7 Bahaya Jantung Bocor pada Orang Dewasa dan Anak

Semua organ tubuh yang ada di dalam manusia penting. Sayangnya tidak semua organ yang ada di dalam tubuh manusia itu penting atau vital. Hanya ada beberapa organ yang di anggap sangat penting. Tanpa keberadaannya, manusia tidak akan bisa hidup. Inilah yang di namakan dengan organ yang vital.

Pentingnya jantung untuk kehidupan

Jantung merupakan organ yang sangat vital. Tak pernah sedetikpun jantung berhenti bekerja. Apalagi jika sampai satu menit. Hanya orang mati saja, jantung yang sudah tidak bisa bekerja. Mengapa? Karena jantung adalah salah satu organ terpenting manusia, dan tak ada yang bisa menggantikannya.

Sayangnya tidak semua jantung manusia itu sehat. Ada beberapa orang yang mengalami jantung yang sakit. Salah satunya adalah bahaya jantung bocor. Ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Karena konsekuensi dari penyakit ini adalah kematian.

Tidak terlepas siapa saja bisa mengidap penyakit ini. Bukan Cuma orang dewasa saja, bahkan bayi yang berumur kurang dari satu tahun memiliki kemungkinan yang sama. Ini karena pengaruh dari faktor genetika seseorang. Biasanya jika adabayi yang mengalami gangguan ini, karena memang sejak kelahirannya ada kelainan dan kecacatan. Tapi tidak semua bayi mengidap dan berpotensi penyakit ini. Masih ada banyak kemungkinan lainnya yang menyebabkan bayi mengalami gengguan ini.

Apa yang di namakan dengan jantung bocor?

Jantung yang bocor merupakan suatu bentuk kelainan. Yakni pada bagian bilik jantung yang terdapat lubang. Padahal kondisi jantung yang normal, semuanya tertutup rapat tak ada celahnya. Namun kasus jantung bocor berbeda. Pada saat jantung bekerja untuk memompa darah ke depan, ada sebagian jumlah darah yang mengarah ke belakang. Ini karena ada katup yang tidak bisa menutup secara sempurna. Istilah jantung bocor ini juga biasa di sebut dengan regurgitasi katup.

Penyebab utama mengapa jantung yang harusnya tertutup rapat tadi bisa ada lubangnya belum di ketahui secara pasti. Namun berdasarkan refeerensi yang ada, hampir kurang lebih sekitar 90% menyebutkan bahwa adanya kelainan jantung bocor belum bisa di ketahui secara pasti. Karena ada beberapa faktor pendukung lainnya yang juga kuat berpotensi menyebabkan masalah ini. Misalnya adalah faktor lingkungan misalnya karena terinfeksi suatu hal yang memiliki frekuensi 3%. Sedangkan faktor keturunan atau biasa di kenal sebagai faktor genetika mencapa presentasi 7% sisanya.

Faktor eksternal jantung bocor

Faktor lingkungan atau adanya pengaruh dari suatu hal yang bisa menyebabkan manusia mengalami kelainan gangguan jantung bocor adalah karena bahaya merokok. Bukan hanya kebiasaan merokok dirinya, tapi juga semenjak menjadi janin yang masih berada dalam perut ibu.

Jadi yang merokok ibunya, pada saat kondisinya masih hamil. Sudah di jelaskan bahwa dalam kondisi hamil, wanita di larang mengkonsumsi alkohol dan rokok. Karena sangat berbahaya dan berpengaruh pada janin yang sedang di kandungnya. Tak terkecuali terkena gangguan kelainan jantung bocor.

Selain itu, ada faktor lingkungan lain yang juga memicu kelainan ini. Misalnya karena kebiasaan ibu hamil yang suka narkoba, baik terlarang seperti narkoba dan psikotropika maupun yang tidak di larang seperti yang di berikan oleh dokter. Tapi kebanyakan wanita malah mengkonsumsinya secara berlebihan. Bukan hanya membahayakan untuk dirinya, juga janin yang ada di dalam kandungannya. Hal ini berpotensi memicu adanya infeksi di dalam tubuh konsumen.

