Infeksi Parasit Otak Jangkiti Turis Ini Usai Makan Siput Mentah

120

Kasus kesehatan makin menjadi-jadi dan aneh-aneh saja akhir-akhir ini. Namun hal tersebut juga terkadang disebabkan oleh diri sendiri yang kurang mawas terhadap berbagai makanan yang sepatutnya dihindari atau dibatasi. Seperti adanya kasus pada Desember tahun lalu, 2018, ada turis di Hawaii yang memakan siput dalam kondisi mentah dan bahkan masih hidup.

Ada cukup banyak orang yang iseng menelan hal-hal yang kebersihannya kurang terjamin dan tanpa pikir panjang bahwa memakannya bisa picu sakit. Seorang turis yang menelan siput hidup-hidup ini pun diketahui terserang infeksi larva cacing parasit Angiostrongylus cantonensis dan hal ini sama sekali tidak ia duga maupun sadari.

Sebenarnya, hidup dan berkembangnya larva cacing tersebut pada umumnya terjadi pada tikus. Namun cacing tersebut pun bisa juga bertumbuh ketika ada di dalam tubuh manusia sehingga manusia pun terinfeksi olehnya. Kabar buruknya lagi, pertumbuhan cacing dapat mencapai otak dan berakibat pada sejumlah komplikasi serius.

Dari kasus ini, Dinas Kesehatan Hawaii angkat bicara dengan memberikan penjelasan terkait infeksi ini. Beberapa gejala gangguan kesehatan dapat terjadi pada penderita infeksi, seperti:

Untuk kasus penderita infeksi ini pun, risiko gangguan neurologis cukup tinggi dan bahkan nyerinya bisa begitu serius. Potensi mengalami cacat jangka panjang pun cukup besar menurut Dinkes Hawaii tersebut. Infeksi Angiostrongylus cantonensis ini sebenarnya bukan terjadi hanya pada turis tersebut.

Ada dua orang lain yang juga pernah mengalami hal sama dan hasil investigasi menyatakan kalau infeksi pada dua orang tersebut terjadi usai makan buah dan sayur salad tanpa mencuci bahan-bahannya lebih dulu. Jadi kebersihan yang kurang terjaga pada bahan makanan dan kita langsung memakannya, hal inilah yang kemudian memperbesar risiko infeksi parasit, khususnya pada otak.

Bruce Anderson selaku Direktur Kesehatan mengatakan bahwa pihaknya perlu memastikan bahwa pengunjung tahu apa tindakan yang paling tepat dan baik dalam mencegah penyakit infeksi tersebut agar tak kemudian menyebabkan efek jangka panjang serius bagi penderitanya. Oleh sebab itu, kita tak pernah tahu ancaman infeksi dari virus apa yang bisa terjadi karena makan makanan sembarangan, apalagi tanpa mencucinya lebih dulu; pastikan selalu menjaga kebersihan bahan makanan dan mengolahnya hingga matang sebelum menikmatinya.