18 Obat Jantung Bengkak Alami dan Medis Paling Ampuh

Jantung bengkak pasti sudah cukup sering terdengar di mana memang dokter pun biasanya akan menggunakan istilah awam yang lebih simpel ini untuk memberikan penjelasan diagnosa kepada pasien. Kardiomegali adalah istilah medis dari jantung bengkak yang menggambarkan bahwa ukuran jantung membesar dan ukurannya melebihi jantung normal. Untuk mengetahui keadaan secara detil, pemeriksaan rontgen sangat diperlukan.

Alasan mengapa organ jantung dapat membengkak adalah respon terhadap otot jantung yang rusak menimbulkannya. Jantung membengkak dapat dikarenakan longgarnya otot jantung sehingga terjadi pembesaran volume bilik jantung atau istilah lainnya adalah kardiomegali dilatasi. Namun jenis jantung bengkak yang kedua di mana juga berpotensi pula terjadi adalah pembengkakan karena penebalan otot jantung (hipertrofi).

Bahaya jantung bengkak cukup berisiko bila tak segera diobati dan gejala-gejala berikut inilah yang secara umum terjadi:

  • Nyeri di bagian dada.
  • Berat badan justru meningkat dikarenakan pembengkakan.
  • Sesak nafas (hal ini akan lebih dirasakan ketika sedang berbaring secara datar atau melakukan aktivitas normal).
  • Bengkak pada bagian kaki.
  • Jantung berdetak lebih kencang.
  • Tubuh terasa cepat lelah.

Ada beberapa obat jantung bengkak yang bisa Anda pertimbangkan apabila memang tak ingin mengambil jalur operasi. Baik obat secara alami maupun medis yang biasa diberikan oleh dokter dapat Anda lihat di bawah ini sebagai referensi. Walau sulit menyembuhkan jantung bengkak, berikut adalah obat-obat yang tak ada salahnya untuk dicoba.

(Baca juga: penyebab jantung bengkak)

1. Bawang Putih

Sudah tak perlu dipungkiri lagi bahwa bawang putih merupakan bumbu dapur dengan segudang manfaat baik bagi kesehatan. Meski ada efek samping bawang putih yang wajib diketahui dan juga diwaspadai, bumbu dapur ini tetap menjadi obat andalan yang alami untuk berbagai keluhan kesehatan.

Sifat anti-inflamasi di dalamnya begitu tinggi dan tak hanya itu saja karena ada juga senyawa allicin serta ajoene yang mampu mengobati pembesaran jantung. Ingat juga bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menjadi solusi pencegahan LDL tinggi. LDL yang tinggi merupakan akumulasi dari kolesterol jahat di dalam tubuh pemicu penyakit-penyakit kronis.

Bawang putih jugalah yang memiliki kemampuan dalam melancarkan peredaran darah yang sempat mengalami hambatan sehingga jantung bermasalah. Anda dapat menambahkan potongan-potongan bawang putih ke masakan Anda lebih banyak dari biasanya. Atau, bisa juga bawang putih dikonsumsi dengan langsung ditelan seperti minum obat atau mengunyahnya setiap hari asal tidak berlebihan.

2. Jus Lemon

Lemon adalah buah yang serbaguna dan menjadi buah yang mengandung vitamin C super tinggi, lemon ini mampu menjadi obat alami bagi hipertensi alias tekanan darah tinggi secara efektif. Jika Anda mengalami pembengkakan jantung, lemon akan sangat membantu dalam pemulihan dan perawatan kesehatan jantung Anda.

Ini karena lemon adalah buah yang bakal membantu dinding kapiler menjadi lebih kuat dengan mengurangi segala masalah yang disebabkan oleh pembengkakan jantung. Untuk menggunakannya, Anda bisa memeras 1 buah lemon ke dalam sebuah wadah mangkuk. Tambahkan dengan sedikit lada dan garam secukupnya, aduk-aduk hingga merata, lalu lanjutkan dengan meminumnya setiap hari sekali sehari.

(Baca juga: makanan yang baik untuk jantung bengkak)

3. Daun Mint

Ketika mendengar tentang daun mint, pasti yang ada di benak kita adalah daun yang rasanya pedas dan adem di mana dapat melegakan pernapasan serta tenggorokan. Perlu Anda tahu bahwa daun mint tak hanya berguna ketika Anda sedang mengalami sakit tenggorokan atau sesak napas saja.

