13 Bahaya Menggunakan Bra saat Tidur bagi Kesehatan

3242

Tidur adalah aktivitas untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian berkerja salah satunya adalah untuk mengistirahatkan payudara. Bagi wanita kebanyakan mungkin ada yang tidak memperhatikan hal ini bahwa tidur itu sebaiknya tidak menggunakan bra supaya payudara bisa leluasa dan beristirahat setelah seharian terkurung dalam bra. Mengapa wanita perlu melepaskan bra saat dirinya tidur? Jadi, tidur itu tidak hanya mengistirahatkan otot tubuh yang tegang dan lelah saja namun juga menjadi salah satu aktivitas untuk melakukan detoksifikasi tubuh atau mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. selain itu tidur juga menjadi aktivitas untuk mengembalikan sel-sel tubuh yang rusak dan memproduksi hormone serta sistem imun kekebalan tubuh.

Karena berbagai alasan kesehatan di atas, sangat dianjurkan kepada wanita untuk menggunakan pakaian yang longgar saat tidur dan juga melepaskan bra supaya tubuh dapat mengembalikan staminanya dengan maksimal. lalu bagaimana jika wanita tidur dengan mengenakan bra? Apakah yang akan terjadi?

Bahaya Menggunakan Bra saat Tidur

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang akan didapatkan oleh wanita ketika dirinya tidur menggunakan bra.

  1. Muncul Keringat

Berkeringat saat tidur saat udara panas itu bukanlah hal yang mengherankan namun bagaimana jika dalam setiap cuaca tubuh selalu mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak saat tidur? Nah ini cukup berbahaya juga bagi kesehatan karena bisa menimbulkan gatal-gatal dan juga bisa menyebabkan luka karena payudara juga mengalami tekanan dari bra. Untuk mencegahnya bagi anda yang terbiasa menggunakan bra saat tidur sebaiknya untuk memilih bra yang terbuat dari bahan khusus seperti nilon atau katun yang mampu membuat kulit tetap bernafas selagi anda tidur.

  1. Gelisah dan Susah Tidur

Bra yang dikenakan dalam keseharian sudah didesain supaya mampu menopang payudara seutuhnya dan membuat bentuknya menjadi lebih indah serta tidak turun. Oleh karena itu biasanya bra didesain dengan bahan yang kecang dan cukup menyesakan dada dan hal ini tidaklah akan membuat para wanita nyaman saat mengenakannya. Wanita yang mengenakan bra saat tidur dapat membuat kualitas tidurnya menjadi rendah, gelisah dan sering terbangung saat tidur.

  1. Insomnia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dengan mengenakan bra saat tidur akan membuat pernafasan menjadi terganggu sehingga menyebabkan gelisah dan tidak bisa tidur alias insomnia. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak bisa bernafas dengan leluasa sebagaimana mestinya dan tubuh menjadi tidak rileks.

  1. Resiko Menyebabkan Kanker

Tahukah anda bahwa kanker terutama kanker payudara juga bisa disebabkan karena kebiasaan menggunakan bra saat tidur.

Meskipun hal ini masih menjadi pro dan kontra di masyarakat namun menurut penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan bra yang ketat mampu membuat perkembangan sel kanker menjadi tidak terkendali dan hal ini sangatlah berbahaya. Oleh karena itu sebaiknya bagi anda untuk melepaskan bra saat tidur dan rasakan perbedaannya.

  1. Mengurangi Sirkulasi Udara

Dengan menggunakan bra saat tidur juga membuat sirkulasi udara menjadi terhambat apalagi jika anda menggunakan bra yang ketat dan juga menggunakan kawat di dalamnya. tentu saja hal ini akan membuat tidur anda tidak nyaman dan membuat pernafasan anda menjadi tidak leluasa.

  1. Pigmentasi

Ketika anda mengenakan bra saat tidur juga ada kemungkinan bahwa anda akan mengalami pigmentasi di kulit yang bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu sebaiknya untuk tidak mengenakan bra saat tidur ya Karen ternyata sangat berbahaya.

  1. Membuat Iritasi Kulit

Selain masalah yang telah disebutkan di atas setelah mengenakan bra ketika tidur juga akan menyebabkan iritasi pada kulit. Iritasi pada kulit ini akan menjadi sangat berbahaya jika terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama bahkan bisa membuat kulit menjadi iritasi sampai pada jaringan di dalamnya. wah ini sangat mengerikan dan jangan sampai terjadi pada anda ya.

  1. Mengganggu Kesehatan

Karena banyaknya masalah pada saat tidur maka secara otomatis akan menyebabkan gangguan kesehatan. Ada banyak gangguan kesehatan yang disebabkan karena kurang tidur seperti lemas dan loyo saat dalam kegiatan sehari-hari.

  1. Mengurangi Kinerja Jantung

Menggunaka bra saat tidur juga akan memicu timbulnya penurunan kinerja jantung. Hal ini disebabkan karena bagian dada dan paru-paru ditekan sedemikian rupa sehingga jantung menjadi mengalami penurunan saat bekerja dan memompa darah. hal ini akan berbahaya jika dilakukan dalam jangka panjang.

  1. Membuat Masalah pada Pencernaan

Selain masalah yang akan didapatkan seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, menggunakan bra saat tidur juga bisa mengakibatkan masalah pada bagian organ pencernaan karena mempengaruhi kinerja dari bagian kerongkongan dan pencernaan. Hal ini akan lebih berbahaya dan akan terasa lebih menyakitkan ketika lebih makan karbohidrat karena cukup lama untuk mencernanya.

  1. Mengganggu Kinerja Limfa

Di dalam tubuh terdapat salah satu kelenjar bening yaitu yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya serangan dari berbagai radikal bebas dan racun nah hal ini akan semakin parah jika menggunakan bra saat tidur karena akan mengurangi kinerja dari organ limfa yang berfungsi memproduksi kelenjar getah bening tersebut.

  1. Penurunan Produksi Antibodi

Salah satu hal yang paling bahaya saat menggunakan bra ketika tidur adalah mampu menurunkan produksi antibody di dalam tubuh. di dalam tubuh terdapat bagian yang berfungsi untuk membentuk antibody dan sayangnya ini akan terganggu pada saat anda mengenakan bra saat tidur karena terjadi tekanan di dalam tidur sehingga produksi antibody di dalam tubuh tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

  1. Sulit BAB

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa mengenakan bra saat tidur dapat mengakibatkan masalah pada pencernaan dan tentunya ini menjadikan anda akan menjadi sulit saat buang air besar atau sembelit.

Itulah 13 bahaya yang akan didapatkan jika mengenakan bra saat tidur. Bukan hal yang asing lagi jika memang lebih sehat jika melepaskan bra saat tidur demi kenyamanan tidur anda sendiri dan juga demi kesehatan anda. Pada akhirnya ini akan menjadi keuntungan bagi anda jika tidak mengenakan bra saat tidur. Terima kasih kepada para pembaca yang telah membaca artikel ini.

Info mengenai kesehatan tidur lainnya :