Home Penyakit dan KelainanLupus 3 Penyebab Lupus dan Pengobatannya

3 Penyebab Lupus dan Pengobatannya

by Ana Rohma

Lupus adalah sebuah penyakit yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang semua sistem yang sehat dalam tubuh. Hal ini berarti sumber sistem kekebalan dalam tubuh akan merusak sistem tubuh yang sebenarnya sudah sehat. Sistem kekebalan tubuh justru tidak memberikan manfaat yang baik untuk tubuh dan justru akan menyebabkan timbulnya beberapa jenis penyakit yang berbeda. Genetik menjadi salah satu faktor yang paling besar munculnya penyakit lupus dan beberapa penderita memang membawa lupus dalam tubuh mereka sejak lahir.

Hingga saat ini memang penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Hanya saja beberapa pemicu potensial dianggap sebagai penyebab yang paling sering ditemui. Berikut ini adalah beberapa macam penyebab penyakit lupus yang berasal dari berbagai jenis faktor :

1. Faktor Hormon

Setiap orang memiliki hormon yang diproduksi dalam tubuh. Hormon merupakan sebuah zat kimia khusus yang berfungsi untuk mengatur sistem tubuh seperti mengendalikan sistem kerja sel dalam tubuh serta mendukung fungsi organ dalam tubuh. Selama ini penderita lupus wanita lebih banyak dibandingkan dengan penderita lupus pria. Dalam sebuah penelitian terbukti jika hal ini dipengaruhi oleh produksi hormon estrogen wanita yang sangat tinggi.

Semua wanita akan menghasilkan hormon estrogen yag lebih tinggi pada beberapa waktu seperti menjelang menstruasi dan selama kehamilan. Bagi penderita lupus gejala akan semakin parah setiap memasuki periode ini. Saat produksi hormon estrogen lebih tinggi maka tubuh wanita akan memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat dan biasanya lupus akan menunjukkan gejala pada masa ini.

Faktor hormon pada wanita juga bisa menyebabkan :

2. Faktor Genetika

Gen memang tidak terbukti menyebabkan lupus pada berbagai kondisi. Namun lupus mungkin bisa muncul pada seseorang karena pengaruh dari sistem gen dalam keluarga. Gen mengatur seseorang dalam sebuah keluarga akan menderita lupus sementara pada orang lain dalam satu keluarga yang sama tidak menderita lupus dan tetap sehat.Lupus juga bisa terjadi pada bayi yang terlahir dengan gen kembar indentik namun hanya satu bayi saja yang terkena penyakit lupus. Penelitian belum menemukan bagaimana sistem gen mengatur seseorang bisa menderita penyakit lupus sementara pada orang lain tetap sehat. Bahkan penyakit lupus juga bisa muncul pada sebuah garis keluarga yang sehat dan sama sekali belum pernah terkena penyakit lupus.

Beberapa gen yang diwarisi dari orang-orang dengan suku dan etnis tertentu juga bisa terkena penyakit lupus seperti pada orang Asia, Afrika, dan orang-orang asli yang berasal dari Pasifik.

Beberapa jenis penyakit memang disebabkan oleh genetika ini seperti :

3. Faktor Lingkungan

Berbagai jenis virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh memang diyakini bisa menyebabkan penyakit tertentu. Meskipun hingga saat ini belum ditemukan jenis virus atau bakteri tertentu penyebab lupus namun pada kondisi tertentu memang virus dan bakteri bisa memperparah kondisi penyakit lupus. Beberapa kondisi lingkungan tertentu bisa menyebabkan lupus dengan berbagai faktor pendukung.

Bahkan paparan sinar matahari dianggap sebagai salah satu pemicu lupus terutama ketika seseorang terkena paparan sinar UVB yakni bahaya sinar ultraviolet matahari. Pemicu lain yang berasal dari faktor lingkungan adalah zat kimia yang berasal dari pertanian atau industri. Beberapa pemicu lain yang mungkin bisa memperparah kondisi penyakit lupus antaralain adalah sebagai berikut.

  • Kebiasaan merokok atau terkena paparan bahaya asap rokok
  • Terkena paparan sinar dari lampu neon dalam jangka waktu panjang
  • Konsumsi berbagai jenis obat tertentu yang bisa menyebabkan seseorang bereaksi berlebihan terhadap sinar matahari. Beberapa jenis obat yang masuk dalam golongan ini adalah seperti obat sulfa dan pemicu diuretik
  • Cedera tertentu yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih rentan termasuk pemicu kematian mendadak
  • Emosi yang berkepanjangan akibat berbagai masalah dalam hidup.

Bagaimana Gaya Hidup untuk Lupus?

Penderita lupus mungkin memang tidak bisa mendapatkan obat yang tepat untuk mengatasi penyakit ini. Hingga saat ini memang belum ditemukan obat untuk mengatasi penyakit lupus. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh penderita lupus agar memiliki kehidupan yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa cara gaya hidup untuk penderita lupus :

1. Olahraga

Memang biasanya penderita lupus tidak bisa melakukan olahraga dengan bebas sebab memang harus menjaga kondisi tubuh agar tidak terlalu lelah. Namun penderita lupus tetap bisa melakukan olahraga dengan beberapa cara yaitu memilih olahraga yang berfungsi untuk :

  • menjaga agar jantung tetap sehat
  • mengurangi beban pikiran
  • mengatasi depresi
  • membuat tubuh menjadi tidak kaku
  • melatih kekuatan otot
  • membuat tubuh tetap bergerak
  • menghindari peradangan tulang dan otot

Beberapa jenis olahraga yang sangat disarankan antaralain adalah seperti jalan kaki, bersepeda, berenang dan yoga ringan.

2. Batasi Aktivitas

Penderita lupus memang harus mengatur waktu istirahat dengan baik. Masalah yang paling sering terjadi adalah ketika penderita lupus harus sering merasakan kelelahan yang parah. Bahkan setelah lelah maka penderita lupus harus beristirahat dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengatasi hal ini maka penderita lupus harus waspada dengan berbagai aktivitas yang bisa membuat tubuh menjadi lebih lelah. Penderita lupus harus menyadari hal ini sepenuhnya untuk mengatur waktu istirahat yang paling baik.

Beberapa penderita penyakit berikut ini juga membutuhkan pembatasan aktivitas :

3. Istirahat

Mungkin penderita lupus merasa bosan karena harus lebih sering beristirahat. Bahkan penderita lupus harus menghindari berbagai jenis aktivitas yang dilakukan pada siang hari karena paparan sinar matahari yang lebih kuat. Jadi penderita lupus disarankan untuk lebih sering istirahat pada siang hari dengan bersantai di rumah atau tidur siang saja.

Istirahat di siang hari ini dibutuhkan saat mengalami :

4. Atasi Nyeri

Penderita lupus akan terus merasakan nyeri akibat dari efek penyakit terutama nyeri pada bagian sendi, tulang, dan otot tubuh.

Untuk mengatasi beberapa masalah ini maka penderita lupus bisa mengambil beberapa tindakan seperti : menemukan cara untuk mengendalikan rasa sakit seperti dengan meditasi, akupuntur, konsumsi obat anti nyeri ketika rasa nyeri memang sudah tidak dapat dikendalikan.

Jenis obat anti nyeri tersebut yakni :

5. Lindungi Tubuh dari Radiasi

Penderita lupus memang akan memberikan reaksi yang terlalu parah ketika terkena radiasi baik yang berasal dari sinar matahari maupun sinar dari lampu neon. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melindungi tubuh dari gangguan radiasi dengan cara menggunakan berbagai jenis pakaian yang melindungi tubuh dari sinar. Gunakan tabir surya yang bisa menolak efek sinar matahari ketika terpaksa harus keluar pada siang hari, dan menghindari sinar matahari pada jam-jam tertentu seperti pada jam 10 pagi hingga 2 siang.

6. Pilih Makanan Tepat

Semua penderita lupus harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman sehat. Ada berbagai pilihan makanan yang bisa dilakukan seperti dibawah ini :

  • Hindari daging merah yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan mulai beralih ke ikan yang banyak mengandung zat omega 3 seperti ikan salmon.
  •  Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu rendah lemak, yogurt, keju, bayam, brokoli, sawi dan berbagai jenis sayuran dengan warna hijau.
  • Hindari berbagai jenis sayuran dengan warna cerah seperti tomat, paprika, kentang dan terong.

Jadi penderita lupus masih bisa menjalani hidup yang normal dengan membatasi diri dari pemicu parahnya penyakit lupus. Penderita lupus harus mengendalikan diri agar tubuh tetap sehat sehingga bisa menjalani berbagai aktivitas.

You may also like