Daun mint mempunyai kemampuan besar dalam mengontrol tekanan darah tinggi. Dengan kata lain, bagi Anda yang mengalami masalah jantung bengkak disebabkan oleh hipertensi bisa langsung menggunakan daun mint sebagai obat alami. Jika ingin lebih sederhana, gunakanlah daun mint kering yang sudah dijadikan bubuk, lalu tambah air dan aduk-aduk. Setiap harinya konsumsilah sebanyak 2 sendok teh.

4. Teh Hijau

Dalam mengatur kadar kolesterol, teh hijau sangat bisa Anda andalkan dengan baik karena kandungan sifat antioksidannya yang begitu tinggi. Teh hijau adalah bahan alami yang aman dalam mengusir serta mengeluarkan racun berbahaya di dalam tubuh. Inilah yang turut membantu supaya kesehatan jantung terjaga dengan baik dan mampu meningkat.

Caranya sangat sederhana, yakni dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur yang bisa akan mampu menjadi penurun tekanan darah tinggi juga. Teh hijau yang Anda buat dapat juga ditambah dengan jahe yang sudah dicincang serta gula secukupnya. Minumlah setiap hari secara teratur untuk juga membuat Anda yang berkutat dengan obesitas dapat menurunkan berat badan.

(Baca juga: penyebab jantung sering nyeri)

5. Mengkudu

Bila Anda adalah seorang penderita jantung bengkak dan menginginkan obat yang sederhana dan alami supaya terhindar dari efek samping berbahaya, mengkudu bisa menjadi solusinya. Ada senyawa flavonoid yang juga diketahui ada di dalam buah mengkudu selain dari kandungan mineral makronya.

Apa itu mineral makro? Mineral makro meliputi sulfur, natrium, magnesium, kalium, fosfor, serta kalsium berikut juga dengan vitamin kompleks. Untuk menggunakannya, Anda cukup menyiapkan 2 buah mengkudu dan juga air 1000 ml. Lalu jangan lupa untuk memotong-motong mengkudu lebih dulu sebelum merebus buah ini.

Setelah selesai merebus, Anda dapat menyaringnya sebelum kemudian Anda minum minimal sebanyak 200 ml setiap harinya. Ketahui bahwa mengkudu pun dapat menyelamatkan jantung Anda dengan cara memperkuat otot dan juga katup jantung. Asalkan jangan berlebihan, mengkudu tak akan memberikan efek samping berbahaya dan justru darah akan secara lebih lancar mengirimkan oksigen ke seluruh organ tubuh Anda.

6. Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa sudah terdengar di mana-mana akan khasiatnya yang sangat besar, jadi memang tak salah bila Anda memilih buah ini untuk mengatasi jantung bengkak. Mahkota dewa memang bukanlah jenis buah yang bisa dikonsumsi secara langsung. Anda perlu mengolahnya terlebih dulu untuk menikmatinya dan pengolahannya pun tak begitu sulit.

Kandungan senyawa minyak atsiri, flavin dan juga terpenoid di dalam buah inilah yang sangat berkhasiat dalam membuat otot jantung lebih kuat ketika berkontraksi. Kandungan senyawa itu jugalah yang bakal membuat endapan kolesterol terluruhkan secara alami. Bahkan sampai dengan kalium yang menggumpal pada dinding pembuluh darah juga akan ikut luntur.

Pada buah ini juga kaya akan kandungan vitamin serta mineral yang bagus dimanfaatkan sebagai obat jantung bengkak. Anda hanya perlu mencuci lebih dulu mahkota dewa yang sudah disediakan, lalu haluskanlah. Lanjutkan dengan merebusnya bersama air sebanyak 400 ml, dan setelah diangkat Anda dapat menyaringnya.

Setelah selesai disaring, air sari atau air rebusan mahkota dewa dapat Anda konsumsi 2 kali sehari sebanyak 50 ml masing-masing. Atau untuk alternatifnya, Anda bisa mengeringkan lebih dulu buah mahkota dewa untuk setelah itu diseduh bersama air hangat secukupnya. Teh mahkota dewa pun sudah jadi dan siap untuk Anda nikmati yang sebaiknya diminum setiap hari.

