10 Khasiat Teripang Laut untuk Kesehatan Tubuh

3308

Teripang laut atau yang sering disebut dengan timun laut merupakan hewan laut invertebrata. Disebut juga dengan timun laut karena bentuknya menyerupai mentimun, meski dari segi warna sangat berbeda. Teripang bergerak lambat, biasanya hidup secara individual. Teripang banyak ditemukan di seluruh bagian lautan, baik di pesisir maupun di wilayah laut pedalaman. Teripang laut sering dijadikan sebagai salah satu bahan makanan dan juga bahan untuk membuat obat herbal. Kekayaan biota laut seperti ikan, udang dan lainnya, termasuk teripang memiliki banyak manfaat karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam teripang laut.

  • Protein. Protein merupakan kandungan nutrisi yang paling besar pada teripang laut. Protein berperan sebagai cadangan energi sekaligus untuk membantu regenerasi sel. Kandungan nutrisi protein dalam teripang laut mencapai 82%. Maka tidak salah jika teripang dijadikan sebagai salah satu asupan sumber protein hewani. ( Baca : Akibat kelebihan proteinPenyakit akibat kekurangan proteinMakanan yang mengandung protein )
  • Glucosamine dan chondroitine. Keduanya adalah salah satu jenis antioksidan yang dapat berperan untuk mencegah masuknya berbagai penyakit ke dalam tubuh. Kedua jenis nutrisi tersebut sangat banyak ditemukan dalam teripang laut. Karena khasiatnya sebagai antioksidan, teripang laut sering dijadikan sebagai bahan tambahan untuk krim anti-aging.
  • Karbohidrat. Teripang laut mengandung setidaknya 9 jenis karbohidrat. Kandungan karbohidrat dalam teripang laut memang tidak terlalu besar, sehingga teripang aman dikonsumsi sebagai salah satu asupan diet sehat. ( Baca : Akibat kelebihan karbohidratPenyakit akibat kekurangan karbohidratMakanan yang mengandung karbohidrat )
  • Lemak. Lemak berperan sebagai cadangan energi jika asupan karbohidrat dalam tubuh kurang. Kandungan lemak dalam teripang laut mencapai 1,7%. Lemak yang terkandung dalam teripang laut terdiri atas 59 jenis asam lemak. Meskipun teripang mengandung lemak, Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi teripang laut. Kandungan lemak pada teripang adalah jenis asam lemak yang baik untuk tubuh. ( Baca : Jenis jenis lemak
  • Kandungan nutrisi lain. Selain berbagai kandungan nutrisi yang sudah disebutkan di atas, teripang laut masih memiliki banyak nutrisi lain yang baik bagi kesehatan, seperti vitamin A, B1, B2, dan B3, omega 3, 6, dan 9, 5 jenis sterol, dan juga 10 jenis mineral.

Berikut ini khasiat teripang laut :

Kandungan nutrisi pada teripang laut yang begitu beraneka ragam membuatnya sangat aman untuk dikonsumsi. Lain halnya dengan asupan hewani lainnya, teripang laut mengandung lemak baik yang tersusun atas omega 3, 6, dan 9. Semua nutrisi tersebut dapat menjaga kesehatan jantung dan berperan dalam pembentukan otak bayi. Selain itu, kandungan lain dalam teripang laut juga masih memiliki segudang manfaat lain. Apa saja? Berikut penjelasannya :

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan musuh bagi kesehatan manusia. Makin tinggi kadar kolesterol jahat dalam tubuh maka makin besar pula resiko timbulnya berbagai penyakit, seperti jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah, dan juga obesitas. Trigliserida merupakan salah satu komponen pembentuk kolesterol. Makin tinggi kadar trigliserida dalam tubuh secara ototmatis kadar kolesterol juga akan meningkat. Mengkonsumsi teripang laut ternyata terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh sehingga kadar kolesterol total dalam tubuh dapat terkontrol.

Makin rendah kadar kolesterol, tubuh justru akan semakin sehat. Kandungan DHA (asam decosahexanat) dalam teripang dapat menurunkan kadar trigliserida.

Baca : Tanda kolesterol tinggiBahaya kolesterol LDL tinggi

  1. Membantu Pembentukan Jaringan Otak pada Janin

Mengkonsumsi teripang laut sangat dianjurkan bagi wanita hamil. Alasannya, wanita hamil memerlukan banyak nutrisi untuk membantu perkembangan pembentukan jaringan pada janin. Kandungan omega 3, 6, dan 9 pada teripang sangat baik untuk perkembangan janin, terutama untuk membentuk jaringan otak pada janin. Biota laut sejak dahulu memang dipercaya untuk mencerdaskan seseorang. Maka jangan heran jika wanita hamil mengkonsumsi banyak teripang laut, kelak anaknya akan menjadi anak yang cerdas.

