Dapatkan 8 Efek Minum Kopi Campur Madu Yang Super Baik Ini !

538

Mungkin belum banyak orang yang begitu tahu tentang kopi yang bisa dikonsumsi dengan dicampur bersama madu. Untuk meningkatkan atau setidaknya menjaga kesehatan, Anda memang perlu sekali-kali mencoba mengonsumsi kopi campur madu. Unik memang, dan hal ini pun masih banyak dipertanyakan apakah aman mengonsumsi keduanya bila dicampur, lalu apa efek minum kopi campur madu itu sendiri?

  1. Meningkatkan Energi

Tak diragukan lagi memang bahwa minum kopi akan menambah energi tubuh dan meningkatkan semangat kita yang sudah mulai redup karena efek kafein di dalamnya. Ditambah dengan madu, minuman ini akan menjadi peningkat tenaga yang lebih maksimal sehingga Anda layak mencobanya.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Mulut

Penting untuk mengetahui bahwa minum kopi campur madu juga berdampak baik bagi kesehatan mulut kita. Ya, ada sifat antibakteri di dalam kopi yang mampu memperkecil potensi terkena kanker, khususnya kanker mulut. Dengan madu dicampur dengan kopi tentunya akan memaksimalkan manfaat kesehatan yang ditawarkan pada mulut Anda.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Selain kanker mulut, risiko kanker usus besar pun dapat diturunkan dengan mengonsumsi kopi hitam yang dicampur dengan madu. Ini berkat kandungan antioksidan pada kopi dan kandungan-kandungan baik dalam madu yang siap memperkecil potensi kanker usus besar sebanyak 25 persen seperti hasil penelitian di Jepang melalui konsumsi kopi campur madu sehari 2 kali.

  1. Menambah Stamina

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara meningkatkan stamina tubuh yang termasuk simpel dan aman serta alami, maka minumlah campuran kopi dengan madu. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang sering merasa lemas, lesu dan sering mengantuk. Meminumnya akan membantu tubuh bugar lagi. Selain berkat kafeinnya, kandungan baik madu pun menjadi kelebihan juga.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Jika Anda mungkin adalah salah satu orang yang khawatir terkena penyakit diabetes karena orang tua memilikinya sehingga Anda takut hal tersebut menurun pada Anda, mulailah untuk minum kopi campur madu. Pastikan bahwa madu yang menjadi campuran kopi adalah madu murni agar kandungan gulanya tak terlalu tinggi.

Ketahui apa saja yang menjadi ciri-ciri madu asli supaya Anda bisa mendapatkan manfaat madu yang dicampurkan pada kopi. Madu asli diketahui memang berindeks glikemik rendah sehingga sangat bagus dalam menekan lonjakan kadar gula darah yang berujung pada penyakit diabetes. Kopinya pun sebaiknya kopi hitam tanpa ditambah gula.

  1. Mencegah Obesitas

Kopi hitam dicampur madu lalu dikonsumsi rutin (tanpa berlebihan) juga bisa menjadi cara menurunkan risiko obesitas karena kandungan gula pada madu yang berindeks glikemik rendah tadi. Penggunaan madu ketimbang gula pasir pada campuran kopi tidak akan membuat berat badan mudah naik apalagi memicu penimbunan lemak di tubuh.

  1. Mencegah Impotensi

Para pria dapat mencoba mengonsumsi rutin kopi campur madu apabila memiliki risiko terkena impotensi atau sekadar ingin mencegahnya. Hanya saja, pastikan bahwa Anda tak punya gangguan pencernaan pada lambung, hipertensi, serta penyakit jantung supaya mampu merasakan khasiatnya dalam pencegahan impotensi.

  1. Mencegah Stroke dan Memperkuat Jantung

Karena madu mengandung nutrisi-nutrisi yang baik yang mampu membuat otot jantung lebih kuat ditambah dengan fakta bahwa kopi bisa menjadi cara melancarkan peredaran darah, Anda bisa mencampurkan keduanya untuk diminum rutin. Dengan demikian, risiko serangan stroke dan jenis-jenis penyakit jantung (khususnya masalah otot jantung) bisa diminimalisir.

Apakah madu lebih aman daripada gula?

Apabila membandingkannya dengan gula, madu sebenarnya adalah sumber kalori yang lebih tinggi sebab ada sekitar 21 kalori pada madu sebanyak 1 sendok teh, di mana takaran sama pada gula hanya ada 16 kalori. Namun kabar baiknya, bisa dipastikan bahwa madu jauh lebih baik bagi tubuh dan lebih baik dicampur dengan kopi ketimbang menambahkan gula.

Alasannya pun beragam, yakni dengan mengetahui fakta-fakta tentang madu dan juga gula seperti berikut ini:

  • Madu memang mengandung gula, tapi seperti telah disebutkan sebelumnya, indeks glikemiks lebih rendah apabila membandingkannya dnegan gula pasir sehingga mampu menjadi penurun risiko diabetes.
  • Gula yang ada di dalam madu bisa tubuh bakar secara lebih cepat sehingga tak akan menyebabkan penumpukan lemak.
  • Gula pasir tak lebih manis dari gula yang terkandung di dalam madu, itulah kenapa Anda bisa cukup menambahkan sedikit madu saja ke dalam kopi sebagai pemanis.
  • Madu harganya memang lebih mahal ketimbang gula pasir biasa sehingga memang banyak orang pun akhirnya tetap memilih menambahkan gula pasir biasa pada kopi.
  • Efek menambahkan madu pada kopi memang berbeda dari penggunaan gula pasir. Rasa dan aroma kopi bisa berubah karena madu yang dicampurkan. Tapi kalau Anda tak masalah dengan hal tersebut, silakan segera mencobanya.
  • Madu lebih kaya nutrisi ketimbang gula pasir sehingga makin menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengonsumsi kopi dan tetap sehat. Kandungan nutrisi yang ada pada madu murni antara lain adalah vitamin C, mineral magnesium, vitamin B1, zat besi, vitamin B2, vitamin B3, kalsium, hingga vitamin B5 dan juga vitamin B6.

Anda bisa pilih mengonsumsi kopi hitam seperti kopi robusta yang kemudian bisa ditambahkan madu 1-2 sendok teh sesuai selera. Rasakan efek minum kopi campur madu yang super baik bagi kesehatan Anda, tapi hati-hati agar tidak sampai berlebihan dalam konsumsinya; selamat mencoba di rumah.