Home Featured 5 Kebiasaan yang Membuat Ketiak Hitam Wajib Diketahui

5 Kebiasaan yang Membuat Ketiak Hitam Wajib Diketahui

by Erlita

Ketiak hitam memang jadi masalah cukup besar bagi para wanita, apalagi yang lebih suka memakai baju tanpa lengan. Gelapnya kulit bagian ketiak bakal menurunkan rasa percaya diri dan menjadi malas kalau hendak pakai tank top bukan? Coba kenali dulu, ada beberapa kebiasaan yang membuat ketiak hitam tapi kerap tak kita sadari lho.

  1. Waxing Berlebihan

Kebiasaan membersihkan ketiak dengan menghilangkan bulu-bulunya menggunakan metode waxing memang praktis dan banyak dilakukan di zaman sekarang. Namun pada beberapa kasus, ketiak bisa menghitam karena kebiasaan waxing ini. Bila proses waxing tidak diterapkan dengan tepat, kerusakan sel kulit ketiak bisa terjadi dan mengakibatkan perubahan warna tersebut.

  1. Memakai Deodoran

Kebiasaan memakai deodoran bukankah untuk mencegah bau badan? Bedak anti keringat atau deodoran memang bermanfaat dalam mengusir atau setidaknya mencegah bau badan, hanya saja sebagai efek negatifnya justru bisa menyebabkan bahan kimia dari deodoran menumpuk di ketiak dan menjadikannya lama-kelamaan berubah warna lebih kusam dan gelap.

  1. Malas Eksfoliasi

Saat kulit ketiak berkeringat, dapat terjadi penumpukan sel-sel kulit mati di sana, belum lagi juga kotoran di pori-pori. Eksfoliasi itu adalah suatu perawatan yang diperlukan supaya sel-sel kulit mati bisa diangkat dan terjadi regenerasi di sana. Ketika malas merawat dengan metode eksfoliasi, jangan heran kalau warna ketiak jadi lebih hitam, ini tentunya disebabkan oleh kotoran dan sel-sel kulit menimbun.

  1. Mencukur

Selain waxing, cara paling umum dalam membuat ketiak selalu nampak bersih dari bulu adalah mencukur. Mencukur bulu ketiak secara rutin adalah salah satu kebiasaan yang diyakini pula menjadikan kulit ketiak hitam dengan cepat. Aktivitas mencukurlah yang memicu iritasi pada kulit sehingga perubahan warna kulit terjadi.

  1. Mengenakan Pakaian Ketat

Ketiak hitam juga dapat disebabkan oleh kebiasaan mengenakan baju ketat lho. Mungkin memakai baju ketat bagi diri kita sudah biasa, namun sebenarnya tanpa sadar kita telah memaksa kulit sulit bernafas. Belum lagi adanya gesekan pada kulit oleh pakaian yang kita kenakan, hal ini malah meningkatkan risiko perubahan warna gelap di kulit ketiak.

Nah, kalau menilik dari sederet kebiasaan yang membuat ketiak hitam di atas, kira-kira mana nih yang bikin kulit ketiak Anda jadi gelap? Cobalah untuk lakukan scrubbing sebagai langkah eksfoliasi kulit (gunakan bahan alami untuk dijadikan scrub), hentikan pula pemakaian sabun atau deodoran yang menyebabkan gatal di kulit, serta jangan lupa hindari pemakaian baju ketat apalagi terlalu lama dan sering.

You may also like