(Baca juga: gejala penyakit jantung)

7. Wortel

Jika Anda mendengar tentang wortel, pasti yang ada di benak Anda adalah jenis sayuran ini adalah untuk kesehatan mata. Tapi Anda jangan ragu untuk menggunakannya sebagai obat jantung bengkak alami. Kaya akan vitamin dan mineral, wortel ini adalah bahan makanan yang bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehari-hari Anda.

Antioksidan di dalam sayur ini sangat besar, diikuti dengan kandungan tinggi zat prebiotik sehingga mampu diandalkan dalam membasmi bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Mineral dan vitamin di dalam wortel terbukti dapat mendukung proses regenerasi sel otot jantung. Bahkan lemak yang menjadi plak di dalam pembuluh darah juga akan ikut terluruhkan.

Saat jantung mengalami pembengkakan, makanan yang mengandung vitamin A super tinggi ini dapat diambil sarinya dengan memeras sekitar 3-5 buah wortel yang sudah Anda parut lebih dulu. Air sari wortel itulah yang dapat dikonsumsi sehari 2 kali karena mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Ketika daya tahan tubuh stabil, akan lebih terkendali juga kontraksi otot jantung Anda.

Hanya saja, Anda perlu ingat bahwa saat meminum air perasan wortel ini, tak usah menambah dengan air hangat ataupun pemanis semacam gula atau madu. Justru dengan penambahan bahan-bahan tersebut malah bakal menurunkan keefektifan dari senyawa yang ada dalam wortel. Minumlah secara langsung tanpa Anda perlu tambah dengan bahan lainnya.

8. Sirih Merah

Untuk rekomendasi bahan herbal lainnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat jantung bengkak adalah sirih merah. Daun ini memiliki kandungan baik yang sangat kaya, seperti misalnya vitamin, mineral, alkaloid, serta antioksidan flavonoid. Senyawa-senyawa itu adalah yang terbaik dalam mendukung proses metabolisme protein agar jauh lebih baik.

Proses metabolisme protein di dalam tubuh adalah sebuah proses untuk menyediakan bahan untuk regenerasi katup jantung dan sel otot yang sudah mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa saja disebabkan oleh endapan lemak atau faktor serius lainnya. Tubuh juga akan jauh lebih bugar dan segar ketika mengonsumsi sirih merah dengan komponen vitamin lengkapnya.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menyediakan daun sirih merah 10 lembar saja ditambah juga dengan madu sesuai kebutuhan Anda. Rebuslah lebih dulu daun sirih merah tadi yang telah dicuci bersih bersama dengan 800 ml air hingga tersisa separuhnya. Minumlah sehari 2 kali air rebusan tersebut yang sudah ditambah madu masing-masing 200 ml.

Alternatifnya, Anda juga bisa dan sah-sah saja menambahkan bahan lain yang sama efektifnya untuk mengatasi jantung bengkak. Tambahkanlah daun meniran bila perlu, tapi daun sirih merahnya harus 2 kali lebih banyak. Campurkan juga bersama dengan daun kumis kucing, kayu manis maupun lidah buaya secukupnya.

(Baca juga: ciri-ciri penyakit jantung)

9. Kunyit

Rempah satu ini sangat baik untuk kesehatan karena komponen utama yang terkandung di dalamnya adalah kurkumin. Kurkumin ini terbukti sangat baik untuk jantung, jadi Anda bisa menggunakannya untuk mengobati jantung yang tengah membengkak. Pembesaran jantung ini sebetulnya akan ditangani oleh allicin, kandungan pada kurkumin yang berkhasiat besar.

Dalam membuat fungsi jantung kembali normal dan jauh lebih baik, allicin itulah yang sangat penting untuk tubuh dapatkan. Untuk perawatan rumah terbaik, kunyit inilah salah satunya dengan cara mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan lada hitam yang sudah dihancurkan. Konsumsilah campuran bahan tersebut sehari 3 kali dengan menambahkannya ke santapan Anda atau minuman teh.

10. Bawang Merah

Meski juga diketahui adanya efek samping bawang merah, bumbu dapur satu ini memiliki banyak manfaat yang bahkan para penderita jantung bengkak dapat mengandalkannya. Bawang merah mampu mengurangi inflamasi atau peradangan serta mencegah infeksi pada tubuh. Bahkan dengan senyawa kromiumnya, penderita gula darah tinggi juga bisa memakai bawang merah sebagai obat.

