7 Penyebab Tangan Selalu Basah Berkeringat

3013

Pernahkan anda mengalami masalah tangan yang basah ? Hal ini karena  penyebab tangan sering basah berkeringat ? Ketika di pegang, tangan tampak dingin dan basah berair Bisa jadi karena penyebab tangan berkeringat.  Kapan anda mengalami kejadian ini ? Hanya beberapa kali ? Atau beberapa saat saja ? Bahkan setiap saat, atau pada jam – jam tertentu ? Atau hanya pada event tertentu, seperti saat anda akan presentasi ? Parahkah ? Perlukah di periksakan ke dokter ? Sebenarnya kenapa tangan anda selalu basah ? Simak penjelasan berikut :

Kadang kita merasakan tangan yang basah. Setelah mencuci tangan, setelah mandi, setelah mencuci baju dengan tangan, dan lain sebagainya yang menyebabkan kita berhubungan dengan air. Hal ini tentu tidak masalah. Namun jika tangan selalu basah, padahal anda tidak menyentuh air. Ini yang perlu di waspadai. (Baca Juga: Penyakit Tangan Berlubang , Penyebab Tangan Mati Rasa)

Mungkin tangan yang selalu basah ini bisa menjadi gejala suatu penyakit. Baik itu penyakit yang parah, atau tidak. Namun entah itu suatu gejala suatu penyakit atau tidak, keadaan ini cukup mengganggu. Beberapa orang menganggap tangan yang basah sebagai hal yang memalukan. Lantas apa penyebabnya ? (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan , Tangan Bergerak Sendiri)

Penyebab Tangan Selalu Basah

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tangan seseorang tampak selalu basah. Entah karena ada penyebab yang serius atau tidak. Lantas apa saja yang menyebabkan hal  tersebut ?

1. Adanya gangguan pada syaraf parasimpatik

Beberapa orang menganggap jika tangan yang berkeringat ini terjadi karena adanya masalah jantung. Padahal sebenarnya, karena adanya masalah dengan syaraf parasimpatik anda. Yakni pada bagian syaraf yang mengatur kontrol air keringat merangsang produksi lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga:

2. Adanya sekresi glukosa dalam hati

Kebanyakan orang yang mengalami telapak tangan basah adalah orang – orang yang gendut atau berbadan besar. Sebab mereka memiliki kandungan gula atau glukosa yang berlebihan. Sekresi glukosa yang ada di dala hati menyebabkan bagian syaraf simpatik bekerja dalam produksi keringat lebih banyak.

3. Adanya gangguan hormon

Banyak  efek kelebihan dan kekurangan hormon yang salah satunya menyebabkan tangan menjadi selalu basah.  Beberapa alasan lain yang menyebabkan tangan selalu basah adalah karena adanya gangguan hormon. Adanya hormon ini akan membantu sistem tubuh bekerja.  Jika hormon terganggu, biasanya terjadi gejala – gejala yang tidak normal. Misalnya seperti tangan yang selalu basah. (Baca Juga: Penyebab Hormon Prolaktin Tinggi)

4. Adanya gangguan metabolisme

Masalah lain yang bisa menyebabkan tangan anda basah adalah karena gangguan metabolisme. Gangguan ini akan menyebabkan anda mengalami masalah dalam melakukan pencernaan dan menghasilkan energi. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu metabolisme anda. Ada beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat yang bisa anda coba.

5. Resiko terjadi penyakit syaraf

Masalah yang mungkin muncul ketika seseorang mengalami tangan yang basah adalah karena adanya resiko penyakit syaraf. Hal ini akan menyebabkan seseorang mengalami beberapa gejala misalnya seperti tangan selalu basah. Syaraf yang terganggu akan mempengaruhi produksi kelenjar air keringat berlebihan.

Baca Juga:

6. Adanya kelainan pada pembuluh darah

Selain itu, muncul gejala tangan basah adalah karena masalah pembuluh darah. Baik itu terganggu karena suatu penyakit, infeksi, dan lain sebagaianya. Banyak penderita yang sakit leukimia mengalami gejala tangan basah setiap hari. Untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya anda konsultasikan pada dokter saja. (Baca Juga: Telapak Tangan Sakit  , Pergelangan Tangan Sakit)

7. Gejala menopause

Jika anda yang sudah dewasa akhir mengalami tangan yang selalu basah, maka waspadalah. Sebab karena bisa jadi ini adalah suatu tanda – tanda bahwa masa subur anda akan usai. Yap, tangan yang berkeringat atau selalu basah menjadi salah satu tanda bahwa anda akan segera memasuki masa menopause. Yakni masa di mana anda sudah tidak memiliki telur, tidak subur lagi, dan tidak bisa memiliki anak. Sebelum memasuki masa menopause, anda akan berada dalam masa premenopause. (Baca Juga: Penyebab MenopousePremenopause)

Itulah beberapa penyebab yang memungkinkan anda terkena masalah  tangan selalu basah. Tetap waspada karena setiap penyakit selalu mengintai diri anda.