13 Cara Mengatasi Tidur Berlebihan secara Alami Wajib Dicoba

Apakah Anda memiliki kebiasaan untuk tidur berlebihan akhir-akhir ini? Tidur lebih dari waktu idealnya dan terlalu sering dapat menjadi tanda dari sebuah masalah kesehatan. Tidur lebih dari 7-9 jam setiap hari atau terlalu sering tidaklah wajar dan bahkan bila setelahnya tubuh masih suka cepat lelah. Adakah cara mengatasi tidur berlebihan yang bisa membantu? Intip cara-cara di bawah ini.

  1. Menetapkan Jadwal Tidur

Membuat jadwal tidur artinya kita harus tidur dan bangun di waktu yang sama seperti yang sudah ditentukan setiap harinya. 7-9 jam adalah waktu paling normal untuk tidur walau kebutuhan setiap orang untuk tidur biasanya tidaklah sama satu sama lain.

Para remaja pada umumnya memerlukan waktu tidur panjang ketimbang orang dewasa sehingga masa tumbuh kembangnya pun dapat berjalan dengan lancar. Pada orang dewasa, ada pula sebagian yang cukup hanya dengan tidur 6 jam setiap harinya di malam hari, namun tetapkanlah jadwal bila ingin lebih terbantu dan ikuti jadwal yang sudah dibuat tanpa menambah atau mengurangi.

  1. Menyetel Alarm

Ada beberapa orang yang akan dengan mudahnya lupa untuk tidur karena saking asyiknya mengobrol atau melakukan aktivitas dengan gadget. Menyetel alarm berguna sebagai pengingat bahwa sudah waktunya tidur bagi Anda. Namun jika sudah mematikan seluruh barang elektronik sebelumnya, minta tolong orang rumah untuk mengingatkan Anda.

  1. Meletakkan Alarm di Ruang Keluarga

Lebih disarankan untuk menaruh jam alarm di ruang keluarga saja daripada di ruang keluarga. Dengan suara alarm yang lebih jauh, hal ini akan mencegah Anda untuk mematikannya dengan mudah dan akhirnya tidur lagi. Dengan cara ini, Anda bakal bangun, mencari alarm dan mematikannya di mana biasanya setelah bangun dari tempat tidur, pasti enggan untuk kembali lagi tidur.

  1. Tidak Menekan Tombol Tunda pada Alarm

Saat alarm berbunyi di pagi hari, kita biasanya tergoda untuk menambah waktu tidur dengan menekan tombol tunda. Karena hal inilah kita bisa menjadi jauh lebih lelah karena sewaktu tombol tunda ditekan, otak makin diperbolehkan untuk masuk ke siklus tidur. Beberapa kali lagi menekan tombol tersebut hanya akan membuat tubuh cepat lelah dan limbung, jadi lebih baik hindari aktivitas tekan tombol tunda pada alarm dan segera bangun sebelum tubuh dibuat lebih lelah. Setiap kali ingin memperpanjang waktu tidur, ingat akan akibat kebanyakan tidur bagi kesehatan.

  1. Meregangkan Tubuh pada Waktu Bangun

Saat sudah pagi dan alarm berbunyi, pastikan untuk meregangkan tubuh lebih dulu dan bangunlah. Buka tirai kamar dan sinar matahari dapat dibiarkan masuk ke ruang kamar Anda. Cara ini akan membantu Anda dalam menghadapi hari itu secara lebih semangat dan yakinkan diri untuk melakukan serta mengalami segala hal positif.

  1. Cuci Muka dan Mandi

Supaya tidur tidak bertambah lama dan berlebihan, sewaktu sudah mematikan alarm dan meregangkan tubuh, segera cuci muka dan mandi. Cara ini akan lebih menyegarkan tubuh ketimbang tidur lebih lama; bahkan dianjurkan untuk mengganti-ganti antara air dingin dan panas setiap 20 detik agar tak mengantuk lagi.

  1. Mematikan Alat Elektronik

Mematikan ponsel, komputer, televisi, tablet dan segala gadget yang biasa digunakan beberapa jam sebelum tidur adalah salah satu cara untuk tidur lebih awal dan lelap sehingga tidur pun tak menjadi berlebihan keesokan harinya. Produksi melatonin atau hormon yang membantu kita rileks akan tertekan oleh karena jenis cahaya yang keluar dari layar gadget kita.