Untuk jantung yang membengkak, bawang merah ini bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam masakan. Bahkan Anda pun mampu mengonsumsi jus bawang merahnya saja setiap pagi dengan cara melumatkannya lalu diambil sarinya. Segala ciri-ciri jantung bengkak yang sudah mulai kelihatan bakal dapat dicegah dari kondisi komplikasi.

(Baca juga: perbedaan sakit jantung dan gerd)


11. Asparagus

Asparagus merupakan bahan alami juga yang dapat digunakan ketika jantung mulai membengkak dan Anda butuh solusi herbal. Otot-otot jantung bakal menjadi lemah saat pembesaran jantung terjadi dan asparagus ini adalah bahan yang baik untuk menguatkan otot jantung. Bahkan dengan mengonsumsinya, komplikasi lebih lanjut bakal dapat Anda cegah dengan baik.

Ambil saja ekstrak jus segar dari asparagus ini, lalu Anda bisa mengonsumsinya setelah dicampurkan dengan madu murni. Tonik untuk jantung ini bisa diminum sehari 3 kali, tapi juga bisa mengonsumsi asparagus dengan cara lain. Kukuslah asparagus bila ingin cara alternatifnya; makanlah setiap hari untuk jantung menjadi pulih dengan cepat.

12. Madu

Antioksidan di dalam madu sangat tinggi, begitu juga sifat antibakterinya sehingga tak salah bila banyak orang memilih madu sebagai obat berbagai macam penyakit. Madu sendiri sangat gampang dijumpai, tapi pastikan bahwa yang Anda beli merupakan madu murni. Segala jenis penyakit kardiovaskular dapat dicegah dengan baik hanya dengan mengonsumsi obat alami satu ini.

Jadi bila Anda bertanya-tanya apakah madu murni bisa mengobati jantung bengkak, jawabannya adalah ya. Setiap harinya, Anda perlu secara rutin mengonsumsi beberapa sendok teh madu supaya sirkulasi darah dapat meningkat dan otot jantung menjadi jauh lebih kuat. Gejala jantung bengkak seperti detak yang lebih cepat juga bisa diatasi dengan minum 1 sendok makan madu sesudah makan.

(Baca juga: penyebab penyakit jantung)

Obat Jantung Bengkak dari Dokter

Kalau kita sudah membahas dan melihat satu per satu bahan-bahan alami yang bisa dijadikan obat herbal untuk jantung bengkak, obat jantung dari dokter pun jangan terlewatkan. Ada beberapa jenis obat yang biasanya dokter resepkan bagi penderita pembengkakan jantung dengan efektivitas yang cukup tinggi.

  1. Diuretik – Dengan fungsi sebagai penurun jumlah natrium serta cairan/air di dalam tubuh, obat ini kerap diresepkan oleh dokter. Obat ini mampu membuat tekanan darah yang semula tinggi menjadi turun dan lebih rendah. Dengan demikian, kinerja dan beban jantung dapat berkurang juga.
  2. Antikoagulan – Penggumpalan darah bisa saja menjadi awal pembengkakan atau masalah jantung. Obat inilah yang bakal diberikan dokter sebagai pengurang risiko tersebut di mana darah yang menggumpal dapat memicu stroke atau serangan jantung juga.
  3. Digoxin – Dokter biasanya meresepkan obat ini untuk membantu supaya proses pemompaan jantung serta kinerjanya lebih meningkat.
  4. ARB atau Angiotensin Receptor Blocker – Ini biasanya dijadikan sebagai alternatif dari ACE jika pasien jantung bengkak tidaklah dapat mengonsumsi ACE inhibitor yang disebabkan oleh fkator alergi. Tujuan pemberian obat ini adalah sebagai penurun tekanan darah dan melancarkan kinerja jantung dalam memompa.
  5. ACE atau Angiotensin-converting Enzyme Inhibitor – Tugas utama dari obat ini adalah untuk membuat kemampuan pemompaan jantung lebih baik dan tekanan darah tinggi dapat menurun.
  6. Beta blockers – Dokter akan meresepkan obat ini supaya tekanan darah yang tinggi dapat kembali normal dan stabil. Fungsi jantung yang tadinya sudah cukup terganggu pun akan kembali ditingkatkan.

(Baca juga: gejala gagal jantung)

Baik itu obat jantung bengkak herbal maupun medis, kiranya rekomendasi dan sedikit ulasan tersebut mampu membantu Anda menentukan mana yang baik untuk perawatan kesehatan jantung Anda.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung