Iseng Konsumsi Jus Buah Melalui Infus Intravena, Wanita Ini Alami Kerusakan Organ

217

Kalau kita tahu fungsi dasar dari infus intravena adalah alat memasukkan cairan khusus yang berisi nutrisi atau obat tertentu ke pembuluh darah supaya tubuh bisa menyerap dengan baik, bahkan alat ini sebenarnya digunakan biasa oleh para ahli medis. Mencoba sesuatu yang baru dengan infus intravena, wanita asal China bernama Zeng (51) malah berakhir di rumah sakit.

Wanita di Chenzhou, China ingin mencoba hal yang baru, yakni mengonsumsi jus buah tapi dengan cara diinjeksikan ke pembuluh darah dengan infus intravena. Hal ini pun ia akui sebagai sebuah keisengan belaka mengumpulkan 20 jenis buah dan mengolahnya menjadi minuman jus.

Pikir Zeng saat itu, dengan mengonsumsi jus buah lewat infus maka manfaat nutrisinya akan makin mantap, maksimal dan juga lebih dapat dirasakan oleh tubuhnya. Dilansir dari South China Morning Post, Zeng mengatakan bahwa ia kira karena buah segar itu sehat maka diinjeksikan ke dalam tubuh sama sekali tidak bahaya.

Sebagai efek dari jus buah yang masuk ke pembuluh darah dan menyatu dengan aliran darah, suhu tubuh Zeng menjadi tinggi dan tubuhnya mengalami gatal-gatal. Karena makin buruk kondisi tubuhnya, akhirnya ia harus dibawa ke ICU Rumah Sakit Xiangnan University. Dokter yang menangani Zeng mengatakan bahwa infeksi darah parah/sepsis dialami wanita ini, termasuk juga kerusakan organ mulai dari organ ginjal, hati serta jantung.

Sempat berada di masa kritis, untungnya wanita ini berhasil selamat setelah 5 hari berkat pemberian antibiotik oleh dokter sekaligus perawatan terapi cuci darah untuk menanganinya. Menurut laporan terakhir, kondisi Zeng sudah baik dan dokter pun tak lupa memperingatkannya agar tak melakukan aktivitas berbahaya lainnya di kemudian hari.

Praktek-praktek kesehatan yang tidak sewajarnya tak boleh dilakukan lagi oleh Zeng karena aktivitas sembarangan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Beruntung dirinya dapat selamat, sebab kerusakan organ dapat berakibat pada kematian. Bagi siapapun yang ingin menikmati jus buah, minum saja seperti biasa dan tak perlu mencoba menyuntikkannya ke pembuluh darah.