Home ReviewKesehatan 7 Penyebab Tangan Sering Basah Berkeringat Paling Umum Terjadi

7 Penyebab Tangan Sering Basah Berkeringat Paling Umum Terjadi

by Lia Yuliana

Telapak tangan adalah bagian yang paling sering berinteraksi dengan alam, saking seringnya berinteraksi terkadang lupa untuk membersihkan telapak tangan ketika setelah melakukan suatu hal, yang tentu hal itu dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti Flu sehingga hal itu pula akan menganggu pernafasan nantinya maka diperlukan cara menghilangkan flu sehingga tidak menyebabkan penyakit sesak nafas yang akan menyebabkan seorang menjadi Stress karena terllau memikirkan penyakitnya itu. Namun pada kali ini tidak akan lebih dibahas mengenai hal itu, saat ini akan membahas mengenai penyebab apa saja yang menyebabkan telapak tangan basah. Pernah bukan ketika anda sedang melakukan aktivitas tiba-tiba telapak tangan anda menjadi basah ? tentu hal itu ada beberapa penyebabnya yaitu :

  1. Merasa cemas

Pernah mungkin mengalami rasa cemas berlebihan, seperti halnya mungkin ketika seorang yang dicintai tidak pulang-pulang padahal tadi pamitnya hanya pergi sebentar. Kecemasan itu mungkin karena tidak ingin kehilangan orang yang dicintainya atau pula tidak ingin orang yang dicintainya kenapa-kenapa atau celaka, oleh sebab itu tentu anda akan merasakan cemas, justru ketika anda cemas maka syaraf simpatik tidak akan befungsi normal, saraf simpatik ini merupakan salah satu syafa yang mengeluarkan kelenjar keringat dan bertugas untuk merangsang sekresi glukosa pada hati. Jadi jangan sampai rasa cemas berlebihan ini membuat hati menjadi rusak. Oleh sebab itu ketahuilah cara mencegah kerusakan hati agar hati tidak mengalami kerusakan seperti penyebab hati bengkak dan lemak di hati.

  1. Merasa ketakutan

Ketika sedang dirumah sendiri atau dimanapun berda namun sedang sendirian ada kalanya merasakan ketakutan, kadang ketakutan itu akan membuat cepat lelah dan jantung berdebar hingga akan membuat saraf simpatik tidak normal fungsnya, itulah yang menyebabkan mengapa keringat sangat banyak dikeluarkan pada telapak tangan, karena kelenjar keringat tidak berfungsi dengan baik, dan kelenjar keringat tidak dapat mengeluarkan keringat dengan baik. Jadi keringat sangat banyak. Oleh sebab itu, ketika sedang merasa ketakutan, berusahalah untuk selalu tenang agar jantung tidak terus berdebar-debar

  1. Grogi

Ketika sedang didepan umum, apalagi di depan banyak orang yang sama sekali tidak dikenal, pasti akan merasakan grogi juga, grogi ini terkadang akan ditandai dengan keringat pada telapak tangan membanyak dan jantung yang berdebar-debar sangat kencang, dan lain sebagainya. Sehingga menyebabkan gagap dalam berbicara. Hal ini tentu dikarenakan adanya syaraf yang tidak berfungsi dengan normal sehingga keringat pada telapak tangan akan tampak lebih banyak.

  1. Gangguan sistem saraf simpatik

Yang paling inti penyebab dari keluarnya keringat yang berlebihan dari telapak tangan adalah karena adanya gagguan sistem saraf simpatik, karena sistem saraf simpatik memang berfungsi untuk mengatur kelenjar minyak yang akan dikeluarkan melalui kulit, dengan demikian ketika kelenjar minyak ini mengalami gangguan makan keringat yang dikeluarkan pun tidak stabil sehingga menyebabkan overload dalam pengelarannya ditelapak tangan.

  1. Jantung

Banyak sekali yang menyebabkan kerusakan pada jantung seperti halnya bahaya rokok bagi jantung manusia dan pengaruh asam lambung terhadap jantung sehingga dengan demikian diperlukan hal-hal yang dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. Seperti halnya mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung dan melakukan manfaat olahraga  yang sehat untuk jantung, dengan melakukan hal itu tentu jantung akan merasa sehat dan akan selalu sehat, jika jantung sudah sehat tentu saraf simpatik juga akan sehat dan tidak akan menyebabkan tangan berkeringat secara berlebihan lagi. sehingga akan dapat normal dalam beraktivitas dan tidak khawatir akan terganggu oleh telapak tangan yang berkeringat lagi.

  1. Bawaan keluarga

Adapula penyebab tangan sering basah ini karena faktor keturunan, seperti halnya jantung, penyakit jantung ada yang dinamakan penyakit karena keturunan, penyakit ini terjadi karena hormon yan diturunkan pada anak sama dengan yang dimiliki oleh orang tuanya sehingga penyakit yang ada terkadang ikut menular pada anaknya jadi sering disebut penyakit bawaan, yaitu penyakit bawaan dari orang tuanya sendiri. Oleh sebab itu jika penyakit bawaan orang tua ini akan berdampak parah harus sebgera dibawa kedokter.

  1. Terlalu banyak beraktivitas

Tidak hanya karena bawaan saja, tetapi juga karena banyak beraktivitas, terlalu banyak beraktivitas tentu akan menyebabkan keringat banyak yang keluar sehingga keringat pada telapak tangan menjadi banyak, apalagi jika mengeggam sesuatu yang lama di telapak tangan pasti telapak tangan akan berkeringat.

Itulah hal-hal yang menyebabkan telapak tangan mudah berkeringat, oleh sebab itu harus hati-hati dan waspada ketika telapak tangan berkeringat, mungkin memang tidak selamanya telapak tangan berkeringat karena adanya gangguan jantung atau paru-paru saja, tetapi itu juga mungkin saja terjadi. Dengan demikian jika telapak tangan sudah berkeringat sangat terlampaui maka segera konsultasikan kedokter karena boleh jadi itu merupakan ciri-ciri penyakit jantung yang harus diwaspadai jangan sampai ciri-ciri itu menjadi gejala serangan jantung.

You may also like