22 Cara Mengobati Psoriasis Kulit Kepala Paling Efektif

Psoriasis adalah peradangan kulit menahun dengan gejala seperti kulit menjadi ruam memerah, menebal, kering, bersisik, kadang mengelupas. Penyakit ini bisa menyerang di berbagai bagian tubuh, namun lebih sering terjadi pada bagian kulit lutut, sikut, dan kulit kepala. Meskipun disebut penyakit menahun, gejala ini tidak langsung terjadi semuanya pada penderita. Umumnya gejala gatal dan ruam yang pertama kali muncul. Gejala lain menyusul tergantung tingkat keparahan penyakit dan segera membuat ketidaknyamanan.

Psoriasis kulit kepala disebutkan sebagai salah satu penyakit karena kelainan autoimun. Di mana sistem kekebalan tubuh karena banyak diproduksi keliru menyerang sel-sel yang sehat. Dan pada kasus ini menyerang sel kulit. Sel kulit yang seharusnya berdegenarasi atau berganti sel setiap beberapa hari sekali agar tetap terjaga kesehatannya, menjadi berganti setiap hari atau beberapa kali sehari sehingga terjadi penebalan.

Penyakit psoriasis kulit kepala tidak berbahaya, namun akan menimbulkan ketidaknyamanan pada penderita dan juga mengurangi kepercayaan diri. Oleh karena itu perlu langkah pengobatan yang tepat dan cepat, dengan obat dokter maupun dengan obat alami. Pengobatan tersebut adalah dalam rangka menghambat pertumbuhan sel-sel kulit, memperbaiki kulit yang diserang psoriasis, dan mengurangi gejala yang terjadi. Di bawah ini ada beberapa langkah atau cara mengobati psoriasis kulit kepala untuk diintip.

  1. Emolien

Emolien merupakan salep yang dijual di apotek dan biasanya diresepkan oleh dokter untuk penderita psoriasis kulit kepala. Emolien berfungsi sebagai pelembab dan pelindung kulit kepala yang bekerja dengan kombinasi shampoo. Salep ini dapat digunakan pada psoriasis yang mempunyai gejala awal sampai tingkat keparahan mencegah dengan mengurangi inflamasi dan tingkat kecepatan produksi sel kulit. Salep emolien dipakai setiap mandi pagi.

  1. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut menjadi tampak lebih sehat sejak dahulu sangat dipercaya masyarakat Indonesia. Berbagai penelitian terbaru juga menyatakan bahwa daging lidah buaya sangat baik untuk menutup luka dan menghaluskan kulit. Dengan mengoleskan daging lidah buaya pada psoriasis kulit kepala secara teratur selama beberapa menit hingga menyerap ke dalam kulit, akan membantu menghilangkan rasa gatal dan kulit yang memerah. Setelah beberapa lama, bilaslah dengan air atau shampoo.

  1. Kortekosteroid

Kortekostreroid juga merupakan obat oles yang diresepkan dokter karena penggunaan dengan dosis yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lebih tipis. Dokter akan mengatur obat ini dengan dosis yang disesuaikan. Oleskan beberapa kali sehari, obat oles ini akan mengurangi inflamasi kulit. Kortekostreoid dapat digunakan bersamaan dengan analaog vitamin D Calcipotriol dan Calcitriol. Analog vitamin D ini akan menghambat regenerasi sel kulit sehingga psoriasis tidak menyebar dan gejalanya dapat berkurang.

  1. Konsumsi Ikan dan Minyak Ikan

Selain menggunakan obat dokter atau obat alami, makanan yang dikonsumsi juga dapat membantu membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Selain sayuran buah-buahan, untuk psoriasis dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak ikan dan asam lemak esensial yang mengandung omega 3 dan menghambat pertumbuhan sel kulit. Makanan tersebut, antara lain :

  • ikan salmon
  • ikan sarden
  • ikan tuna

Konsumsi makanan tersebut dapat diatur dalam menu diet 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  1. Menghindari Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Ada konsumsi makanan yang dianjurkan ada pula konsumsi makanan kang harus dihindari. Makanan yang harus dihindari umumnya adalah makanan yang menyebabkan inflamasi, meningkatkan pertumbuhan sel kulit, dan meningkatkan gejala psoriasis seperti rasa gatal. Dan makanan yang harus dihindari antara lain:


  • Makanan dan minuman yang mengandung alkohol, seperti jenis minuman beralkohol, anggur, durian, dan berbagai jenis tape.
  • Makanan yang mempunyai rasa asin, seperti ikan asin, telur asin, keju, dan sebagainya. Dengan demikian,penderita juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam.
  • Menghindari makanan fast food, seperti makanan kaleng, sosis, nugget, dan sebagainya. MAkanan ini harus dihindari karena kandungan bahan pengawetnya.
  • Makanan yang mengandung protein hewani yang meningkatkan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh, seperti daging ayam, daging sapi, daging bebek, dan lain-lain.
  • Menghindari makanan jeroan, seperti hati ayam, usus, limpa, dan sebagainya.
  1. Cuka Apel

Cuka apel kini dapat diperoleh dengan mudah, di toko herbal banyak dijual. Cuka ini mempunyai kandungan antiseptik dan mengurangi gejala gatal serta anti inflamasi. Cara menggunakan cuka apel juga relatif mudah. Campurkan dua tetes cuka apel ke dalam segelas air dan aduk hingga merata. Setelah itu oleskan selama beberapa kali secara teratur setiap hari untuk mengurangi gejala.

  1. Baking Soda

Meski harus waspada terhadap bahaya baking soda, bahan ini sebetulnya bermanfaat tinggi dan mudah didapat. Biasanya baking soda ditemukan di toko bahan-bahan membuat kue. Dalam membuat kue, baking soda berfungsi sebagai pengembang. Sedangkan bagi kesehatan, khususnya bagi penderita psoriasis kulit kepala, baking soda dapat mengurangi gejala gatal yang ada dan menghilangkan sisik yang timbul.

Cara menggunakan baking soda untuk pengobatan psiorisis kulit kepala adalah dengan mencampurkan rata satu sendok teh baking soda ke dalam 4 sendok makan air. Setelah tercampur rata, larutan baking soda dioleskan ke kulit kepala. Lakukan hal ini secara teratur untuk mengurangi gejala psoriasis.

  1. Oat Milk

Oat milk merupakan bubuk makanan yang mempunyai kandungan vitamin dan mineral lengkap. Menurut berbagai penelitian disebutkan bahwa bubuk oat milk  yang dicampurkan dalam air untuk mandi akan mengurangi gejala gatal dan kemerahan pada psoriasis, serta memperbaiki kulit yang rusak. Caranya juga mudah, tinggal mencampurkan beberapa sendok teh bubuk oatmilk ke dalam air dalam bak mandi. Bubuk ini tidak berbahaya, sehingga tidak ada aturan tertentu berapa yang dicampurkan dalam bak mandi. Gunakan campuran pada saat setiap mandi untuk mendapatkan hasil yang sangat efektif.

  1. Coal Tar

Coal tar merupakan obat dokter yang diresepkan kepada penderita psoriasis di berbagai kulit bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Obat ini juga berupa salep yang dioleskan untuk menghilangkan berbagai gejalanya, seperti kemerahan, ruam, sisik, gatal, dan sebagainya. Penggunaan obat harus dengan resep dan tidak disarankan digunakan pada ibu hamil dan menyusui karena bahan kimia dalam obat ini meresap dalam kulit dengan cepat.

  1. Terapi Cahaya (Foto Terapi)

Terapi ini disarankan bagi penderita yang tidak beraksi terhadap obat-obatan oles atau obat tradisional. Biaasanya dikombinasikan dengan coal tar agar lebih efektif. Terapi cahaya yang dimaksud adalah dengan penggunaan sinar ultraviolet A dan B. Sesudah terapi, penderita akan diminta menggunakan katarak. Namun, terapi ini hanya diperbolehkan dilakukan beberapa kali yang toleran karena dikhawatirkan menyebabkan kanker kulit dan beberapa efek samping lain.

  1. Obat Minum

Obat minum dari dokter juga disarankan apabila pengobatan oles dan cara lain tidak berhasil. Karena psoriasis tidak bisa sembuh dan kemungkinan penderita akan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama dan akan mempengaruhi fungsi ginjal. Obat minum, antara lain :

  • Methotrexate – Obat ini menurunkan produksi sel-sel kulit, namun mempunai efek samping berbahaya bagi janin dan menganggu perkembangan sel sperma.
  • Ciclosporin – Obat ini berfungsi menekan sistem kekebalan tubuh agar tidak bekerja berlebihan atau menekan perkembangan autoimun. Efek sampingnya sangat berpengaruh pada kerja ginjal.
  • Acitretin – Acitretin juga menurunkan produksi sel-sel kulit. Obat ini tidak berbahaya bagi pria, namun tetap berbahaya bagi perkembangan janin.
  1. Obat Infus dan Suntikan

Obat yang digunakan bagi penderita yang tidak mempunyai perubahan terhadap pengobatan cara lain. Obat ini menurunkan peradangan dan mengontrol sistem kekebalan tubuh agar tidak bekerja berlebihan dan produksi sel-sel kulit menurun. Contoh obat-obatan ini antara lain tanercept, adalimumab, infliximab, serta ustekinumab.

Demikian beberapa cara mengobati psoriasis kulit kepala yang kiranya dapat membantu Anda sekalian.

, , , ,