tubuh akan lemas. timbul pegal pegal diseluryh tubuh, ulu hati tidak nyaman, mual dan muntah. gejala ini adalah awal anda sedang diserang angin duduk.

6. Karena udara malam

Udara malam tidak cocok lagi untuk beraktifitas apapun . karena pada malam hari udara tidak lagi memiliki kadar oksigen yang memadai. malam hari kadar zat karbon dioksida menguasai udara malam sedangkan manusia mengeluarkan oksigen. jika anda dudyk terlalau lama dibawah pohon rindang pada maalam hari maka oksigen pada tubuh anda akan teerserap habis oleh tumbuhan sedangkan anda menghirup karbon dioksida yang dilepaskan tumbuhan dan akibaatnya dapat menghambat aliran darah kearaah jantung. karbondioksida dapat mengurangi pasokan darah kejantung, kondisi ini membuat anda bis terserang angin duduk bahkan kematian yang tidak anda sadari.

baca juga: cara mengatasi alergi dingin

7. Tubuh terlalu lelah

Tubuh yang terlalu lelah cenderung karena kehabisan energi, pasokan oksigen dalam tubh berkurang dan otot jantung menjadi sedikit tertekan yang mengakibatkan aliran darah menuju koroner tidak lancar, jika anda tidak egera beristirahat maka jantung tetap akan bekerja ekstra dan memicu munculnya nyri pada dada, pegal diseputar pinggang, lengan dan leher. jika kondiosi ini terus berlanjut jangan harap anda akan twrhindar dari serangan angin duduk.

baca juga: cepat lelah dan jantung berdebar

8. Adanya penimbunan lemak pada pembuluh darah akibat kolesterol

Bagi orang yang mengalami kegemukan hendaknya menjalani olahraga ringan setiap pagi atau dua kali seminggu untuk mempertahankan pembulih darah dalam tubuh tetap stabil dan tidak terganggu dengan adanya penumpukan lemak. penumpukan lremak buka hanya menyerang perut, paha dan lengan saja tetapi dapat menutupi atau mengganjal jantung sehingga jantung kesulitan untuk menerima pasokan oksigen dan darah yang memaadai dari pembuluh darah. otot  jantung akan melemah .kondisi ini memudahkan anda terserang angin duduk.

baca juga: bahaya kolesterol LDL tinggi

9. Karena infeksi pembuluh darah

Jika pembuluh darah mengalami peradangan dan infeksi karena luka yang diisebakan zat makana tertentu atau karena zat dari obat obatan yang anda konsumsi, maka darah yang mengalir kearh pembuluh darah menuju jantung akan twrhambat daan trsumbat dengan adanya penggumpalan dari zat zat tersebut. akibatnya anda akan trserang angin duduk yang sebelumnya diawali denagn keluhan dada terasa nyeri. tubuh twrasa tidak nyaman, mual, muntah dan demam.

baca juga: pembuluh aorta jantung

10. Tidur dilantai tanpa alas

Kebiasaan tidur diatas lantai tanpa alas yang memadai dapat membuat membuat tubuh pegal, perut kembung dan mual. Lantai bersifat menyejukkan dan memiliki rongga rongga yang dapat menyerap suhu tubuh, membuat cairan tubh menjadi tidak seimbang dan cenderung menyerap  energi manusia dan mengacaukan suhu serta ion didalam tubuh, tubuh akan mengalami dehidrasi dan pengumpulan gas didalam lambung. kondisi ini dapat memicu penyebab angin duduk.

baca juga: bahaya tidur tanpa kasur

11. Selesai olahraga langsung mandi

Jika baru selesai melakukan aktifitas olahraga  jangan langsung mandi. suhu tubuh dan kondisi pembuluh darah ditubuh anda belum sepenuhnya stabil. duduklah untuk beberapa menit agar otot jantung dan pembuluh darah didalam tubuh kembali normal dan tidak mempermudah angin duduk menyerang jantung anda.

12. Kondisi tubuh yang dipaksakan

Banyak orang yang tidak peduli jika tubuhnya sudah tidak sanggup lagi menyelesaikan tugas tugasnya dalam akktifiitas pekerjan dikantor. tubuh yang sudah kelelahan akan membuka ruang untuk angin duduk masuk melalui pembuluh darah menuju jantung lalu menghambat pasokan oksigen dan aliran darah. jika anda memaksakan tubuh untuk tidak beristirahat maka organ tubh akan dipaksa untuk bekerja ekstra yang jika terus menerus ini terjadi maka kekebalan tubuh anda akan terus menurun akibatnya tubh akan terasa pegal pegal, perut kembung dan mual, terserang sakit kepala dan terserang stres. kondisi ini sangat beresiko anda diserang angin duduk.

