5 Cara Memperkuat Otot Jantung Dengan Makan Sehat

Cara memperkuat otot jantung ini tentu akan sangat diperlukan oleh anda yang saat ini terkena penyakit lemah jantung. Jantung memang merupakan salah satu organ vital yang harus selalu dijaga kesehatanya. Untuk itu bagi beberapa penderita jantung lemah, dokter selalu menyarankan agar sering beraktivitas ringan dan tidak memaksakan untuk beraktivitas yang berat.

Aktivitas berat sangat dilarang bagi anda yang memiliki jantung lemah. Hal ini dikarenakan orang dengan jantung lemah akan lebih mudah lelah karena asupan darah ke tubuh tidak optimal. Sehingga transfer oksigen dan juga sari makanan tidak secepat pada orang dengan jantung yang normal.

Bagi anda yang memiliki ciri ciri jantung lemah seperti asma dan tangan berkeringat. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ada beberapa cara memperkuat otot jantung sehingga jantung anda bisa kembali normal. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit dalam sehari. Olahraga ringan yang bisa anda pilih adalah senam, yoga, jalan kaki, atau jogging di pagi hari.

Tetapi bagi anda yang malas berolahraga, anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara memperkuat otot jantung tanpa olahraga yakni dengan memanfaatkan beberapa makanan yang menyehatkan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menguatkan otot jantung.

  1. Ikan Salmon dan Ikan Tuna

Kedua ikan di atas adalah ikan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ikan salmon dan ikan tuna memiliki banyak sekali kandungan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi serta melancarkan peredaran darah. Selain manfaat tersebut, ikan salmon serta ikan tuna juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat baik untuk regenerasi dan pertumbuhan sel otot jantung sehingga jantung bisa lebih sehat dan lebih kuat.

  1. Kacang Almond dan Kacang Kenari

Kacang kacangan merupakan salah satu famili tumbuhan yang memang memiliki banyak sekali manfaat dalam kesehatan. Namun untuk jantung, kacang yang paling baik untuk dikonsumsi adalah kacang almond dan kacang kenari. Selain bisa dimanfaatkan untuk menguatkan otot jantung, kedua kacang ini juga sangat membantu dalam pengobatan orang dengan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kedua kacang tersebut memiliki senyawa yang bersifat sebagai antioksidan sehingga bisa mempercepat proses regenerasi sel jantung.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan modern yang memang dibuat secara khusus untuk anda yang menginginkan kesehatan jantung. Saat ini ada banyak sekali merk produk olahan yang berbahan dasar oatmeal. Oatmeal ini memang mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, serta membantu memperkuat otot jantung. Dengan konsumsi oatmeal yang teratur, maka otot jantung akan menjadi semakin kuat.

  1. Sayur bayam

Bayam adalah sayuran yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bayam memiliki kandungan kalium yang tinggi serta kandungan natrium yang rendah. Selain itu bayam juga memiliki kandungan folat yang baik untuk ibu hamil serta bisa membantu melancarkan peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lancar, tentu jantung tidak akan berat ketika memompa darah sehingga bisa menurunkan kinerja otot jantung. Dengan kinerja yang normal, tentu otot jantung akan semakin fleksibel dan tidak mudah lelah.

  1. Bawang putih

Bawang putih atau garlic adalah salah satu bumbu masak yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan senyawa allin dan allicin dalam bawang putih sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah serta mengurangi potensi arteriosclerosis di dalam pembuluh darah. Dengan peredaran darah yang normal, tentu jantung tidak akan bekerja terlalu berat, sehingga kesehatan otot jantung akan tetap baik.

Demikian 5 cara memperkuat otot jantung yang bisa kita dapatkan dari makanan. Selain makanan yang sehat dan olahraga, tentu anda juga harus menghilangkan kebiasaan yang tidak sehat bagi jantung seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Semoga bermanfaat.

, ,