Home Featured Selain Ikan, 9 Makanan Ini Mampu Turunkan Risiko Kanker Usus

Selain Ikan, 9 Makanan Ini Mampu Turunkan Risiko Kanker Usus

by Erlita

Kalau kita tahu mencegah kanker usus dengan konsumsi ikan seminggu 3 kali itu benar-benar terbukti ampuh, kenali pula beberapa makanan lain yang juga paling bagus untuk usus. Karena pertumbuhan sel kanker dapat menyerang usus kapan saja bahkan tanpa kita sadari, perkecil potensinya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan tepat seperti berikut ini.

  1. Yogurt

Sebagai makanan berprobiotik tinggi, yogurt mampu melindungi usus dari bakteri-bakteri jahat pemicu gangguan kesehatan pada usus. Bakteri baik yang ditawarkan oleh yogurt menjadi pelawan bakteri jahat terbaik, jadi jangan lupa untuk mengonsumsi yogurt secara rutin, tapi tak berlebihan ya.

  1. Alpukat

Buah berlemak baik dan menyehatkan seperti alpukat juga jangan sampai terlewat untuk dikonsumsi. Serat baik di dalamnya juga siap menjadi pencegah gangguan pencernaan apalagi polip serta kanker usus. Karena risiko kanker usus meningkat pada orang-orang yang kekurangan serat menurut laporan data EPIC (European Prospective Investigation of Cancer and Nutrition).

  1. Susu

Selain yogurt, susu juga dianjurkan untuk dikonsumsi bukan hanya sebagai makanan penguat tulang dan gigi tapi juga peminimalisir risiko kanker usus. Minum satu gelas susu saja dalam sehari ternyata bisa turunkan potensi kanker usus lho bahkan sampai 15 persen sehingga jangan remehkan minuman sehat satu ini.

  1. Sayuran Hijau

Selain karena sayuran adalah makanan sumber serat untuk menjaga kinerja sistem pencernaan, sebenarnya sayuran hijau seperti kubis, kembang kol, brokoli, kangkung, bayam dan buncis itu baik dikonsumsi sebagai pencegah kanker usus. Tak hanya serat, tubuh kita juga bisa peroleh asam folat dari bayam maupun buncis.

  1. Jeruk

Tak hanya buah alpukat, jeruk pun bisa dikonsumsi rutin untuk kesehatan usus. Jeruk juga mengandung asam folat selain kandungan vitamin C nya yang besar. Sebuah jeruk berukuran sedang mampu memberikan bagi tubuh nutrisi asam folat sebanyak 50 mikrogram di mana menurut hasil studi dari Harvard University, risiko kanker usus bisa turun sebanyak 50 persen lebih usai mengonsumsi makanan berfolat tinggi.

  1. Polong-polongan

Lentil, kacang hitam, kacang merah, kedelai, dan kacang polong pun jangan ketinggalan untuk menjadi bagian dari menu diet harian kita. Selain kaya serat, makanan-makanan ini juga menawarkan vitamin E dan B tinggi termasuk juga antioksidan sekaligus flavonoid yang siap melawan efek radikal bebas serta pertumbuhan tumor.

  1. Teh Hijau dan Teh Hitam

Untuk para penikmat teh, teh hitam dan teh hijau juga bisa diandalkan dalam menonaktifkan sel kanker, termasuk sel kanker di bagian usus. Minumlah salah satu teh tersebut setiap hari di mana seharinya nikmati dua cangkir saja karena terbukti mampu menurunkan risiko kanker usus sampai 30 persen. Ini karena kedua teh ini paling tinggi kadar antioksidannya.

  1. Kunyit

Rempah yang kerap dijadikan ramuan jamu ini pun menawarkan kebaikan bagi kesehatan pencernaan. Untuk usus bebas kanker, kurkumin di dalam kunyit dapat diandalkan karena memiliki sifat antiradang yang juga bakal melawan pertumbuhan sel tumor pada usus.

  1. Bawang Putih dan Merah

Kedua bawang ini bukan hanya berperan sebagai penyedap rasa masakan, melainkan juga kandungan sulfidanya siap membuang karsinogen pemicu kanker dalam tubuh kita. Sifat antioksidan yang tinggi pun sangat bermanfaat dalam melawan efek-efek radikal bebas mengerikan, jadi jangan lupa konsumsi 1-2 siung bawang putih dan merah per minggunya. Karena telah terbukti dari sebuah penelitian kalau ini bisa menurunkan risiko kanker sebanyak 32 persen pada wanita yang rutin mengonsumsinya, kita juga dapat mencobanya.

Itulah deretan daftar makanan menyehatkan pencegah kanker usus selain ikan beromega-3 tinggi. Agar usus juga bebas dari penyakit lainnya, atur pola makan dengan baik, begitu juga dengan pola tidur sekaligus stres.

You may also like