  1. Melakukan Kegiatan Santai sebelum Tidur

Supaya tidur tak berlebihan dan Anda bisa merasa cukup, biasakan untuk tidur dengan durasi yang ideal dan hal ini bisa terlaksana apabila setiap sebelum tidur kita melakukan sejumlah kegiatan santai, seperti membaca buku, mandi air hangat dan mendengarkan lagu-lagu bertempo lambat namun menenangkan.

Kegiatan-kegiatan tersebut diketahui efektif dalam membantu supaya tubuh dan pikiran lebih tenang. Dengan begitu, otak pun akan ikut rileks sehingga kita akan merasa mengantuk lama-kelamaan yang tentunya membantu tidur lebih cepat dan nyenyak nantinya. Bila dibiasakan seperti ini, kita tak akan membutuhkan jam tidur lebih.

  1. Menghindari Tidur Sore

Tidur malam yang cukup adalah lebih baik ketimbang tidur malam yang kurang namun siang atau sore tidur cukup lama. Bila ingin tidur siang, maka tentunya jauh lebih baik kalau sekitar jam 1-2 siang dan tidak lebih dari jam 3. Benar memang bahwa pada jam tersebut kita akan terserang rasa kantuk hebat.

Namun kita semua perlu tahu bahwa tidur siang setelah jam 3 hanya akan berpengaruh terhadap kualitas tidur malam. Bahkan kalaupun ingin tidur siang, 1-2 jam itu terlalu lama dan lebih dianjurkan untuk mengambil waktu paling lama 30 menit hanya untuk mengembalikan kesegaran tubuh tanpa mengganggu tidur malam.

  1. Menghindari Makanan Berat di Siang Hari

Meski boleh-boleh saja untuk tidur siang selama 30 menit, alangkah baiknya kalau Anda bisa menghindari tidur siang sama sekali supaya malam hari hingga paginya tidak tidur terlalu lama. Caranya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan-makanan berat pada waktu makan siang karena hal ini menjadi penyebab sering mengantuk terutama saat siang. Menu salad dengan menyertakan 3-4 ons protein bakal membuat Anda segar walau di siang hari.

  1. Tidak Olahraga sebelum Tidur

Tidur berlebihan pada esok harinya di mana sudah waktunya untuk beraktivitas bisa dikarenakan sebelum tidur kita terbiasa berolahraga. Olahraga bisa dilakukan lebih awal dan tidak 3 jam sebelum tidur. Ketika waktu olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, tubuh dan pikiran justru akan terangsang untuk menjadi lebih aktif sehingga tak bisa tidur malam harinya.

  1. Tidak Konsumsi Kafein sebelum Tidur

Kurang tidur di malam hari mampu menjadi penyebab dari kelebihan tidur esok paginya. Ketika pagi hari seharusnya dapat bangun dengan tubuh yang segar, kita akan tergoda untuk tidur lebih lama akibat malamnya tak bisa tidur nyenyak yang bisa saja dikarenakan konsumsi kafein sebelumnya. Jadi, hindarilah kafein sebelum tidur dan kalaupun membutuhkannya, konsumsi sedikit seperti dari teh hijau di siang harinya.

  1. Bangun Tanpa Alarm

Saat jadwal tidur atau rutinitas tidur sudah teratur dan menjadi konsisten, pola tidur yang teratur perlu dipertahankan dan dengan begini kita tak lagi memerlukan bantuan dari alarm. Apabila dapat membiasakan diri dengan jadwal tidur yang benar dan bahkan mampu bangun tidur tanpa alarm atau dibangunkan oleh orang rumah, tidur pun tak akan menjadi berlebihan.

Apabila cara mengatasi tidur berlebihan secara alami tersebut tak mempan dan tubuh Anda masih suka cepat lelah dan ngantuk terus-menerus, konsultasikan dengan dokter karena bisa jadi kondisi yang sedang dialami adalah seperti hipersomnia. Berbagai gejala gangguan tidur dapat terjadi, maka waspadai berbagai kondisi ini dengan benar.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk