Home Tips Kesehatan 16 Penyebab Keringat Berlebihan di Wajah dan Cara Mengatasinya

16 Penyebab Keringat Berlebihan di Wajah dan Cara Mengatasinya

by Lia Yuliana

Keringat berlebih apa yang sering disebut dengan hiperhidrosis adalah suatu keadaan dimana seseorang memiliki keringat yang sangat banyak atau yang berlebihan tidak seperti normalnya seseorang. Meskipun dalam keadaan suhu yang tidak panas ataupun dalam keadaan seseorang tidak habis melakukan olahraga seseorang yang memiliki kelainan keringat berlebih tetap akan mengeluarkan keringat. Banyaknya keringat yang keluar dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, atau bahkan bisa berpengaruh buruk terhadap hidup seseorang Misalnya saja seseorang bisa merasa malu Yang berlebih karena memiliki keringat yang berlebihan merasakan stress depresi ataupun merasakan gelisah. Kelebihan keringat terutama kelebihan keringat pada wajah disebabkan karena beberapa faktor berikut faktor-faktor  Penyebab Keringat Berlebihan di Wajah . (Baca Juga: Pencegahan Biang Keringat , Keringat Berlebih)

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Keringat Berlebih

  1. Pola makan yang tidak seimbang

Pola makan yang tidak seimbang menjadikan salah satu faktor wajah menjadi banyak berkeringat, sehingga wajah menjadi berminyak. Agar anda wajah yang berminyak makalah pola makan yang seimbang dan biasakan hidup sehat. Adapula daftar contoh menu makan sehat sehari-hari (Baca Juga: Penyebab Tangan Selalu Basah Berkeringat)

  1. Pola hidup yang tidak teratur

Pola hidup sangat mempengaruhi tubuh kita, pola hidup yang tidak teratur akan menyebabkan berbagai penyakit bersarang dalam tubuh kita. Untuk itu biasakanlah ciri pola hidup yang teratur dengan cara berpola hidup yang sehat, supaya diri kita terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan. baca juga : gaya hidup sehat agar awet muda , Cara Cepat Gemuk dan Sehat)

  1. Kekurangan nutrisi pada tubuh

Untuk menjaga keseimbangan tubuh kita memerlukan banyak nutrisi baik untuk wajah ataupun bagian-bagian lain. Untuk itu maka sangat penting dalam mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh kita. (baca juga : kebutuhan nutrisi manusia berdasarkan akg resmi , Penyebab Malnutrisi)

  1. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat terjadi ketika seseorang dalam masa pubertas atau seseorang sedang hamil hal tersebut dapat menyebabkan seseorang mengeluarkan minyak yang berlebih. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Hormon Serotonin)

  1. Kurangnya mengkonsumsi vitamin

Mengkonsumsi vitamin yang cukup juga sangat diperlukan untuk tubuh kita, untuk itu agar wajah kita terhindar dari keringat yang berlebih yang menyebabkan wajah menjadi berminyak maka perlunya mengkonsumsi vitamin salah satunya adalah dengan mengkonsumsi vitamin C. (baca juga : akibat kekurangan vitamin)

  1. Adanya radikal bebas

Radikal bebas mudah sekali kita temui di mana saja salah satu contoh radikal bebas adalah asap kendaraan asap rokok asap pabrik dan juga solusi polusi lainnya radikal bebas tersebut menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya keringat berlebih pada wajah yang menyebabkan wajah menjadi berminyak. (Baca Juga: Khasiat Asam Jawa  , Cara Melancarkan Peredaran Darah)

  1. Disebabkan karena pemakaian kosmetik

Wanita sangat erat kaitanya dengan kosmetik untuk itu bagi anda yang sering menggunakan kosmetik harus berhati-hati dalam memilih kosmetik sebab jika Anda memilih kosmetik yang banyak mengandung merkuri dan juga asam salisilat, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada wajah sehingga wajah anda menjadi lebih sering mengeluarkan keringat wajah dan anda menggunakan kosmetik tersebut dalam jangka waktu yang panjang hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah sehingga wajah mudah mengeluarkan keringat. Wajah yang mengeluarkan keringat yang banyak dapat menyebabkan wajah terlihat berminyak. (Baca Juga: Bahaya Merkuri Pada Kosmetik , Ciri Ciri Mata Tidak Sehat )

  1. Adanya ketidakseimbangan

Adanya ketidakseimbangan pada tubuh juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya keringat berlebih pada wajah, agar anda dapat terhindar dari keringat berlebih pada wajah maka tetaplah menjaga keseimbangan tubuh anda. Menjaga keseimbangan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai hal Salah satunya adalah dengan berolahraga Yoga. (Baca Juga: Penyakit Akibat Kekurangan Serat , Ciri Ciri Penyakit Autoimun)

  1. Terlalu stress

Merasa terlalu Stress atau memiliki banyak pikiran bisa juga menjadi salah satu faktor seseorang memiliki keringat berlebih pada wajah. Untuk itu bagi anda yang memiliki banyak kegiatan atau banyak juga maka hindarkanlah rasa stres itu pada diri Anda agar diri Anda juga terhindar dari rasa stres yang terlalu berlebihan. Dengan menghindari rasa stress yang berlebihan Andai juga dapat terhindar dari munculnya keringat yang berlebihan pada wajah. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres Pikiran , Cara Menghilangkan Stres Belajar)

  1. Disebabkan karena faktor keturunan

Penyebab keringat berlebih juga dapat disebabkan karena adanya faktor keturunan, Jadi jika anda termasuk salah satu anak yang  Ayah atau Ibu anda memiliki keringat yang berlebih maka anda juga dapat memiliki keringat yang berlebih tersebut. Untuk keringat yang bersih karena disebabkan oleh faktor keturunan biasanya tidak bisa disembuhkan. Sebab hal tersebut sudah menjadi keturunan dari orang tua. (Baca Juga: Diabetes Penyakit Keturunan )

  1. Kurangnya ketenangan pada saat beraktivitas

Saat anda sedang beraktivitas baik itu dalam kantor ataupun dalam lingkungan lain ketenangan sangatlah diperlukan. Salah satu contoh pada aktivitas dalam kantor yang menyebabkan keringat berlebih adalah saat seseorang dipanggil atasan dan seseorang tersebut merasa panik sehingga seseorang tersebut kehilangan akan keterangannya hal tersebut dapat menyebabkan keringat berlebih baik pada wajah maupun pada bagian-bagian lainnya.

  1. Disebabkan karena memiliki penyakit diabetes

Seseorang yang memiliki penyakit diabetes biasanya juga akan mengeluarkan keringat yang berlebih pada wajah, bagi Anda yang memiliki agar tidak terjadi berbagai komplikasi-komplikasi lainnya karena keringat berlebih pada wajah untuk itu disarankan bagi anda agar segera mengobati penyakit tersebut. (Baca Juga: Kebiasaan Penyebab Diabetes)

  1. Disebabkan karena memiliki penyakit jantung

Seseorang yang memiliki gangguan penyakit jantung biasanya juga akan mudah mengeluarkan keringat tidak hanya pada tangan namun seseorang yang memiliki penyakit dan biasanya juga akan keringat berlebih pada wajah. Ada juga ciri-ciri jantung sehat yang perlu anda ketahui agar tidak penyakit jantung.

  1. Memiliki gangguan kecemasan

Seseorang yang memiliki gangguan kecemasan yang berlebih pasti akan mengeluarkan keringat yang berlebih pula, sebab biasanya tanda seseorang cemas bisa dilihat dari keringat yang bermunculan. Tidak hanya pada wajah ternyata seseorang yang memiliki gangguan kecemasan akan mengeluarkan keringat pada tubuh juga. Untuk itu bagi Anda yang memiliki gangguan kecemasan segera mengatasinya dengan merileksasikan diri agar anda dapat lebih rileks. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Gelisah)

  1. Monopouse

Seseorang yang sudah mengalami Monopouse pasti sangatlah mudah untuk mengeluarkan keringat. Sebab kestabilan tubuh sudah tidak stabil.

