Home Featured 6 Gejala Gangguan Pendengaran yang Wajib Diwaspadai

6 Gejala Gangguan Pendengaran yang Wajib Diwaspadai

by Putri Yohani Masnun

Kita sangat mengandalkan indera pendengaran untuk dapat mendengar suara, berkomunikasi dengan orang lain dan memahami kondisi sekitar. Sayangnya, telinga sebagai alat mendengar sangat rentan mengalami masalah, karena itu banyak orang yang mengalami gangguan pendengaran baik di usia muda hingga tua. Nah, kita perlu mengenal gejala gangguan pendengaran agar dapat bertindak cepat untuk mengatasinya bila kondisi tersebut terjadi. Gejala tersebut perlu diwaspadai, seperti berikut ini.

1. Menjawab Tidak Sesuai Pertanyaan

Pendengaran yang terganggu akan menyebabkan penderitanya kesulitan mendengar suara secara sempurna, dan ini sangat berpengaruh saat sedang berbicara dengan seseorang. Gangguan pendengaran dapat membuat penderitanya keluar dari jalur pembicaraan, dan tak jarang menjawab pertanyaan lawan bicaranya dengan jawaban yang tidak sesuai.

2. Berbicara dengan Keras

Orang yang terganggu pendengarannya tentu tidak dapat mendengar suara dengan volume kecil. Karena itu, mereka yang mengalaminya sering berbicara dengan keras atau lantang agar bisa mendengar suaranya sendiri. Selain itu, saat mendengar musik atau menonton tv, penderitanya juga selalu menyetel volume yang tinggi agar suaranya bisa terdengar.

3. Meminta Mengulang Perkataan

Saat sedang berbicara dengan orang lain, seseorang yang mengalami gangguan pendengaran akan sering meminta lawan bicaranya untuk mengulang perkataannya kembali. Hal ini dikarenakan ia tidak dapat mendengar dengan jelas sehingga butuh pengulangan dengan suara yang lebih keras untuk dapat menangkap maksud dari orang yang diajaknya berbicara.

4. Sulit Menentukan Arah Sumber Suara

Karena fungsi indera pendengaran yang terganggu, tentu saja kemampuan mendengar menurun dan menyebabkan penderitanya kesulitan dalam menentukan arah sumber suara yang didengarnya. Kondisi ini dapat menyebabkan orang yang mengalaminya kesulitan untuk menemukan seseorang yang memanggilnya saat di tengah keramaian.

5. menarik Diri dari Situasi Sosial

Saat menyadari kalau dirinya mengalami gangguan pendengaran, penderitanya akan mulai menarik diri dari lingkungan sosial dan kondisi di lingkungan sekitar yang ramai. Mereka yang mengalami gangguan pendengaran juga menjadi sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain sehingga tak jarang membuat mereka enggan untuk berkomunikasi terutama di tempat umum.

6. Respon yang Lambat pada Anak

Jika gangguan pendengaran terjadi pada anak dan balita, biasanya dapat terlihat gejalanya dengan tidak kagetnya anak saat mendengar bunyi nyaring atau keras. Selain itu, jika anak sulit untuk berbicara, tidak menoleh ketika dipanggil namanya dan sulit mengucapkan kembali kata yang diucapkan orang lain, bisa dipastikan fungsi pendengarannya sedang terganggu.

Nah, gejala gangguan pendengaran di atas sangat penting untuk diperhatikan dan sebaiknya segera periksakan diri ke dokter jika menemukan salah satu gejalanya baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Dengan tindakan penanganan yang cepat dan tepat dapat mengurangi gejala tersebut sehingga penderitanya dapat segera mendengar dengan normal kembali.

You may also like