Sedangkan untuk orang dewasa yang terkena penyakit kelainan jantung bocor, hampir sama penyebabnya. Yakni karena adanya faktor lingkungan yang membuatnya seperti ini. Misalnya karena adanya kondisi kesehatan tertentu, yang mana membuat kondisi kesehatannya terganggu. Hal ini mengganggu aliran darah yang biasanya mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan otak terhambat.

  1. Kaki akan membengkak

Kadang kala penderita yang mengalami jantung bocor tidak mengerti kalau dirinya mengidap kelainan. Memang siapa yang bisa menebak apakah ia terkena kelainan penyakit dalam. Sayangnya penderita kelainan jantung bocor akan mengalami beberapa hal ini. Salah satunya adalah bengkaknya bagian kaki. Ini akan mengganggu kegiatan aktivitas anda.

  1. Mudah sesak napas

Selain itu, penderita yang mengalami masalah jantung juga terkena masalah pernapasan. Tak salah, karena memang letak jantung berdekatan dengan paru paru. Bahkan antara kerja jantung sangat berkolerasi dengan sistem pernapasan seseorang. Untuk itu, mereka yang mengalami masalah kelainan jantung bocor juga akan mengalami sesak napas. Walaupun mereka tidak mengadakan aktivitas atau kegiatan yang berat berat.

  1. Jantung lebih mudah berdetak cepat

Untuk mengerti bagaimana jantung bekerja pada diri anda, bisa di lihat dari detakannya. Pada orang normal, ketika dalam kondisi yang biasa saja, tak ada gangguan, hambatan, dan rangsangan, detak jantung akan biasa saja. Tapi bagi mereka yang mengalami masalah kelainan jantung bocor, detakkanya berbeda. Kadang berdetak cepat. Bahkan karena sedikit saja terkena hambatan atau sedikit sekali melakukan aktivitas, detak jantungnya langsung berubah cepat. Padahal itu ukuran biasa untuk orang normal

  1. Mengalami palpitasi

Tidak seperti orang normal biasanya. Penderita yang mengalami kelainan jantung bocor malah cenderung mengalami masalah palpitasi. Yakni merupakan jantung yang mudah sekali berdebar debar, padahal tidak ada sebab yang jelas dan pasti. Terkena angin sedikit saja, jantungnya langsung berdebar debar dan berdetak cepat. Inilah yang menyebabkan penderita masalah jantung apapun di anjurkan untuk selalu memakai pakaian yang hangat.

  1. Nafsu makan menurun

Penderita yang mengalami masalah gangguan jantung bocor bukan hanya terjadi pada anak anak karena faktor genetik atau keturunan.Tapi juga terjadi pada orang dewasa karena faktor lingkungan, misalnya karena masalah rokok, alkohol, dan over dosis obat obatan. Biasanya mereka akan mengalami masalah makan yang terganggu. Sehingga porsinya menurun, atau bahkan tidak mau makan. Ini menyebabkan berat badannya menurun drastis.


  1. Memiliki kandungan haemoglobin tinggi

Penderita masalah jantung yang bocor akan memiliki kandungan haemoglobin yang terlalu tinggi. jika keadaan normalnya, manusia hanya mampu sampai kandungan 14 saja. Beberapa orang yang mengalami gangguan akan melebihi itu, tapi rentangnya tidak jauh beda. Sedangkan penderita gangguan bahaya jantung bocor mangalami peningkatan kandungan haemoglobin yang tinggi. bahkan ada yang mencapai 20.

  1. Rentan terhadap penyakit

Pada umumnya, manusia memiliki tameng sendiri untuk melindungi dirinya dari penyakit. Meskipun penderita kelainan jantung bocor juga. Sayangnya tameng yang di miliki oleh penderita kelainan jantung bocor sangat tipis. Sehingga mereka sangat rentan terserang penyakit lain. Tak salah jika ada teman anda yang tiba tiba sangat mudah terserang penyakit, mudah lelah, dan jantungnya mudah berdebar debar padahal hanya hal sepele. Boleh jadi mereka adalah salah satu penderita jantung bocor. Perlu di periksakan pada dokter untuk kepastiannya.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung