6 Penyebab Tangan Lemas Sebelah Paling Sering Terjadi

5992

Tangan lemas bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Umumnya tangan yang lemas bisa meliputi kedua tangan. Kondisi tersebut bisa dianggap wajar karena terlalu banyak aktivitas atau karena gangguan kesehatan lainnya. Namun bagaimana jika gangguan pada tangan hanya terjadi pada salah satu tangan saja (lemas sebelah)? Kondisi semacam ini patut untuk anda waspadai karena bisa saja kondisi tersebut ciri-ciri adanya penyakit tertentu di dalam tubuh anda.

Tangan yang lemas sebelah bisa ditandai dengan berbagai macam gejala, seperti tertusuk jarum, kesemutan, rasa terbakar, lemas, dan tidak bertenaga. Tangan lemas sebelah bisa terjadi karena adanya kerusakan, iritasi, atau pun penekanan pada salah satu saraf atau percabangan saraf lengan dan juga pergelangan tangan. Selain itu, tangan lemas sebelah juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti penyakit diabetes, gangguan otak, gangguan pada tulang belakang, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui penyebab pasti dari angan lemas sebelah tersebut perlu dilakukan pemeriksaan medis sehingga dapat diketahui pasti penyebabnya dan bisa dilakukan penanganan dengan lebih optimal.

(baca juga: jenis-jenis penyakit saraf)

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan tangan lemas sebelah.

1. Mengkonsumsi Alkohol

Terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol atau mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya menyebabkan tangan lemas sebelah. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh, termasuk pada saraf-saraf tubuh.

Bukan tidak mungkin mengkonsumsi minuman beralkohol berlebih bisa menyebabkan kerusakan saraf yang berhubungan dengan tangan sehingga menyebabkan tangan lemas sebelah. Bagi kebanyakan orang, mengkonsumsi alkohol dipercaya dapat menghilangkan stres karena alkohol memiliki sifat anti depresan. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak justru bisa merusak kinerja saraf dan juga otak hingga berakibat buruk bagi kesehatan.

(Baca juga: pengaruh alkohol bagi sistem saraf manusia)

2. Kurang Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan tangan lemas sebelah. Salah satu gangguan kesehatan yang bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin b12 adalah adalah gangguan pada kinerja otak. Biasanya kekurangan vitamin B12 dalam kasus yang sudah tergolong parah akan menyebabkan penderitanya mengalami kesemutan pada tangan dan kaki. Kondisi semacam itu juga bisa menyebabkan tangan lemas sebelah. Selain menyebabkan tangan lemas sebelah, kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan penyakit anemia, gangguan pencernaan, dan juga penyakit asma.

(baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan vitamin B12)

3. Penyakit yang Terkait dengan Gangguan Saraf

Selain karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga kekurangan vitamin B12, tangan lemas sebelah juga bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang terkait dengan gangguan pada sistem saraf. Adapun beberapa jenis penyakit atau gangguan pada sistem saraf meliputi:

  • Cidera Plexus Brachial, penyakit ini merupakan kerusakan yang terjadi pada jaringan saraf. jaringan saraf tersebut saraf yang menghubungkan tulang belakang dengan saraf bahu, lengan, dan juga tangan. Karena itu jika saraf ini mengalami gangguan bisa jadi akan terjadi kelelahan pada bahu, lengan, dan juga tangan, termasuk tangan sebelah kanan atau kiri saja.
  • Sindrom Carpal Tunnel, penyakit ini terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan saraf yang melalui area-area tertentu yakni ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan setengah bagian jari manis. Karena itu, gangguan kesehatan ini juga bisa menyebabkan tangan lemas sebelah.
  • Sindrom Guillain Barre, Penyakit ini merupakan gangguan yang menyerang sistem saraf akibat adanya masalah pada sistem pertahanan tubuh.
  • Gangguan neuropatiperifer, penyakit ini merupakan kerusakan saraf tepi yang selanjutnya akan menyebabkan mati rasa dan gejala nyeri pada anggota gerak tubuh.
  • Gangguan atau trauma yang pernah menyerang tulang belakang, misalnya Siringomielia, yaitu kista yang menyerang saraf tulang belakang.
  • Tekanan yang berlebih pada saraf Ulnar. saraf ulnar merupakan saraf yang melalui setengah bagian jari manis dan juga jari kelingking.

4. Penyakit yang Berkaitan dengan Kerusakan Tulang

Penyebab tangan lemas sebelah berikutnya adalah penyakit yang berkaitan dengan kerusakan tulang. Penyakit yang berkaitan tersebut biasanya akan menyebabkan kinerja saraf yang berhubungan dengan tangan ikut terganggu. Berikut beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan kerusakan tulang:

  • Penyakit Spondilosis Servikal, ialah penyakit yang terjadi akibat adanya cidera pada tulang leher akibat adanya pertambahan usia yang selanjutnya menyebabkan gangguan pada sistem saraf di lengan atau tangan.
  • Penyakit Multiple Sklerosis, yakni  penyakit yang menyebabkan adanya peradangan kronis pada sistem saraf pusat (otak dan sistem saraf tulang belakang). Penyakit ini juga sering digolongkan sebagai jenis penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan (sel) pada tubuh itu sendiri.
  • Kista Ganglion, penyakit ini merupakan benjolan yang berisi cairan yang terdapat pada area tendon atau sendi-sendi pergelangan tangan.

5. Penyakit Paraneoplastik

Penyakit paraneoplastik yang menyerang bagian saraf juga bisa menyebabkan tangan lemas sebelah. Penyakit ini biasanya diderita oleh orang-orang yang mengidap penyakit kanker atau orang-orang yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi.

6. Penyakit lain

Selain beberapa faktor di atas, ada juga beberapa jenis penyakit lain yang bisa menyebabkan tangan lemas sebelah. Beberapa penyakit tersebut seperti:

  • Sindrom Raynaud’s, yakni kondisi yang mengakibatkan beberapa bagian pada tubuh mengalami mati rasa. (Baca juga: penyebab tangan mati rasakaki mati rasa)
  • Penyakit sifilis, penyakit ini juga bisa menyerang sistem saraf hingga berakibat pada gejala tangan lemas sebelah.
  • Penyakit diabetes melitus, penyakit ini seringkali menyebabkan kerusakan sistem saraf di bagian tangan dan kaki.
  • Penyakit amiloidosis, yakni penyakit yang disebabkan oleh adanya penumpukan protein amiloidosis pada organ-organ tertentu di tubuh seseorang.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan tangan lemas sebelah. Umumnya tangan lemas sebelah merupakan gejala penyakit yang cukup serius. Karena itu sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan medis jika mengalami hal tersebut.