13. Karena penyakit jantung

Bagi seseorang yang mempunyai penyakit jantung berhar=ti hatilah jika ingin melakuakan pekerjaan yang menguras banyka tenaga. sebaiknya hindari segala bentuk aktifitas yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran. jika andaa memaksakan diri untuk tetap bekwrja maka otot jantung anda akan meras berat dan tertekan, akibatnya pasokan darah tidak normal mengalir menuju pewmbuluh darah kerah jantung, keadaan ini memudahkan anda terserang angin duduk secara tiba tiba.

baca juga: bahaya jantung bocor

14.  Karena faktor usia

Seseorang yang usianya diatas 50 tahaun akan mudah terserang angin duduk dengan gejala gejala seperti orang yang sedang masuk angin. dada akan terasa nyeri, sakit kepala, pegal pegal pada seluruh tubuh , perut kembung dan lain lain. Mengapa orang yang sudah tua sangat mudah terkena angin duduk?  ketahanan daya tahan tubuh sangat dipengaruhi oleh usia seseorang . Secara alami pada usia lansia daya tahan tubuhnya akan berkurang dan metabolisme tubuhnyapun akan berangsur angsur ikut  melambat. kondisi seperti ini memudahkan seseorang terserang penyakit yang sebelumnya diawali dengan serangan angin duduk.

15. Karena faktor penyakit hipertensi

pada seseorang yang memiliki penyakit hipertensi agar selalu menjaga kestabilan emosi dan mengkonsumsi makan  yang telah duanjurkan oleh dokter. Emosi yang tidak terkendali atau mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, akan menyebabkan aliran darah menuju jantung jadi terhambat dan trsendat sendat, akibatnya jantung anda akan dipaksa untuk meningkatkan kecepatannya dalam memompa darah, jika terus menerus ini terjadi maka yang akan terjadi adalah dinding arteri akan mengalami luka dan lama kelamaan akan  rusak yang akhirnya mengakibatkan penggumpalan disekitar area pembuluh darah, kondisi ini dapat mempercepat datangnya angin duduk yang menyebabkan kematian mendadak.

16. Karena kolesterol yang terlalu tinggi

Berhati hatilah bagi seseorang yang mempunyai kolesterol tinggi, hindarilah menyantap makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat seperti makanan laut yang mengandung banyak logam dan jenis jeroan. makanan yang mengandung kolesterol tinggi dapat menyumpat pembuluh darah menuju jantung yang menyebabkan jantung tidak mendapat pasokan darah yang cukup. kondisi ini akan memicu timbulnya angin duduk .

baca juga: cara mengatasi kolesterol tinggi

17. Karena kadar gula yang terlalu tinggi

Jagalah agar kadar gula dalam tubuh tidak melonjak naik dengan mengkonsumsi makan sehta yang tidak mengandung kolesterol jahat. Kadar gula yang sangat tinggi dapat melukai dan merusak jaringan dinding arteri dan menyumbat aliran darah menuju jantung.  Jika seseorang telah terkena diabetes selalulah berhati hati dalam memilih makanan . karena penyakit diabetes dapat menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan cepat , kondisi ini beresiko akan menimbulkan penyebab angin duduk datang secara mendadak.

baca juga: bahaya akibat gula darah rendah

Hal Lainnya Mengenai Angin Duduk

  • Angin duduk dapat menyerang segala usia dan terkadang datang secara mendadak yang pada sebagian orang dapat mengakibatkan kematian secar tiba tiba. Cepat atau lambatnya reaksi dari tubuh ketika terserang angin duduk sangatlah beragam dan berbeda beda karena disesuaikan dengan daya tahan tubuh dan kondisi ketahanan tubuhnya.
  • pada seseorang yang mudah jatuh sakit maka tubuhnya akan cepat merespon sebelum terserang angin duduk. tubuhnya akan segera memberi sinyal berupa masuk angin, perut kembung, kepala pusing, pegal pegal sekujur tubuh  dan timbul mual mual.
  • Pada orang orang yang yang memiliki riwayat penyakit jantung adalah sekelompok orang yang sangat rentan terserang angin duduk . angin duduk sering muncul ketika pembuluh darah tersumbat karena telah terjadi pembekuan darah di seputar area pembuluhnya. biasanya dokter akan menyarankan agar memakai obat pencegah pembekuan darah dari jenis obat Clopidogrel, Ticagrelor, Aspirin, statin, ivabradine atau Nicorandil.
  • Untuk mencegaha anda terserang angin duduk hanya dapat dicergah dengan menjalankan pola hidup yang sehat , misalnya mengkonsumsi makan sehat dan rajin berolahraga serta  menghindari stres yang berlebihan.

baca juga: pertolongan pertama serangan jantung

Catatan penting :

Bagi siapapun yang merasa tidak mempunyai penyakit jantung, penyakit gula atau memiliki kolesterol yang stabil bukan berarti anda tidak akan pernah terserang angin duduk jika anda mengabaikan pola hidup sehat.

Tetaplah berhati hati dalam mengkonsumsi makanan . Batasi pemakaian garam dan gula dalam makanan anda, ini demi kesehatan pembuluh darah dan jantung anda , semakin sehat jantung anda maka akan sulit tubuh terserang angin duduk.