  1. Peningkatan suhu

Suhu yang meningkat atau perubahan suhu dapat menyebabkan produksi keringat yang ada pada tubuh kita menjadi meningkat, biasanya produksi keringat akan meningkat pada saat kondisi atau suhu panas. Adanya keringat berlebih pada wajah dapat menjadi salah satu pemicu wajah menjadi berminyak sehingga perlunya melakukan perawatan pada wajah agar wajah tetap terjaga kecantikannya. (Baca Juga: Penularan Hepatitis Lewat Keringat)

Itulah beberapa faktor faktor yang dapat menyebabkan terjadinya keringat berlebih pada wajah anda. Selain faktor faktor penyebab keringat berlebih pada wajah, keringat berlebihan dapat menyebabkan waktu itu ada beberapa cara untuk mengatasi agar wajah tidak berminyak yang disebabkan karena kelebihan keringat pada wajah, Adapun beberapa cara untuk mengatasi wajah berminyak adalah:

Mengatasi Wajah Berminyak

  1. Menggunakan masker lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang dapat digunakan untuk masker wajah. Di dalam lemon mengandung vitamin C yang dapat digunakan untuk merawat wajah cara menggunakannya adalah dengan mencampur mencampurkan perasan jeruk lemon dengan madu setelah itu salah salah pada wajah dan juga leher untuk hasil yang maksimal diamkanlah selama 15 menit setelah itu bilaslah dengan air yang bersih. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung)

  1. Menggunakan masker pepaya

Pepaya juga dapat digunakan untuk masker wajah dan mengurangi minyak pada wajah, pepaya memang sudah dikenal untuk perawatan kulit terutama perawatan kulit pada wajah. Selain mengurangi minyak pada wajah khasiat daun Pepaya juga digunakan untuk mencerahkan wajah. (Baca Juga: Cara Mempercepat Menstruasi )

  1. Menggunakan masker bengkoang

Hanya dengan pepaya untuk mengurangi minyak pada wajah selain itu juga dapat digunakan untuk mencerahkan wajah.

  1. Menggunakan putih telur

Cara menggunakan putih telur untuk masalah dengan cara mengoles pada wajah anda, untuk hasil yang maksimal 15 sampai 20 menit setelah itu bilas dengan air. (Baca Juga: Obat Tradisional Alergi Telur)

  1. Membasuh wajah dengan air hangat

Yang paling mudah dan tidak mengeluarkan biaya banyak adalah dengan cara membasuh wajah dengan air hangat. Membasuh wajah dengan air dapat mengurangi minyak yang ada pada wajah yang disebabkan karena keringat yang berlebih. (Baca Juga: Khasiat Minum Air Hangat Setelah Makan)

  1. Menggunakan masker alpukat

Selain rasanya yang nikmat dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan ternyata buah alpukat juga dapat digunakan untuk masker wajah. Alpukat sangatlah efektif untuk penyerapan minyak, caranya adalah dengan mengoleskan alpukat yang sudah dihaluskan pada wajah anda selalu untuk hasil yang maksimal diamkan lah selama 10 sampai 15 menit setelah itu bilaslah dengan air hangat. (Baca Juga: Khasiat Biji Alpukat )

  1. Menggunakan masker mentimun

Mentimun juga memiliki manfaat manfaat lain namun mentimun juga dapat digunakan untuk masker wajah. Mentimun sangat efektif untuk mengurangi kulit berminyak, cara menggunakannya adalah dengan membeli Anda mentimun atau menghaluskan mentimun lalu oleh karena pada wajah jika anda tidak memiliki Belanda maka anda bisa memotong mentimun secara tipis-tipis untuk hasil yang maksimal diamkan lah selama setengah jam Setelah itu basuhlah dengan air hangat. (Baca Juga: Khasiat Timun , Cara Mengobati Encok Ditangan)

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan keringat berlebih pada wajah dan juga cara mengatasi agar wajah tidak memiliki keringat yang berlebih. Untuk menghindari berbagai penyakit atau kelainan-kelainan tertentu maka gas akan pola hidup yang sehat sehingga kita akan memperoleh hidup yang nyaman dan tentunya lebih sehat.

 

You may also like