Home Featured Nino Fernandez Hindari Kopi Hitam saat Malam Walau Suka, Apa Alasannya?

Nino Fernandez Hindari Kopi Hitam saat Malam Walau Suka, Apa Alasannya?

by Erlita

Kopi hitam tanpa gula mungkin tak banyak penggemarnya karena orang-orang menganggap jenis kopi ini kurang nikmat. Kopi pahit yang warnanya pekat hitam ini rupanya menjadi favorit seorang Nino Fernandez, aktor Indonesia kelahiran 13 Januari 1984 ini. Bahkan pusing bisa melanda ketika ia sampai melewatkan kopi hitamnya.

Selasa (26/11) lalu dilansir dari Tempo, Nino saat ditemui setelah event Launch of Nespresso Festive/Nordic Collection mengatakan bahwa kalau lupa minum kopi jadi suka pusing dan seperti ada yang hilang. Kopi hitam adalah minuman tepat baginya karena dirinya mengaku tak mengonsumsi gula. Tak hanya soal rasa, kopi hitam yang kaya antioksidan dan menjaga kesehatan jantung karena kebetulan ia sendiri memiliki masalah dengan jantungnya.

Meminum kopi hitam rutin sehari 2 kali pagi dan siang, rupanya memang ia sengaja menghindari konsumsi kopi pada sore dan malam hari. Pengaruh kafein membuatnya khawatir jika meminum kopi hitam sore atau malam, efek bahaya kafein yang mampu bertahan selama 6 jam di dalam tubuh dapat membuatnya tak bisa tidur malam.

Apa kaitan kopi dan insomnia?

Konsumsi siang ataupun sore sebenarnya mampu memperburuk pola tidur di malam hari karena tubuh manusia terdiri dari sel-sel yang memiliki ritme sirkadian. Ritme sirkadian sendiri merupakan proses biologis di mana waktu malam adalah waktunya tubuh beristirahat dan pagi waktunya tubuh untuk bangun dan beraktivitas kembali.

Meminum kopi hitam di sore atau malam hari membuat sel-sel dalam tubuh yang harusnya sudah mulai rileks dan siap beristirahat malah terjaga. Meski dapat tidur, pada beberapa orang tak bisa tidur dengan nyenyak, nyaman dan rileks. Inilah yang mampu memicu tubuh terasa lelah ketika keesokan hari bangun dan kembali berkegiatan.

Ini dapat menjadi siklus yang buruk bagi kesehatan tubuh ketika tubuh menjadi cepat lelah dan tak bertenaga keesokan harinya, dan lagi-lagi kopi dikonsumsi siang ataupun sore hari. Kopi tak membuat ngantuk, dan oleh karena inilah pola tidur alami tubuh terkena dampaknya. Susah tidur atau insomnia dapat menjadi efeknya, atau yang kita sebut dengan istilah insomnia.

Menurut sebuah penelitian dilansir dari laman homegrounds.co menunjukkan bahwa konsumsi kopi 0, 3, dan 6 jam sebelum beranjak tidur mampu mengganggu kualitas tidur pengonsumsinya. Walau tak semua orang mengalami efek kafein yang mengganggu tidur mereka, tetap batasi kopi atau minumlah kopi lebih awal jika sudah tahu bahwa tubuh akan terjaga semalaman akibat efeknya.

You may also like