Insuman Basal – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

179

Insuman Basal merupakan obat yang digunakan sebagai salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan insulin. Obat ini tentunya digunakan oleh pasien yang menderita kencing manis atau yang secara medis disebut sebagai penderita diabetes. Perlu anda tahu bahwa insulin merupakan sebuah hormon yang dibutuhkan tubuh di dalam mengolah gula darah untuk kemudian diubah menjadi energi.

Insulin juga berfungsi untuk berperan sebagai penyimpan cadangan energi yang nantinya akan digunakan ketika tubuh membutuhkannya. Selain itu, anda juga harus tahu bahwasanya Insuman Basal memiliki beberapa merk atau nama dagang. Kemungkinan anda tidak menemukan nama ini di toko obat dan malah menemukan nama atau merk yang lainnya.

Beberapa merk dagang dari Insuman Basal antara lain:

  • Apidra
  • Insuman Comb 25
  • Sansulin-N
  • Lantus
  • Mixtard 30 HM
  • Insuman Comb 30
  • Insulatard HM
  • Insuman Rapid
  • Insulin Suntik

Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap mengenai fungsi dan seperti apa cara penggunaan dari Insuman Basal, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan kami di bawah ini.

Fungsi Insuman Basal

Seperti yang sudah kami terangkan di awal bahwasanya Insuman Basal memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan hormon insulin bagi seseorang yang menderia diabetes. Hormon insulin tersebut nantinya akan digunakan untuk mengubah gula darah menjadi energi. Seperti yang kita tahu bahwa penderita diabetes mengalami kehilangan kemampuan mengubah gula darah menjadi energi. Kondisi tersebut disebabkan karena kekurangan hormon insulin.

Insuman Basal termasuk ke dalam obat resep sehingga untuk menggunakannya sudah tentu harus menyertakan resep dokter. Dengan kata lain, anda tidak bisa memperoleh Insuman Basal tanpa melalui pemeriksaan dokter.

Kontraindikasi Insuman Basal

  • Insuman Basal tidak dianjurkan untuk digunakan oleh seseorang yang menderita alergi terhadap kandungan yang ada pada obat ini.
  • Bagi pasien yang pernah mengalami hipersensitivitas terhadap obat suntik, penggunaan Insuman Basal tentunya harus didiskusikan terlebih dahulu kepada dokter.
  • Sementara itu, Insuman Basal tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil karena hal ini hanya akan membuat masalah pada bayi.

Dosis Insuman Basal

  • Untuk dosis yang rata-rata harus diberikan adalah sebanyak 6 unit setiap jamnya. Dosis tersebut nantinya bisa ditingkatkan menjadi dua sampai dengan 4 kali lipat jika ternyata kadar gula darah tidak mengalami penurunan hingga 180 mg/dL.
  • Dosis untuk anak yang diberikan adalah sebanyak 0,1 per unit per kg/BB setiap jamnya. Dosis tersebut diberikan sebagai dosis awal yang harus diberikan sampai nanti kadar gula darah turun hingga 180 mg/dL.

Penggunaan Insuman Basal tentunya akan disesuaikan kepada pasien. Dengan begitu, bagi pasien yang ingin menggunakan Insuman Basal, maka sebaiknya berbicara langsung tentang seperti apa dosis yang sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Cara Penggunaan Insuman Basal

  1. Insuman Basal harus digunakan sesuai dengan dosis yang sudah diberikan.
  2. Insuman Basal nantinya akan langsung disuntikkan ke dalam tubuh.
  3. Untuk anda yang ingin menggunakan Insuman Basal dengan dosis yang berbeda, maka disarankan agar anda bertanya kepada dokter.
  4. Jika selama penggunaan Insuman Basal ternyata anda mengalami beberapa reaksi alergi seperti gatal atau ruam kulit, maka anda harus menghentikan penggunaannya dan langsung hubungi dokter.
  5. Jika anda ingin menggunakan Insuman Basal dalam waktu lama, maka tanyakan dokter apakah memang obat ini untuk jangka panjang atau tidak.

Interaksi Obat Insuman Basal

Jika secara bersamaan anda sedang menggunakan obat lainnya, maka anda harus memberitahu dokter mengenai hal tersebut. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang malah akan menurunkan kinerja dari Insuman Basal maupun obat lain yang sedang anda konsmsi tersebut