  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Teripang juga kaya akan antioksidan, di antaranya glucosamine dan chondroitine. Keduanya berperan untuk mencegah masuknya berbagai penyakit akibat radikal bebas. Salah satu penyakit yang bisa muncul akibat radikal bebas adalah penyakit kanker. Konsumsi teripang laut dapat mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

  1. Obat bagi Penderita Diabetes Melitus

Penderita diabetes melitus disebabkan oleh menurunnya produksi insulin oleh pankreas. Konsumsi teripang laut yang tinggi akan kandungan protein dapat membantu proses regenerasi sel beta pankreas. Sel beta pankreas tersebut sangat baik untuk meningkatkan pembentukan insulin di pankreas. Hal tersebut didasarkan pada penelitian yang telah dilakukan oleh Dr.Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI. Konsumsi teripang terbukti dapat meingkatkan produksi insulin sehingga gula darah akan terkontrol.

Baca : Ciri ciri diabetes melitus

  1. Menguatkan Tulang

Proses pembentukan tulang tidak hanya diperoleh melalui asupan kalsium saja. Kolagen merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan untuk menguatkan tulang, selain kalsium. Kandungan protein dalam teripang laut sebesar 82% sebagian besar terdiri atas susunan kolagen, yakni sebesar 80%. Kolagen berfungsi untuk pengisi tulang sehingga tulang menjadi lebih kuat. Antara kolagen dan kalsium, keduanya bekerja sama untuk membentuk tulang yang kuat. Tanpa kolagen, tulang akan mudah keropos dan rapuh, sedangkan tanpa kalsium, tulang akan menjadi lembek. Kerja sama antara kalsium dan kolagen akan menghasilkan tulang yang kuat dan anti keropos sehingga terhindar dari osteoporosis.

Baca : Penyebab osteoporosis

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka di Kulit

Kandungan kolagen yang begitu besar dalam teripang laut tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kolagen juga baik untuk membantu pembentukan jaringan pada kulit. Jadi, bagi Anda yang memiliki luka di kulit, Anda dapat mengkonsumsi teripang laut untuk mempercepat penyembuhan luka. Kolagen akan membantu proses perbaikan jaringan pada sel-sel kulit yang mengalami kerusakan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Konsumsi teripang laut terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa yang berperan dalam sistem imun tubuh ini adalah antioksidan alami dan juga antiseptik dalam teripang laut. Konsumsi teripang juga dapat merontokkan berbagai racun yang bersarang pada hati, sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

  1. Meningkatkan Kinerja Ginjal dan Limfa

Ginjal dan limfa yang tidak bekerja dengan baik biasanya akan menyebabkan kadar gula darah tidak terkontrol. Asupan teripang laut dipercaya dapat memperbaiki kinerja ginjal dan juga limfa, sehingga gula dalam darah dapat dicerna dengan baik.

  1. Menyembuhkan Maag

Untuk Anda penderita maag yang sudah akut, Anda dapat mencoba mengkonsumsi teripang laut. Maag yang sudah akut biasanya disebabkan oleh dinding lambung yang mengalami luka. Kandungan kolagen dalam teripang tidak hanya berfungsi memperbaiki jaringan kulit yang rusak, kolagen juga berperan menyembuhkan dan memperbaiki jaringan dinding lambung yang mengalami kerusakan sehingga maag dapat disembuhkan.

Baca : Obat maag tradisional

  1. Meredakan Nyeri

Anda yang sedang demam dan merasa nyeri dapat mencoba konsumsi teripang laut. Teripang laut ternyata mengandung anti analgesik sebanyak 3 kali lipat dari paracetamol biasa. Selain dapat menggantikan obat kimia seperti paracetamol yang menghilangkan nyeri, Anda juga dapat memperoleh manfaat lain dari nutrisi yang dikandung oleh teripang.

Demikian beberapa khasiat teripang bagi kesehatan tubuh. Konsumsi teripang laut dapat melalui berbagai metode, seperti konsumsi langsung daging teripang yang sudah dimasak, atau dengan konsumsi ekstrak teripang dimana ekstrak ini dalam bentuk serbuk yang telah dikapsulkan.