10 Obat Jari Tangan Kaku Paling Mujarab

14345

Pernahkan kalian merasakan kekakuan pada bagian tubuh ? Seperti bagian jari yang tiba tiba kaku. Susah di gerakkan, jari menjadi terkunci pada posisi tertentu. Bahkan sampai terasa sakit dan nyeri. Tentu saja keadaan ini sangat mengganggu aktivitas harian anda. Bahkan sampai membuat anda berhenti melakukan kegiatan, karena jari tersebut menyita perhatian. Mengapa bisa terjadi demikian ?(Baca : penyebab otot kaku, tangan kram dan kaku )

Alasan  penyebab tangan kaku adalah karena tendon yang ada pada jari atau jempol mengalami inflamasi atau pembengkakan. Tendon adalah penghubung antara tulang dan otot, sehingga bisa terbentuk jaringan pita keras. Saat jari tangan digerakkan, bagian otot dan tendon pada lengan bersama – sama menekuk jari tangan. Bisa juga terjadi ketika hendak meluruskan tangan. Biasanya pergerakan yang dilakukan saat menarik (menekuk) tendon yang radang melalui selubung tendon menimbulkan bunyi ‘klik’. Inilah yang alasan penyebab otot kaku sehingga menjadi tangan kram dan kaku.

Memang, dalam keadaan sehari hari pergerakan ini bisa berjalan lancar. Namun, kadang pada suatu kondisi tendon bisa mengalami pembengkakan. Hal ini jika di biarkan terus menerus, bisa menyebabkan peradangan. Itulah mengapa anda harus berhati – hati saat melakukan hal ini. Karena dampaknya bisa berbahaya untuk tubuh anda. (Baca Juga: Telapak Tangan Sakit , Obat Tradisional Tangan Kesemutan)

Diagnosis untuk Gejala Jari Tangan Kaku

Nyeri sendi yang anda rasakan mungkin merupakan suatu gejala penyakit tertentu. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Apalagi, jika nyeri yang anda rasakan terjadi pada beberapa waktu tertentu. Misal pagi hari. Maka, apa yang perlu di lakukan jika menjumpai  gejala jari tangan yang kaku ? (Baca juga: Bahaya Tangan Kanan Kesemutan , Ujung Jari Kesemutan)

Segeralah untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter terdekat. Sebab, jari tangan yang kaku tersebut bisa terjadi karena adanya masalah sendi dan syaraf. Hanya dokter yang bisa melakukan diagnosis untuk mengetahui adanya gejala lebih lanjut. Biasanya akan di lakukan pemeriksaan seperti CT Scan dan MRI. Ke dua hal ini berguna untuk melihat rontgen apa yang terjadi di dalam tulang anda. Di sarankan jangan membeli obat sendiri. Karena bahaya antibiotik tanpa resep dokter bisa berakibat buruk.

Setelah mengetahui akar permasalahan kenapa jari tangan anda kaku, dokter bisa memberikan diagnosis lebih lanjut. Biasanya jari tangan yang kaku ini sering di sebabkan karena adanya masalah kesehatan tulang dan sendi. Beberapa penyakitnya adalah arthritis atau biasa di kenal dengan penyakit rematik. Reumatik arthritis adalah penyakit yang menyerang bagian persendian, misalnya pergelangan tangan dan jari jemari tangan. (Baca Juga: Tanda-tanda Rematik , Gejala Rematik Kaki)

Obat Jari Tangan Kaku

Jangan salah, men’klik’ kan jari jemari yang biasanya kita lakukan ternyata bisa berakibat fatal. Kebiasaan  akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Meskipun bisa di akui bahwa dengan menge-klik jari tangan akan membuat lebih nyaman dan tidak pegal. Lantas jika sudah terlanjur kaku, apa baiknya kita lakukan ? Berikut adalah beberapa obat yang banyak di rekomendasikan :

1. Ekstrak teripang

Berdasarkan penelitan yang di lakukan oleh banyak ilmuan, teripang dapat membantu mengobati syaraf tabf kaku. Di dalam teripang banyak senyawa yang aktif, berguna untuk membantu kesehatan anda.  Beberapa senyawa aktif ini antara lain protein 86,8% , kolagen 80,0% , mukopolisakarida , glucasaminoglycans (GAGs) , Antiseptik alamiah , glucosamine dan chondroitin , saponin, omega-3, 6, dan 9 , asam Amino , lektin , vitamin dan mineral. (Baca Juga: Khasiat Teripang Laut , Akibat Kelebihan dan Kekurangan Asam Amino)

2. Ramuan Kunyit

Jika kesulitan untuk mencari teripang, anda bisa memanfaatkan kunyit untuk mengobatnya. Yakni dengan cara menumbuk halus kunit tersebut. Tambahkan air hangat dan gula merah agar manis rasanya. Ramuan tersebut harus di minum teratur untuk mengurangi rasa nyeri di sendi. (Baca Juga: Khasiat Minum Air Hangat Setelah Makan , Bahaya Mandi Air Hangat)

3. Menggunakan jinten hitam

Siapa sangka menggunakan jinten hitam bisa mengobati jari tangan yang kaku ? Biasanya anda mengenal jinten hitam dengan ramuan habattussauda. Ramuan ini cukup aktif untuk membantu mengobati jari tangan yang kaku. Caranya cukup dengan merebus jinten hitam dan di konsumsi setiap pagi dan sore hari. (Baca Juga: Pergelangan Tangan Sakit)

4. Konsumsi green tea atau teh hijau

Biasanya konsumsi teh hijau di gunakan untuk perawatan kulit dan kecantikan wajah. Tapi siapa sangka, teh hijau juga berkhasiat lebih. Misalnya sebagai ramuan untuk mengobati jari tangan kaku. Kandungan teh hijau ini terdapat senyawa aktif yang membantu meredakan nyeri. Salah satunya adalah oksida. (Baca juga: Efek Samping Ampas Teh , Bahaya Teh Daun Jati)

5. Olahan kulit manggis

Banyak orang yang menyukai buah manggis. Tapi siapa sangka khasiatnya bisa menyembuhkan jari tangan yang kaku ? Para ahli kesehatan sudah meneliti khasiat dari bahan alami ini. Ternyata terdapat xanthone yang bisa memproduksi anti oksidan. Zat ini bisa berguna untuk membantu menangkal radikal bebas serta memperbaiki sistem peredaran darah. Bahkan khasiat olahraga bukan hanya untuk atasi jari tangan kaku, juga bisa olahraga untuk diet. (Baca Juga: Bahaya Makan Manggis , Khasiat Kulit Manggis)

6. Ramuan daun sirsak

Sirsak menjadi buah yang cukup di minati oleh masyarakat Indonesia. Jangan salah, ternyata buah ini juga berkhasiat untuk membantu meredakan kekakuan jari tangan. Di dalam daun ini terdapat senyawa acetogenins. Senyawa ini adalah sanyawa aktif yang kuat. Di mana mampu membunuh sel sel abnormal yang berbahaya bagi tubuh. (Baca Juga: Efek Samping Daun Sirsak)

7. Kapsul yang mengandung astragalus mongholicus

Merupakan salah satu kapsul yang memiliki khasiat lebih. Salah satunya untuk mengatasi peradangan pada persendian. Kapsul ini bisa di dapatkan pada apotek terdekat. Biasanya obat ini akan di campur dengan beberapa bahan lain. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kekurangan Kalsium  )

8. Khasiat dari Drynaria rhizome

Menjadi salah satu ramuan yang cukup terkenal di negara China. Bahkan populernya adalah sebagai obat tulang. Ramuan ini biasanya sangat baik dan banyak di gunakan sebagai ramuan kesehatan tulang dan otot. Bahkan di kenal sebagai zat yang mampu menurunkan kolestrol serta pencegahan plak aterosklerotik. (Baca Juga: Obat Nyeri Sendi Tangan , Penyakit Tangan Berlubang)

9. Makan sayuran dan buah – buahan

Selain itu, untuk membantu pemulihan rasa kaku di jari tangan bisa di mulai dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi. Misalnya seperti sayuran yang banyak mengandung zat besi, contohnya bayam dan kangkung. Selain itu juga di tambah konsumsi buah buahan, yang berguna untuk perawatan kesehatan tulang. Meskipun tidak di gunakan sebagai pengobatan, tapi jika makanan yang di makan itu bernutrisi tinggi akan membantu pemulihan lebih cepat. Misalnya makan sayur gambas, sebab ada banyak khasiat sayur gambas untuk kesehatan

10. Konsumsi susu dengan teratur

Sama dengan makanan bernutrisi, seperti buah dan sayuran. Susu menjadi salah satu minuman yang baik untuk tubuh. Konsumsi susu setiap hari untuk membantu pembentukan tulang dan penguatan. Susu juga di percaya sebagai bahan yang baik untuk merawat tulang. Jika tidak membantu penyembuhan, paling tidak susu menjadi bahan yang membantu dalam pemulihan. (Baca Juga: Bahaya Susu Kaleng , Bahaya Susu Bubuk)

Itulah beberapa obat yang bisa di gunakan untuk jari tangan yang kaku. Selamat mencoba ^_^