Cardiotone – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

412

Cardiotone adalah obat yang dipergunakan untuk mengobati penyakit kardiovaskular, hipertensi, kadar kolesterol tinggi dan trigliserida tinggi. Selain itu obat ini sangat bermanfaat dalam berbagai jenis penyakit jantung dan juga bisa untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Obat harus menggunakan resep dokter dalam pembeliannya. Cardiotone ini diproduksi oleh Pharos dengan 2 varian yang tersedia dalam bentuk kapsul dan injeksi.

Cardiotone efektif untuk mengencangkan, melindungi sistem kardiovaskular, meningkatkan kemampuan memompa jantung, mengurangi lengket dalam darah dan juga meningkatkan aliran darah melalui arteri. Produk ini juga dipergunakan juga untuk perawatan, kontrol dan perbaikan kondisi gagal jantung kongestif. Kinerja Cardiotone dengan cara meningkatkan kondisi pasien dengan melakukan fungsi peningkatan kekuatan dan kekuatan detak jantung agar beredar lebih banyak darah melalui tubuh.

Kandungan Cardiotone 

Cardiotone mengandung Dobutamine HCl atau yang disebut juga dengan Dobutamine Hydrichloride. Dobutamine dalam Cardiotone berfungsi merangsang reseptor beta-1 pada organ jantung dan meningkatkan kekuatan kontraksi otot jantung, sehingga volume darah yang dipompa meningkat. Selain itu Dobutamine mampu menurunkan resiko detak jantung yang tidak teratur, mengatasi gagal jantung yang disertai syok kardiogenik dan syok septic dengan gangguan fungsi ventrikel jantung.

Fungsi Cardiotone 

Fokus utama dari Cardiotone adalah

  1. mengobati penyakit jantung,
  2. meningkatkan aliran darah ke jantung,
  3. menurunkan kadar kolesterol
  4. memperkuat arteri.

Indikasi Cardiotone 

Indikasi utama dari Cardiotone adalah dukungan inotropik untuk jangka pendek pada pasien dengan dekompensasi kordis (kompensasi jantung) karena tertekannya kontraktilitas jantung, akibat adanya penyakit jantung organic atau prosedur operasi jantung. Fibrilasi atrium dengan responventrikular yang cepat.

Dosis dan cara penggunaan Cardiotone 

  • Gunakan Cardiotone dengan kecepatan infus 2.5-10 mcg/kg BB/mnt yang dapat ditingkatkan hingga 40 mcg/kg BB/mnt.
  • Kemudian penyesuaian dosis tergantung dari kecepatan detak, denyut, irama dan ritme jantung, tekanan darah dan dieresis.

Peringatan Cardiotone 

  1. Sebelum menggunakan Cardiotone, sebaiknya informasikan detail kesehatan Anda kepada dokter. Informasi ini termasuk alergi, penyakit yang sudah ada, kondisi saat ini, hamil, berencana untuk hamil atau menyusui.
  2. Perhatian ekstra Cardiotone pada wanita hamil dan menyusui
  3. Penelitian terhadap reproduksi pada binatang ataupun wanita hamil, tidak menunjukkan adanya resiko terhadap janin dan tidak memperlihatkan adanya efek merugikan (kecuali penurunan fertilitas atau kesuburan), dimana tidak ada penelitian lebih lanjut yang menginformasikan resiko pada wanita hamil pada semester pertama dan tidak adanya bukti resiko di trisemester selanjutnya. 

Interaksi Cardiotone

Interaksi yang mungkin terjadi pada Cardiotone adalah Nitroprusid dan penyekat β. Bila dikonsumsi dengan obat lain dalam waktu bersamaan, maka efek Cardiotone bisa berubah. Perubahan ini dapat meningkatkan resiko untuk efek samping yang lain atau bahkan menyebabkan Cardiotone tidak dapat bekerja dengan baik. Informasikan dengan dokter Anda terkait suplemen herbal atau vitamin yang sedang dikonsumsi. Informasi ini penting agar dokter Anda dapat membantu mencegah atau mengatur interaksi Cardiotone yang kemungkinan akan terjadi. Cardiotone dapat berinteraksi dengan obat :

  • Cimetidine
  • Entacapne
  • Droxidopa
  • Methyldopa

Kemasan Cardiotone 

Kemasan Cardiotone berupa Cardiotone (ampul) 250 mg/5 mL x 1’s

Efek Samping Cardiotone 

Penggunaan Cardiotone dapat terjadi adalah

adanya peningkatan kecepatan denyut jantung,

  1. tekanan darah,
  2. hipotensi,
  3. mual,
  4. sesak nafas,
  5. sakit kepala,
  6. nyeri dada yang tidak spesifik,
  7. flebitis, palpitasi
  8. dispnea.

Efek samping tersebut mungkin dapat terjadi tetapi tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping, mungkin langka tetapi serius. Lakukan selalu konsultasi dengan dokter Anda untuk meminimalisir efek samping tersebut.

Kontradiksi Cardiotone 

Kontradiksi Cardiotone adalah Kardiomiopati obstruktif dan idiopathic hypertropic subaortic stenosis