Abses Otak – Gejala, Diagnosa, Pengobatan dan Pencegahan

6148

Abses otak adalah sejenis infeksi bakteri dan jamur, di mana ada nanah tertimbun di jaringan otak. Orang yang menderita abses otak kebanyakan pada rentang usia 10-35 tahun. Jarang sekali kasus pada usia jauh dari rentang usia tersebut.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan abses otak, yaitu :

  • Mengalami luka di kepala hingga ke otak
  • Bagian badan lainnya yang mengalami infeksi namun menyebar ke otak lewat pembuluh darah
  • Komplikasi infeksi terhadap tindakan bedah
  • Adanya infeksi pada bagian kepala yang lain seperti hidung atau telinga

Sebanarnya abses otak jarang terjadi, namun sangat rentan menimpa seseorang yang pernah melakukan transplantasi organ atau seseorang dengan gangguan imunatas tubuh (HIV/AIDS).

Gejala

Seseorang yang menderita abses otak memiliki gejala seperti berikut ini :

  • Muntah-muntah
  • Mual
  • Rasa mengantuk
  • Kejang
  • Demam biasa
  • Mengalami gangguan fungsi otak lain
  • Mengalami gangguan kepribadian
  • Lemahnya otot di salah satu bagian sisi tubuh.

Pada dasarnya gejala-gejala yang ditimbulkan karena adanya abses di otak tersebut dipengaruhi oleh besar kecilnya ukuran abses dan letak abses sendiri. Gejala dapat muncul dalam kurun waktu hari atau beberapa minggu. Di awal akan merasa menggigil seperti orang demam, namun ketika tubuh dapat membentengi dari infeksi itu, maka demam pun bisa hilang.

Diagnosa

Gejala awal abses yang masih belum jelas, mungkin penderita yang datang ke dokter sudah mengalami demam atau sakit kepala hebat. Untuk memastikan pasiennya mengalami sakit abses otak atau tidak, dokter harus tahu riwayat penyakit pasien lebih dahulu. Menanyakan keluhan pertama kapan dan apakah sebelumnya pernah mengalami sakit lainnya atau infeksi. Setelah itu, dokter biasanya akan melakukan beberapa tindakan untuk mengetahui secara pasti pasiennya terkena abses otak atau tidak, seperti MRI (magnetic resonance imaging) atau CT Scan (Computed tomography) yang akan memperlihatkan gambaran otak secara terperinci.

Jika terlihat noktah atau bercak pada otak menandakan adanya abses. Bila diagnosis masih terkesan abu-abu, maka dokter ahli bedah saraf dapat melakukan pengambilan sampel bercak/noktah memakai jarum halus. Apabila diperlukan dokter akan melakukan tindakan biopsi jika diketahui ada tumor dan untuk membasmi berbagai organisme penyebab dari abses otak.

Tingkatan Penyakit

Pada kurun waktu 2 minggu abses akan tampak jelas. Agar kondisi tidak memburuk dokter perlu melakukan tindakan cepat untuk mengobati abses tersebut. Pengobatan abses termasuk tindakan lanjutannya akan dilakukan selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Ada 4 stadium pada penyakit abses otak ini, antara lain :

  1. Stadium serebritis dini yang terjadi dalam waktu satu hingga tiga hari
  2. Stadium serebritis lambat yang terjadi dalam waktu empat sampai sembilan hari
  3. Stadium pembentukan kapsul dini yang terjadi dalam waktu sepuluh sampai empat belas hari
  4. Stadium pembentukan kapsul lambat yang terjadi setelah empat belas hari

Pengobatan

  1. Antibiotik untuk mengatasi infeksi yang terjadi karena bakteri – Diberikan selama paling sedikit 6 hingga 8 minggu sampai infeksi tersebut dapat terkendali. Jenis antibiotik yang biasa dipakai adalah metronidazol, penisilin, sefalosporin, atau nafsilin. Untuk CT scan dan MRI biasanya tiap 2 minggu akan diulangi. Pembedahan akan dilakukan apabila antibiotik sudah tidak bisa lagi mengatasi abses otak.
  2. Pengangkatan jaringan otak yang abses dengan cara pembedahan – Apabila lokasi dari abses otak tersebut mudah untuk dicapai dengan mempertimbangkan kerusakan saraf yang terjadi masih relatif aman, maka pembedahan menjadi jalan keluar. Tindakan mengalirkan cairan nanah memakai jarum halus yang dimasukkan ke bagian otak yang abses dapat pula dilakukan. Neurografi stereotaktik  dapat membantu dokter ahli bedah saraf untuk melihat jarum yang tengah disuntikkan pada bagian otak yang abses di layar monitor. Anti konvulsan pun akan diberikan agar pasien terhindar dari kejang-kejang. Konsumsinya dapat terus sampai abses sembuh dan hilang.

Abses yang semakin menekan otak berdampak pada otak yang mengalami pembengkakan. Bengkaknya otak berakibat pada kerusakan otak tetap. Dalam hal ini perlu pemberian kortikosteroid atau jenis obat yang lain. Manfaat dari pemberian obat ini adalah agar bengkak pada otak dapat berkurang. Begitupun tekanan yang disebabkan oleh bengkaknya otak tadi.

Obat Alami Abses Otak

Apabila menderita abses otak, kita bisa mencoba mengobatinya dengan obat yang berasal dari bahan-bahan alami. Tanpa efek samping dan kandungan zat bebahaya. Konsumsi ekstrak kulit manggis dikombinasikan dengan daun sirsak secara teratur dapat membantu mengatasi abses otak. Seperti kita ketahui bahwa kulit manggis merupakan makanan yang mengandung antioksidan lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Selain itu, zat xanthone yang terkandung dalam kulit manggis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, anti virus, anti parasit, anti jamur, anti kanker dan anti radang. Kulit manggis bermanfaat dalam proses pembuangan racun dari tubuh kita.

Sementara kandungan dalam daun sirsak yang mempuyai efek anti viral dapat membantu membasmi bakteri penyebab abses otak. Lebih praktis untuk membeli ekstraknya daripada harus membuat sendiri. Jika membuat sendiri dikhawatirkan kandungan yang terdapat di dalam kulit manggis atau daun sirsak malah akan hilang akibat proses pembuatannya yang tidak tepat.

Pencegahan Abses Otak

Sebagian besar abses otak terjadi karena kurang terjaganya kebersihan rongga mulut, gangguan imunitas tubuh, atau infeksi sinusitis. Karena itulah hal yang pasti dan wajib kita lakukan agar terhindar dari abses otak adalah membersihkan rongga mulut secara teratur. Jaga kebersihan mulut dan gigi, jangan lupa juga untuk periksa ke dokter gigi secara teratur. Untuk abses yang terjadi karena gangguan imunitas tubuh (penyakit HIV/AIDS) bisa ditangkal dengan mengetahui dan menjauhi penyebab penyakit HIV seperti berhubungan seks secara bebas. Infeksi sinus dapat diatasi dengan konsumsi antibiotik dan dekongestan.

Gaya hidup sehat juga memberikan kontribusi, seperti berikut ini :

Cara menjaga kesehatan otak

Tips praktis untuk menjaga agar otak kita tetap sehat, diantaranya :

  • Tidur Berkualitas – Setiap hari kita harus istirahat atau tidur cukup. Tidur yang berkualitas akan membuat otak kita kembali segar dan siap untuk bekerja kembali. Jangan gunakan otak untuk memikirkan hal yang terlalu berat hingga terkadang menimbulkan sakit kepala atau berpikir terlalu ringan. Istirahatkan otak dengan tidur berkualitas.
  • Nutrisi untuk Otak – Otak bekerja setiap saat, bahkan tatkala anda melamun. Maka dari itu asupan kebutuhan nutrisi dan gizi ke otak harus diperhatikan. Jangan sampai otak kita kekurangan nutrisi yang berakibat pada menurunnya kerja otak dan otak terserang bermacam penyakit.
  • Hindari Merokok Apalagi Narkoba – 2 kebiasaan ini adalah pemicu rusaknya jaringan otak. Bahaya asap rokok dan kandungan racun dalam rokok yang berbahaya bagi kesehatan. Bisa menimbulkan kanker dan berbagai gangguan kesehatan lain. Bagi perokok berat, jangan langsung berhenti merokok karena mungkin hal itu terasa menyiksa. Kemungkinan kembali merokok pun akan lebih besar. Langkah yang lebih baik adalah dengan mengurangi rokok lebih dulu hingga akhirnya bisa meninggalkan rokok. Narkoba membuat orang kecanduan, terkadang setelah mengkonsumsinya bisa lupa diri. Tidak tahu apa yang dilakukan. Merusak pikiran dan otak.
  • Menghindari Benturan – Benturan di kepala sebaiknya dihindari, diminimalkan. Karena terjadinya benturan di kepala dapat mengganggu fungsi otak.

Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak

  • Omega 3 – Asam lemak omega 3 dapat membantu peningkatan daya ingat dan konsentrasi. Asam lemak omega 3 dapat diperoleh dari ikan tuna, minyak ikan, kalkun, bawang putih, telur, sereal, dan lainnya.
  • Biji-Bijian – Makanan jenis biji-bijian seperti beras merah, sereal, dan gandum sangat baik untuk membuat otak jadi sehat. Selain itu makanan jenis ini juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi
  • Karbohidrat – Kandungan glukosa dalam makanan yang mengandung karbohidrat membuat otak bekerja lebih baik. Dapat diperoleh dari kismis, kecambah, pisang, dan apel.
  • Vitamin B Kompleks – Meningkatnya kerja dan kemampuan otak jadi lebih baik juga dipengaruhi oleh konsumsi vitamin B kompleks. Makanan yang mengandung vitamin B kompleks antara lain bayam, kacang almond, brokoli, kedelai, jamur, kentang, telur.

Jenis Minuman Sehat untuk Otak

  • Teh – Teh hitam dan teh hijau yang dikonsumsi tanpa gula, dapat membantu membuat otak jadi sehat. Kandungan epigallocatechin-3-gallate di dalam teh hijau membantu dalam mempertajam memori dan meningkatkan sel-sel otak. Teh hitam pun dapat membantu kerja otak bila dikonsumsi secara teratur.
  • Cokelat – Aliran darah menuju otak yang lancar dipengaruhi oleh kandungan cokelat yang bisa membantu tekanan darah turun.
  • Smoothies – Smoothies blueberry atau blackberry membantu membuat otak sehat dan meningkatkan konsentrasi otak.
  • Jus Delima – Jus buah segar ini pun membantu otak jadi segar dan sehat.
  • Kombinasi Kunyit dan Kayu Manis – Senyawa proantosianidin dan cinnamaldehyde yang ada di kayu manis dapat mengatasi protein berlebih yang terdapat di otak sehingga bisa berkurang dan hal ini berpengaruh pada penurunan resiko terkena demensia. Curcumin dalam kunyit pun memiliki manfaat yang sama dengan kayu manis tadi yaitu penghambat berkembangnya demensia. Minuman campuran kayu manis dan kunyit bisa pula ditambah dengan zaitun, yang bermanfaat sebagai penghambat alzheimer. Karena minyak zaitun mengandung oleochantal.

Selain minuman di atas, jangan lupa konsumsi air putih yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ya.