10 Penyebab Jantung Sering Nyeri dan Sakit

Dada terasa nyeri atau sakit ini dikarenakan ada kesalahan pada jantung, terkadang dada sering merasa sakit karena jantung sering merasa nyeri. Meskipun hal itu bukan sepenuhnya kesalahan jantung, tetapi memang karena ada gangguan pada jantung sehingga dada merasakan nyeri. Dengan demikian, ketika jantung mulai terasa nyeri harus mengetahui bagaimana cara menanganinya. Selain itu, tahu apa saja yang menjadi penyebab jantung sering nyeri itu, diantaranya sebagai berikut :

  1. Kondisi Jantung lemah

Jantung lemah sangat mengaggu terutama pada kesehatan tubuh manusia, sudah diketahui bahwa jantung adalah tempat dimana dia bekerja memompa darah keseluruh tubuh, ketika jantung tidak dapat bekerja dengan normal tentu akan membuat tubuh menjadi lemas atau bahkan hal-hal lainnya, selain jantung lemah membuat penderitanya merasa lemas hal tersebut membuat para penderita jantung lemah sering merasa nyeri pada jantung yang sering dirasakan nyeri pada dada. ada beberapa kondisi jantung yang perlu diketahui agar tidak semakin parah diantaranya

  1. Adanya penyumbatan pembuluh darah

Ketika terjadi penyumbatan pembuluh darah biasanya akan ditunjukan dengan tanda-tanda seperti berkeringat, sesak nafas, rasa lelah yang berlebihan dan mual pada perut. hal ini dapat terjadi karena adanya penurunan aliran darah karena penyumbatan pembuluh darah, penyumbatan inipun menyebabkan otot-otot pada sel jantung mati dan tidak berfungsi, sehingga menyebabkan rasa nyeri pada jantung yang juga dirasakan nyeri bagian dada.

  1. Adanya kematian sel-sel otot pada jantung

Kematian pada sal-sel otot pada jantung pasti membuat jantung menjadi nyeri, karena pada dasarnya otot-otot itulah yang membantu jantung memompa darah hingga diedarkan keseluruh tubuh, jika otot-otot mengalami kematian maka jantung akan sulit untuk bekerja, itulah sebabnya jantung sering merasa nyeri, karena pada dasarnya bagian otot yang masih mampu bekrja akan bekerja lebih keras dan menyebabkan mudah merasa lelah. Bahkan hal ini jika tidak segera ditangani menyebabkan penyakit yang mematikan.

  1. Peradangan pada jantung

Peradangan ini biasa terjadi pada miokardium dimana itu merupakan bagian lapisan tengah dinding jantung, hal ini biasanya dikaraenakan infeksi virus, perdandan ini tentu akan mengaggu proses jantung dalam memompa darah, sehingga hal ini akan membuat jantung merasakan nyeri.

  1. Terjadi lonjakan darah

Rasa nyeri pada jantung salah satunya disebabkan karena adanya lonjakan darah pada arteri utama sehingga bagian tengah aorta pecah dan terpisah, sehingga akan menjadi keadaan yang berbahaya untuk jantung, meskipun biasanya halini terjadi pada pria yang memiliki usia kisaran 60 sampai dengan 70 tahun tetapi bukan tidak mungkin akan terjadi pada pria muda pula. Penyakit ini biasa menimbulakan gejala seperti sakit dada seara tiba-tiba, nyeri pada punggung dan menurunya kesadaran.

  1. Pembengkakan pada perikadium

Ketika perikadium mengalami pembengkakan maka akan penyebabkan nyeri pada jantung yang akan diraskan pada dada, seingga dada pada sisi kiri akan merasakan nyeri tiba-tiba, bahkan salah satu dari gejala ini adalah sesak nafas satt berbaring, tak hanya itu gejala yang ditimbulkan dari penyebab jantung nyeri ini seperti batuk, dan jantung berdebar-debar.

  1. Terlalu banyak merokok/asap rokok

Asam rokok akan mengaggu pernafasan, padahal pernafasan yangmembawa oksigen kedalam darah, dan oksigen itulah yang akan dibawa darah keseluruh tubuh sehingga tubuh dapat menjadi sehat dan bugar, namun ketika banyak merokok dan menghirup asap rokok tentu akan menyebabkan dada menjadi nyeri dan sakit.

  1. Kelelahan otot

Biasanya orang yang banyak aktivitas dan merasa cepat lelah yang berlebih akan mengalami nyeri pada dada pula, hal ini disebabkan karena ketika aktivitas terlalu banyak dan tidak istirahat itu artinya tidak memberi kesempatan pada jantung beristirahat memompa darah secara cepat, dalam artian jantung lebih bagus memompa darah pada saat tubuh tidak banyak aktivitas.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi kolesterol

Kolesterol sama pula, ia menjadi penyebab terjadinya nyeri pada bagian jantung, karena kolesterol jahat akan mengaggu jantung sehingga tidak dapat bekerja dengan normal.

    10. Kurang air putih

air putih sangat dibutuhkan disetiap moment, terutama untuk kesehatan jantung, karena jantung juga membutuhkan kandungan mineral untuk mempermudah otot-otot pada jantung memompa darah keseluruh tubuh. Jika tidak demikian otot akan kesulitan dan akan membuat jantung merasa nyeri karena bekerja berat. meskipun air putih baik tetapi tidak boleh terlalu banyak dalam mengkonsumsinya karena bahaya akibat terlalu banyak minum air putih juga harus dihindari meskipun sebenarnya air putih dapat digunakan untuk terapi air putih

Itulah penyebab mengapa jantung sering meraskan sakit, terkadang jantung sakit dibiarkan begitu saja, hanya mengap hal sepele, padahal ini merupakan hal yang serius yang juga perlu untuk diperhatikan. Agar kondisi jantung tetap sehat dan tetap terjaga. Pada dasarnya ketika jantung sudah merasa nyeri ini berarti menunjukan kondisi jantung mulai melemah, dengan demikian harus mengkonsumsi  makanan sehat untuk jantung dan melakukan hal-hal yang baik untuk kesehatan jantung.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung