6 Penyebab Bintik Hitam Di Lidah

Lidah merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk membantu mengecap dan juga merasakan makanan. Kita dapat merasakan makanan yang kita makan manis, pahit atau asin dengan bantuan dari lidah kita. Hal ini disebabkan karena lidah memiliki syaraf-syaraf pengecap yang dapat membuat lidah mampu merasakan berbagai macam rasa yang masuk ke dalam mulut kita. Lidah sendiri juga merupakan alat bantu dari berbicara. Kita bisa melafalkan berbagai macam huru, kata dan juga kalimat dengan menggunakan bantuan lidah kita. tanpa adanya lidah, maka kita tidak akan dapat berbicara dengan baik.

Selain kedua manfaat tersebut, manfaat lain dari lidah adalah dapat membantu kita dalam menelan makanan dan juga mengolah makanan di dalam mulut. Ketika kita akan mengunyah makanan, maka lidah juga berperan penting untuk membantu mengatur dan memindahkan letak makanan dari satu bagian mulut atau gigi ke bagian lainnya. Lidah juga membantu mendorong makanan yang sudah dikunyah hingga halus ke dalam kerongkongan kita.

Masalah pada lidah

Meskipun memiliki banyak sekali kegunaan, namun ternyata lidah juga merupakan salah satu organ tubuh yang seringkali dihinggapi berbagai macam masalah kesehatan. Berbagai macam masalah kesehatan yang muncul pada lidah tersebut biasanya memang terjadi karena kelalaian kita dalam menjaga kesehatan lidah. Berikut ini adalah beberapa masalah-masalah yang seringkali muncul pada lidah :

  • Sariawan
  • penyebab lidah terasa pahit
  • Munculnya bintik-bintik hitam pada lidah
  • Lidah yang berjamur
  • Mati rasa pada lidah, sehingga tidak dapat mengecap dan juga merasakan makanan

Itu adalah beberapa masalah dan juga gangguan yang seringkali muncul pada organ lidah kita. Salah satu masalah yang sering muncul pada lidah kita adalah munculnya intik hitam di lidah. Bintik hitam di lidah ini seringkali muncul tanpa kita sadari, karena kita cenderung kurang memperhatikan kondisi lidah kita. Biasanya bintik hitam di lidah ini dapat muncul dalam jumlah yang banyak dan berkelompok atau bisa muncul satu-satu pada salah satu titik di lidah kita.

Kondiis ini dapat muncul dan disebabkan oleh banyak hal, dan tidak menutup kemungkinan adanya tanda-tanda alias gejala dari beberapa penyakit. Apa saja sih penyebab utama dari munculnya bintik hitam di lidah? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Konsumsi alkohol yang berlebihan

Penyebab pertama yang dapat menimbulkan bintik hitam di lidah karena bahaya alkohol yang  terlalu banyak dikonsumsi. Konsumsi alkohol dan rokok yang terlalu banyak dapat menyebabkan bagian rongga mulut menjadi memiliki nafas yang tidak sedap, lidah yang terasa pahit dan asam, serta dapat juga menimbulkan kondisi kemunculan bintik hitam di lidah. Biasanya, bintik hitam di lidah yang muncul karena pengaruh alkohol dan rokok yang berlebihan juga disertai dengan pertumbuhan bulu-bulu halus pada bagian bintik hitam di lidah tersebut.

Efek bahaya alkohol ini banyak menimbulkan kerugian kesehatan seperti :

2. Infeksi Jamur


Penyebab berikutnya dari kemunculan bintik hitam di lidah adalah infeksi dari berbagai macam jenis jamur yang menempel pada lidah anda. jamur ini tentu saja dapat muncul, terlebih lagi apabila anda tidak dapat menjaga kebersihan mulut dan juga lidah anda dengan baik, sehingga memicu pertumbuhan jamur. Cara mengatasinya adalah dengan cara rutin melakukan sikat gigi, dan juga berkumur dengan menggunakan mouthwash, sehingga bakteri, kuman serta jamur yang menempel pada lidah anda dapat bersih, dan bintik hitam di lidah anda akan hilang dengan sendirinya.

Infeksi mulut ini akan menyebabkan permasalahan pada mulut seperti :

3. Oral Fibroma

Banyak yang menyalahartikan oral fibroma dengan bentuk gejala kanker mulut. Pada dasarnya, oral fibroma bukanlah merupakan suatu bentuk dari kanker. Oral fibroma merupakan jaringan lidah yang mengerucut ke atas dan membentuk benjolan berwarna hitam pada lidah. Hal ini biasanya disebabkan oleh trauma pada lidah yang sering tergigit secara tidak sengaja.

Oral fibroma ini memang akan membentu bintik hitam di lidah, namun akan cepat hilang, apabila sering diberikan perawatan yang tepat, yaitu pemberian makanan yang mengandung vitamin C, dan juga rajin membersihkan aea mulut anda.


4. Hyper Pigmentasi

Hyper pigmentasi merupakan kondisi pigmentasi yang tidak normal, dan kebanyakan hal ini disebabkan karena adanya faktor genetika alais keturunan. Hyper pigmentasi membuat lidah memiliki bintik hitam, yang disebabkan oleh pigmentasi yang berlebihan, dan menyebabkan bentol atau bintik hitam di lidah. Penyebab munculnya bintik hitam di lidah ini dapat kita atasi dengan cara mengoleskan minyak rosehip, jus lidah buaya, jus lemon, dan juga menggunakan jus mentimun.

Selain dengan menggunakan cara alami tersebut, anda juga dapat menghilangkan bintik hitam di lidah yang disebabkan oleh hyper pigmentasi dengan cara medis, yaitu operasi.

5. Kanker Mulut

Merupakan salah satu penyebab munculnya bintik hitam di lidah yang berbahaya dan juga ditakuti oleh banyak orang, yaitu kanker mulut. Ya, bintik hitam di lidah juga merupakan suatu gejala yang muncul karena adanya kanker mulut. Untuk mendeteksi apakah bintik hitam di lidah merupakan gejala dari kanker mulut, maka perlu adanya proses assesmen dari dokter kepercayaan. Biasanya gejala lain dari kemunculan kanker mulut adalah :

  • tubuh yang terasa sangat lemas
  • nafsu makan meningkat, namun berat badan mengalami penurunan drastis
  • menyebabkan kehilangan kesadaran.

Untuk mencegahnya, hindarilah bahaya merokok dan bahaya minuman keras. Selalu konsumsi menu makanan sehat sehari-hari dan mengandung antioksidan dan vitamin yang tinggi, sehingga dapat mencegah kemunculan kanker mulut.

6. Alergi dan reaksi terhadap obat-obatan tertentu

Bintik hitam di lidah juga dapat muncul karena akibat dari alergi dan reaksi bebrapa jenis obat-obatan tertentu. biasanya, obat yang dapat menyebabkan bintik hitam di lidah adalah obat yang memiliki kandungan bismuth salisilat, obat asma, anti depressant, dan beberapa jenis antibiotik.

Itulah beberapa penyebab umum dari munculnya bintik hitam di lidah, serta beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menanggulanginya. Semoga artikel mengenai bintik hitam di lidah ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit