7 Bahaya Jantung Bengkak dan Membesar

Memang jantung merupakan organ yang penting dan paling krusial. Bagaimana tidak, tubuh manusia bisa hidup, berdiri, dan bekerja juga karena kinerja dari jantung. Anda bisa tidur tenang, karena jantung. Anda bisa makan dengan nyaman, karena jantung. Semuanya adalah kerja keras jantung untuk menghidupi anda. bahkan satu menit pun, jantung tidak pernah meminta haknya untuk bisa tidur dengan nyenyak. Satu menit pun tak akan pernah.

Kerja jantung yang berat, tanpa pernah menuntut pemiliknya untuk beristirahat. Meskipun raga anda sakit panas, demam, dan lain sebagainya., jantung tetap bekerja seperti biasa. Kadang pula ia bekerja sedikit lebih keras dari biasanya. Misalnya ketika anda merasa ada yang aneh, perasaan tidak tenang. Maka jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Hal ini berkaitan dengan jantung yang memompa darah lebih cepat iramanya. Apakah hal ini baik? Tidak baik jika terus terusan. Sebab jantung akan cepat lelah.

Bukan beraarti anda tidak boleh merasakan detakan yang cepat. Detakkan yang keras dan berulang ulang, apalagi ketika anda bertemu dengan orang yang di sukai. Apa yang terjadi? Jantung berdetak lebih keras, rasanya berdegup kencang seperti mau lepas. Apakah perasaan ini enak? Iya, karena anda bisa merasakan kalau perasaan dan hati anda hidup. Tapi jika selama satu harian, 24 jam penuh anda merasakan jantung tetap berdetak kencang, merupakan gejala yang tidak aman. Boleh jadi anda malah mengidap gangguan.

Penyakit jantung bengkak, apakah itu?

Apakah maksud dari gangguan ini adalah jantung anda membesar? Lebih besar dari ukuran biasanya? Sehingga membuat tulang dada anda tidak muat untuk menampungnya? Atau jantung yang di miliki oleh anak anak, tapi membesar seperti tangan anda setelah di gigit serangga? Yang warnanya malah membiru dan membesar? Apakah seperti itu masalah sederhananya membengkak?

Bukan. Tentu saja masalah jantung membengkak berbeda dengan masalah inflamasi. Jika organ yang ada di luar mengalami inflamasi, bentukny lebih besar dari biasanya. Warnanya biru. Kadang ada nanahnya. Apakah di dalam jantung manusia terdapat nanah? Tentu saja tidak.

Jantung bengkak, bukan hanya fokus pada jantung saja

Ketika ada dokter menyebutkan bahwa pasiennya mengalami pembengkakan jantung, tentu bukan fokus pada jantungnya saja. Boleh jadi bagian klepnya, serambinya, biliknya dan lain sebagainya. yang di maksud dengan jantung bengkak adalah adanya kelainan otot yang membesar, dan membengkak.Jantung yang membengkak ini merupakan salah satu masalah yang serius. Sudah di ketahui, bahwa jantung adalah salah satu bagian tubuh yang vital.

Maka keberadaanya juga amat krusial bagi tubuh manusia. Ketika mengalami sedikit masalah saja, dampak yang di dapatkan juga sangat besar. Apalagi jantung menghubungkan banyak hal. Salah satunya sistem koordinasi atau sistem pusat dan juga penyebab dada sesak.

Bahaya jantung bengkak merupakan masalah yang harus segera di selesaikan. Jangan pernah menunda pengobatan jika sudah menyangkut dengan urusan jantung. Harus segera di atasi, agar bisa segera sembuh dan selesai. Memang sebahaya apakah jantung kita jika mengalami gangguan pembengkakan?

  1. Susah untuk bernapas

Jantung merupakan pusat atau bagian yang memainkan peranan penting dalam hal pernapasan. Mengapa? Karena udara yang masuk ke dalam tubuh, tidak bisa semuanya masuk ke dalam tubuh manusia. Namun hanya yang mengandung oksigen saja. Nah, kandungan oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan di pilih ke dalam paru paru. Kemudian bercampur bersama darah, yang mana akan di pilah dan di pilih oleh jantung. Manakah darah yang bersih, yang mengandung oksigen. Dan mana darah yang kotor, yang mengandung karbon dioksida.

Jika jantung ada masalah, seperti terjadi pembengkakan, maka akan ada hambatan pula dalam pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida. Untuk itulah penderita yang mengalami masalah jantung yang bengkak juga mengalami kesusahan saat bernapas.

  1. Menyebabkan rasa sakit di beberapa organ tubuh lainnya

Penyakit kelainan jantung bengkak akan menimbulkan efek yang panjang dan banyak. Karena ini berhubungan dengan darah, yang mana darah ini memasok ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia. Boleh jadi darah yang di gunakan tadi untuk memasok ke beberapa organ tubuh yang langsung bersinggungan dengan kontak dunia luar. Misalnya adalah organ bahu, siku, punggung, leher, dan lain sebagainya. maka pada bagian bagian ini akan terasa sakit dan nyeri luar biasa.

  1. Terjadi pembengkakan

Masalah jantung yang membangkak juga akan berimbas pada beberapa bagian tubuh lainnya. Misalnya adalah pada bagian kaki dan perut. Karena darah yang harusnya mengalir pada bagian tersebut terhambat. Atau bisa jadi karena ada penimbunan zat besi, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan.

  1. Nafsu makan menurun dari waktu ke waktu

Anda yang mengalami masalah kelainan jantung yang bengkak akan mengalami masalah makan. Salah satunya adalah masalah penurunan nafsu makan. Kian hari kian menurun. Hal ini di sebabkan karena penderita mengalami rasa mual yang amat sangat. Sehingga makanan yang masuk ke dalam perut, rasanya ingin di muntahkan saja.

  1. Bagian dada terasa panas

jantung letaknya berada di bagian dada sebelah kiri. Ia akan terus bekerja tiada henti. Otot yang mengalami pembengkakan juga terletak di sekitar jantung. Maka akan terasa sakit dan panas di bagian dada. Sama seprti ketika anda mengalami pembengkakan pada bagian tubuh yang ada di luar. Rasanya sakit dan panas juga, bukan? Jantung pun demikian.


  1. Batuk yang terus menerus

Sudah di jelaskan bahwa masalah jantung juga erat dengan masalah pernapasan. Maka tak salah ketika jantung anda bermasalah, sistem pernapasan juga ikut bermasalah. Salah satu dampaknya adalah anda mengalami batuk yang terus menerus. Bahkan batuk ini susah untuk sembuh. Karena setiap kali sembuh, akan kembali sakit lagi. sampai anda menyembuhkan masalah pembengkakan pada jantung anda terlebih dahulu.

  1. Terasa sakit ketika usai melakukan aktivitas

Jantung adalah bagian yang paling bekerja berat saat anda usai melakukan aktivitas. Entah itu berat atau ringan, jantung adalah organ dalam yang paling terasa kinerjanya. Maka ia akan berdetak lebih kencang. Karena kondisinya sedang tidak sehat, pekerjaannya juga 2 kali lebih berat. rasa sakit akan sangat terasa setelah melakukan aktivitas ini. Tak jarang kalau penderitanya sampai pusing dan sempoyongan. Jika sudah tidak kuat, mereka akan jatuh pingsan. 

Itulah beberapa bahaya jantung bengkak yang menimbulkan masalah kesehatan. Untuk itu mulai sekarang, jangan paksakan jantung anda. terus dan tetaplah mencintai jantung satu satunya yang anda miliki.

, , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung