12 Efek Makan Pisang Setiap Hari Paling Buruk bila Berlebihan

Pisang adalah salah satu makanan yang mengandung kalium tinggi berikut juga vitamin C serta beberapa jenis mineral dan vitamin lainnya. Buah dengan kulit dan daging berwarna kuning ini memang menawarkan segudang manfaat kesehatan bagi anak-anak hingga orang tua. Namun, ada efek makan pisang setiap hari yang cukup berbahaya apabila dilakukan berlebihan, apa sajakah itu?

  1. Migrain

Waspadai akan pembuluh darah Anda yang bisa tersumbat karena mengonsumsi pisang setiap hari yang lebih dari 2 buah per harinya. Konsumsi pisang secara berlebihan rupanya dapat memberikan efek penyumbatan pada pembuluh darah sehingga mengakibatkan penyakit sakit kepala sebelah alias migrain.

  1. Ngantuk Terus-menerus

Ada kandungan triptofan di dalam buah pisang yang akan menimbulkan efek gampang mengantuk pada Anda. Pisang juga mengandung karbohidrat yang akan menjadi penghambat asam amino untuk masuk ke otak kita sehingga hormon serotonin pun produksinya meningkat sehingga rasa kantuk terus akan menghinggapi. Mengonsumsi pisang setiap hari dalam jumlah banyak bakal menjadikan tubuh sangat rileks karena kandungan magnesiumnya juga, jadi batasi konsumsinya mulai sekarang.

  1. Kelebihan Kalium

Anda pasti ingat betul bahwa pisang adalah sumber kalium yang besar di mana sebenarnya akan sangat baik bagi yang memang asupan kaliumnya kurang. Namun bila asupan kalium sudah cukup dan normal, makan pisang setiap hari secara berlebihan akan mampu memicu kondisi kelebihan kalium dan hal ini bisa berbahaya bagi tubuh Anda.

Istilah lain untuk kondisi kelebihan kalium adalah hiperkalemia di mana akan menimbulkan gejala seperti tak beraturannya detak jantung, melemahnya otot, tekanan darah rendah serta lumpuh sementara. Cukup mengerikan bukan kalau harus mengalaminya? Waspadai hiperkalemia karena hal ini pun bisa breakibat pada kondisi gagal jantung yang mematikan.

  1. Kadar Gula Darah Naik

Pisang juga dikenal sebagai buah dengan kandungan gula alami tinggi yang kita sebut dengan glukosa. Apabila konsumsi pisang setiap hari secara berlebihan, kandungan gula dalam darah bisa saja terjadi lonjakan yang akibatnya Anda bisa menderita diabetes.

  1. Gangguan Enamel Gigi

Selain gula yang dapat memperbesar risiko pengonsumsi buah pisang berlebihan untuk mengidap diabetes, hati-hati juga karena gula di dalam pisang berbahaya juga bagi gigi. Gigi Anda bisa saja terkena pengaruh buruk dari buah satu ini karena kadar glukosa yang tinggi, yakni kerusakan enamel gigi bila memakannya lebih dari 2 buah setiap hari.

  1. Ketidakseimbangan Hormon

Lagi-lagi makan pisang setiap hari bisa berefek buruk bagi kesehatan Anda, terutama hormon yang menjadi tak seimbang karena konsumsi berlebih. Kali ini xeniobiotik di dalam buah kuning inilah yang menjadi pemicu. Hormon androgen pada pria dan hormon estrogen pada wanita adalah yang paling terpengaruh dalam hal ini dengan contoh kondisi haid tidak teratur serta rasa cepat lelah atau kelelahan ekstrem.

  1. Sembelit

Bukankah pisang juga mengandung serat cukup tinggi dan mampu mengatasi konstipasi? Konsumsi pisang tiap hari dengan porsi berlebih justru menyebabkan kondisi sebaliknya, konstipasi bisa terjadi karena adanya gangguan pencernaan.


  1. Kenaikan Berat Badan

Bagi Anda yang tak ingin gemuk atau tak ingin berat badan naik dengan cepat, maka hindari makan pisang setiap hari, apalagi mengonsumsinya lebih dari 2 buah per hari. Apabila Anda ingin mengonsumsi camilan buah dengan kalori rendah, maka pisang bukan buah yang terbaik.

  1. Kerusakan Saraf

Kaya akan vitamin B6, pisang tak sebaiknya dikonsumsi berlebihan setiap hari karena mampu merusak saraf di dalam tubuh. Asupan vitamin B6 yang lebih dari 100 mg apalagi tanpa resep dari dokter akan sangat berbahaya, maka sebaiknya perhatikan asupan buah pisang dengan mempertimbangkan juga asupan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

  1. Hipersensitivitas pada Penderita Alergi Lateks

Seorang penderita alergi lateks akan memiliki hipersensitivitas terhadap buah pisang jadi bila mengonsumsinya setiap hari kemungkinan hipersensitivitas akan menimbulkan beberapa keluhan gejala menurut studi oleh Annals of Allergy, Asthma and Immunology. Contoh gejala yang berkemungkinan muncul antara lain adalah mata berair, tenggorokan yang gatal, batuk, pilek, serta mengi.


  1. Masalah Pernapasan

Gangguan pada pernapasan juga adalah efek dari makan pisang setiap hari dengan asupan berlebih. Gangguan seperti ini pada umumnya akan lebih besar kemungkinannya dialami oleh para penderita alergi ragweed. Waspadai hal ini bila gejala seperti sesak nafas dan sulit menelan mulai terjadi.

  1. Gas

Frutosa dan serat larut ada di dalam buah pisang di mana kedua kandungan tersebutlah yang menjadi pemicu timbulnya gas. Apabila mengonsumsi pisang dalam jumlah besar setiap hari, tak heran bila Anda pun harus membiarkan usus besar bekerja lebih keras dalam proses mencerna serat sehingga gas pun terhasilkan dari sana. Sama dengan serat larut, fruktosa juga akan sulit dicerna oleh tubuh bila konsumsi kita terlalu banyak, maka ketahui porsi yang paling aman.

Efek makan pisang setiap hari secara berlebihan pasti buruk bagi kesehatan karena segala yang berlebihan tidaklah baik. Bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan tertentu, seperti masalah ginjal, gula darah tinggi, alergi, dan lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang boleh tidaknya konsumsi pisang apalagi setiap hari. Bila diperbolehkan, maka ketahui juga porsi yang tepat supaya tak mengancam kesehatan Anda.

, , ,
Post Date: Tuesday 07th, November 2017 / 14:18 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya