Apakah Tidur Sore Tidak Baik ?

3909

Berbicara tentang manfaat tidur sore bagi kesehatan masih banyak sekali terjadi pro dan kontra antara beberapa pihak. Pada dasarnya tidur yang bermanfaat ialah tidur pada saat yang sangat diperlukan atau dalam keadaan sangat mengantuk. Tidur pada awal malam lebih bermanfaat dibandingkan tidur pada akhir malam. Begitu juga dengan tidur ditengah siang lebi baik dibandingan dengan tidur diujung siang (sore). Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur sore terbukti membuat seseorang susah tidur pada malam hari. Pada anak-anak usia diatas 2 tahun dilakukan penelitian, bahwa anak-anak yang tidur sore akan mengalami terlambat tidur pada malam hari selama 40 menit dibandingkan anak lainnya. Tidak hanya itu anak-anak tersebut gagal memainkan puzzle dan keterampilan dalam organisasi.

Jadi kesimpulannya tidak ada manfaat yang kita dapatkan saat tidur sore hari. Malahan dengan tidur sore kita akan kehilangan manfaat dari tidur tersebut. Tidak hanya tidur sore saja yang dilarang dan tidak memiliki manfaat, tetapi tidur pada pagi hari juga tidak memiliki mnafaat. Tidur memang menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai manusia. Karena dengan tidur kita menjadi segar kembali. Tubuh yang lelah, urat yang mengkerut, dan otot yang dipakai beraktivitas seharian akan meremaja lagi jika kita tidur. Apa yang terjadi jika kita tidur pada pagi hari(setelah shubuh) dan sore hari?

Bahaya tidur pagi hari akan menyebabkan :

  • Tidur pada pagi hari akan menaikkan kadar darah putih dalam tubuh. Hal ini menyebabkan rawan terserang penyakit kanker darah.
  • Tidur pagi hari akan membuat kita menjadi malas beraktivitas. Tidur pagi hari juga dikatakan akan menghambat datangnya rezeki.

Tidur sore tidak baik dan akan akan menyebabkan :

  • Tidur sore hari akan beresiko terserang penyait liver, apalagi bagi yang mempunyai histori penyakit hepatitis.
  • Menurut penelitian tidur sore hari juga akan memicu kegilaan. Berawal dari linglung, bingung, kemudian mengalami kegilaan perlahan-perlahan.
  • Pada jam 3 samapi jam 7 malam matahari dikatakan mengeluarkan sinar gamma yang berbahaya.
  • Banyak juga nenek moyang kita mengungkapan tidur sore akan mengundang banyak penyakit

Akan muncul pertanyaan baru jika telah didapatkan kesimpulan tersebut. Lalu kapan waktu yang baik untuk tidur? Apa manfaat dari tidur tersebut? Apakah ada bahaya yang mengancam kesehatan kita jika terlalu berlebihan tidur? Waktu yang baik untuk istirahat di siang hari adalah setelah istirahat makan siang. Sebaiknnya berikan waktu 20 menit kepada tubuh untuk beristirahat siang hari sebelum melanjutkan aktivitas seperti semula.

Manfaat tidur siang :

  • Meningkatkan daya ingat otak

Tidur siang dapat meningkatkan daya ingat ota, sangat baik bagi orang tua (lansia). Hal tersebut terjadi karena semakin meningkatnya umur seseorang, mereka cenderung melupakan memori masa lalu dan akan menyebabkan menurunnya daya ingat.

Artikel terkait kesehatan otak lainnya :

  • Meningkatkan kewaspadaan

Suatu studi dari NASA mengungkapkan bahwa tidur siang selama 40 menit akan meningkatkan kewaspadaan hingga 100%.

  • Meningkatkan mood

Menurut sebuah penelitian tidur siang dapat membuat serotonin menggenangi otak. Seratonin berfungsi untuk mengatur suasana hati, tidur, selara makan. Akan tetapi saat kita mengalami stres yang berat, saat itu seratonin berhenti produksi sementara. Hal itu diakibatkan saat stres seseorang membutuhkan banyak seratonin.

  • Meningkatkan fungsi indera dan kreativitas

Tidur siang ternyata juga dapat meningkatkan persepsi sensorik yang sama efektifnya saat tidur malam hari. Tidur siang juga dapat meningkatkan kreativitas seseorang dan dapat memunculkan ide-ide baru yang ada dalam otak.

Tidur siang juga dapat mengatasi masalah insomnia (susa tidur malam hari). Kebiasaan insomnia ini tidak dapat diabaikan begitu saja karena akan berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh. Insomnia akan mengakibatkan kelelahan, menurunnya daya ingat, sulit konsentrasi, hingga terjadi penurunan kualitas kerja.

Gejala gangguan tidur lainnya yaitu :

  • Mengurangi stres

Tidur beberapa menit saat siang hari akan mengurangi stres yang terjadi pada diri seseorang. Otak yang dibiarkan terus menerus bekerja hingga menjadi stres akan semakin berbahaya. Dengan tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

Kesimpulannya tidur sore hari tidak memiliki manfaat apapun dan hanya akan menyebabkan permasalahan lainnya. Tidurlah pada waktu yang dianjurkan, agar mendapatkan manfaat yang optimal.