Home Merk Obat A-ZMerk Obat K Kaloste – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

Kaloste – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

by Robi Diansah

Kaloste adalah obat yang tergolong ke dalam suplemen makanan yang berfungsi di dalam mengobati berbagai masalah yang terjadi pada persendian. Di dalam Kaloste, terkandung beberapa zat aktif antara lain glucosamine, vitamin, chondroitin sulfate, dan juga mineral yang mana zat-zat tersebut dibutuhkan untuk mengobati permasalahan pada tulang dan sendi anda.

Kaloste adalah obat yang bisa anda dapatkan meskipun tanpa melalui resep dokter karena memang obat ini termasuk obat yang dijual bebas. Obat yang diproduksi oleh Kalbe Farma ini mengandung setidaknya zat dengan takaran sebagai berikut:

  • Glucosamine HCl sebanyak 500 mg
  • Chondroitin sulfate sebanyak 400 mg
  • Vit C sebanyak 50 mg
  • Mg sebanyak 10 mg
  • Zink 5 mg
  • Manganese 0.5 mg

Sekedar informasi bahwa glucosamine merupakan sebuah senyawa monosakarida yang dibuat dengan cara menghidrolis cangkang kerang. Artinya, glucosamine memang didapatkan melalui cangkang kerang, sumsum tulang, tulang hewan, maupun juga jamur. Selain itu, senyawa ini juga bisa anda peroleh dari biji-bijian, seperti misalnya jagung ataupun gandum.

Untuk chondroitin sulfate, ia merupakan senyawa sulfat glikosaminoglikan atau yang biasa disingkat menjadi GAG. Ia merupakan komponen struktural yang penting di dalam tulang rawan yang memiliki pengaruh terhadap ketahanan tulang ketika mengalami tekanan. Biasanya, suplemen yang mengandung senyawa ini berguna di dalam pengobatan osteoarthritis.

Fungsi Kaloste

  1. Kaloste merupakan suplemen makanan yang digunakan untuk mengobati osteoarthritis.
  2. Kaloste juga digunakan sebagai solusi bagi seseorang yang menderita rematik.
  3. Indikasi lain yang ada pada Kaloste yakni untuk mengobati berbagai macam gangguan persendian yang lainnya. Beberapa kondisi tersebut antara lain bengkak, nyeri sendi, maupun juga kekakuan yang mana kondisi tersebut diakibatkan oleh arthritis.

Kontraindikasi Kaloste

  • Bagi seseorang yang pernah mengalami alergi terhadap kandungan yang ada pada Kaloste dianjurkan untuk berhati-hati ketika mengkonsumsi obat ini.
  • Bagi seseorang yang pernah mengalami hipersensitivitas terhadap obat nyeri, dianjurkan untuk berhati-hati agar tidak sampai mengalami permasalahan yang sama.
  • Perlu anda tahu bahwa meskipun glucosamine berasal dari cangkang kerang, penggunaannya masih aman untuk seseorang yang memiliki alergi kerang. Hal ini karena yang biasanya menimbulkan alergi adalah daging kerang dan bukan cangkangnya. Meskipun begitu, produsen tetap memberikan peringatan terhadap konsumen agar ia tidak sampai mengalami permasalahan yang tidak diinginkan.

Dosis Kaloste

  • Untuk dosis yang diberikan kepada pasien yang memiliki berat badan lebih dari 55 kg, maka doss yang harus diberikan adalah sebanyak 1 caplet dan diminum dalam 3 kali sehari.
  • Sementara untuk pasien yang memiliki berat badan dibawah 55 kg, maka dosis yang harus diberikan sebanyak 1 kaplet dan cukup diminum 2 kali sehari.
  • Jika anda memiliki informasi yang berkaitan dengan takaran dosis Kaloste, terutama untuk dosis yang harus anda minum, maka anda bisa menanyakan hal tersebut kepada dokter karena mungkin anda memiliki dosis yang berbeda, tergantung respon tubuh dan seberapa parah penyakit yang anda alami.

Cara Penggunaan Kaloste

  1. Kaloste harus selalu anda gunakan sebagaimana dosis yang sudah tertera di kemasan obat.
  2. Jika anda melewatkan satu dosis, maka anda harus segera meminumnya. Namun, jika jarak dosis yang terlewat tersebut tidak jauh dengan dosis selanjutnya, maka anda lebih baik menunggu untuk meminum dosis selanjutnya tersebut.
  3. Ingat, jangan menggandakan dosis Kaloste atau malah meminumnya dalam rentan waktu yang berdekatan.
  4. Jika penggunaan Kaloste malah mengakibatkan anda mengalami ruam kulit maupun juga gatal, maka anda harus hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter.

You may also like