8 Efek Minum Soda Saat Hamil Muda Mengerikan Harus Dihindari

2201

Ibu hamil memiliki banyak larangan dalam hal makanan dan minuman agar tidak mengganggu perkembangan janin di dalam perut. Minuman soda adalah salah satu jenis minuman yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi para ibu hamil, apalagi yang masih hamil muda. Kandungan pengawet, kafein, karbonat, asam fosfat dan gula tinggi tak baik untuk kesehatan janin.

Dilansir dari Kompas.com, menurut dr. Yulianti SpOG minuman bersoda apabila dikonsumsi berlebihan mampu menyebabkan berbagai efek berbahaya bagi sang ibu hamil itu sendiri berikut juga untuk pertumbuhan janin. Berikut ini adalah efek minum soda saat hamil muda yang sangat perlu diperhatikan.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Minuman soda diketahui mengandung kafein di dalamnya sehingga sama dengan kopi, minuman ini mampu menjadi pemicu penyakit tekanan darah tinggi, termasuk pada para ibu hamil muda. Para ibu yang sedang hamil muda sebaiknya menghindari minuman soda. Kalau risiko kelahiran prematur saja cukup tinggi, maka dikhawatirkan sewaktu masih hamil muda janin dapat gugur karenanya.

  1. Nyeri Perut

Pada beberapa kasus, ibu hamil muda yang berani mengonsumsi minuman soda justru mengalami yang namanya rasa sakit di perut bagian bawah. Bila masih nyeri ringan, maka cobalah untuk hentikan segera konsumsi minuman bersoda tersebut. Walau memang merupakan kondisi yang tergolong wajar sebab area panggul juga bakal mengalami peregangan sehingga menyebabkan rasa nyeri, melanjutkan minum soda hanya akan memperbesar potensi bahaya minuman bersoda terhadap kandungan.

  1. Gangguan Pencernaan

Minum soda di kala sedang hamil muda pun tak baik karena kandungan asam karbonat di dalam minuman soda mampu memicu rasa mual yang berlebihan dan menyebabkan sang ibu harus muntah-muntah. Demi pencernaan tetap sehat dan tak memengaruhi kesehatan janin juga, hindarilah minum soda.

  1. Osteoporosis

Minuman soda memang termasuk minuman ringan, namun efeknya tak seringan yang dibayangkan apalagi kalau dikonsumsi oleh para ibu hamil. Karena kandungan asam fosfat terlalu tinggi, tubuh sang ibu hamil pun berkemungkinan mengalami peningkatan kadar fosfor.

Sebagai akibatnya, proses penyerapan kalsium di dalam tubuh pun terhambat dan pada akhirnya massa tulang ikut menurun. Risiko bahaya terbesar yang perlu diwaspadai betul adalah osteoporosis pada sang ibu hamil. Rupanya, minuman soda pun dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan tulang dan memicu pengeroposan yang berbahaya.

  1. Obesitas Pada Janin

Bisa dibayangkan bukan betapa berbahayanya kalau sang ibu hamil muda gemar minum soda yang mampu meningkatkan risiko obesitas pada janinnya? Kelebihan berat badan atau obesitas adalah faktor yang meningkatkan potensi terkena diabetes tipe 2 sekaligus gangguan kesehatan kardiovaskular.

Sementara itu saat hamil, jika sang ibu memiliki diabetes tipe 2, itu artinya risiko janin jauh lebih besar dari normalnya sangat dapat terjadi. Karena bobot janin semakin besar saat berada di dalam perut, hal ini nantinya akan berpengaruh pada sulitnya bayi dilahirkan karena saking besarnya.

  1. Menurunkan Sistem Daya Tahan Tubuh

Minuman soda kaya akan gula dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa gula adalah penghalang bagi tubuh untuk melawan bakteri. Jadi dengan mengonsumsi minuman bersoda, ibu hamil muda otomatis tengah menurunkan sistem daya tahan tubuhnya sendiri.

Mengonsumsi minuman soda terlalu sering dan banyak  ditambah dengan asupan makanan manis lainnya akan jauh lebih berbahaya. Hindarilah bahaya makan manis maupun minum minuman manis sebab hal ini memperbesar potensi disfungsi sel-sel darah putih setiap harinya sehingga sel darah putih harus terhambat kinerjanya selama beberapa jam.

  1. Stroke

Kemungkinan efek minum soda yang berbahaya bagi para ibu yang hamil muda adalah risiko penyakit stroke yang tinggi. Hal ini pun tak lepas kaitannya dari masalah obesitas sebab menurut sebuah hasil studi di Amerika Serikat, para wanita dapat berisiko melahirkan bayinya secara prematur karena penyakit stroke yang disebabkan oleh kelebihan berat badan pada waktu hamil.

  1. Perdarahan

Selain dari nyeri perut yang mungkin terjadi sebagai efek setelah minum soda padahal sedang hamil muda, perdarahan pun dapat menjadi risikonya. Ketika nyeri di bagian perut bawah tak kunjung mereda ditambah perdarahan terjadi dari jalan lahir, segera kunjungi dokter supaya dokter dapat memeriksa kesehatan sang ibu berikut janin.

Sewaktu Anda diketahui sedang hamil muda, konsultasikan berbagai hal dengan dokter Anda, termasuk makanan dan minuman apa yang tak seharusnya dikonsumsi. Kondisi setiap janin pada ibu hamil muda tidaklah sama satu sama lain, ada yang kuat ada yang tidak. Jadi pastikan untuk hindari efek minum soda saat hamil muda yang berbahaya bagi sang ibu dan kandungan.