Home Featured Minum Kopi Saat Haid Boleh Tidak Sih? Apa Dampaknya?

Minum Kopi Saat Haid Boleh Tidak Sih? Apa Dampaknya?

by Erlita

Tak hanya pria, para wanita pun kebanyakan adalah penggemar minuman berkafein seperti kopi. Bahkan dalam sehari, ada yang bisa mengonsumsi sampai bercangkir-cangkir atau bergelas-gelas kopi. Namun, minum kopi saat haid disebut berbahaya, benarkah kopi bisa berefek buruk bagi kesehatan wanita yang sedang datang bulan atau ini hanya sebuah mitos?

Mengonsumsi kopi di kala haid apa dampaknya?

Banyak wanita yang tak memerhatikan apa bahaya dibalik konsumsi kopi di kala datang bulan dan bahkan ada pula yang mungkin mengetahui sesuatu tapi mengabaikannya. Namun sebenarnya benarkah kopi itu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat haid? Apa sih alasannya padahal nampaknya kopi tak berpengaruh banyak?

Kopi sebetulnya tak dianjurkan bagi wanita yang sedang menstruasi karena efeknya bisa mengganggu pencernaan. Ingat bahwa di dalam kopi ada kafein yang justru meningkatkan risiko dehidrasi karena berakibat pada peningkatan produksi urine dan memperburuk kram perut. Selain itu, masih ada sejumlah efek samping atau bahaya kesehatan yang bisa saja terjadi, seperti:

  • Nyeri pada payudara – Payudara yang bengkak dan keras karena timbul benjolan berisi cairan disebut dengan payudara fibrokistik. Tak hanya membengkak dan mengeras, akan muncul rasa nyeri yang dialami sebelum serta sesudah haid di mana rasa nyerinya akan lebih terasa ketika mengonsumsi kafein selama haid.
  • Diare – Inilah salah satu contoh gangguan pencernaan yang bisa terjadi akibat mengonsumsi kopi di kala haid. Kopi mengandung asam dan minyak yang mampu memicu iritasi serta pembakaran usus sehingga akhirnya timbul kondisi diare. Bagi yang memiliki perut sensitif, diare bisa jauh lebih serius.
  • Kecemasan berlebihKafein memang membantu tubuh lebih bersemangat dalam menjalani hari, namun kafein mampu meningkatkan hormon stres lho. Ketika hal ini terjadi, sistem daya tahan tubuh melemah sehingga oksigen menuju otak suplainya berkurang. Kecemasan berlebih bisa terjadi kemudian sebagai efeknya.
  • Memperpendek siklus haid – Minum kopi mampu memperpendek siklus haid karena pembuluh darah dibatasi oleh kafein di mana aliran darah menuju uterus juga ikut berkurang. Sebagai akibatnya, penurunan jumlah darah haid ikut menurun sehingga haid jadi lebih cepat selesai.
  • Perubahan suasana hati yang cepat – Kafein pada kopi akan membuat hormon serotonin dan dopamin terlepas di mana rasa bahagia bisa hilang. Suasana hati dapat berubah menjadi gampang gelisah, galau dan hampa di mana terkadang ada pula yang sampai menangis tiba-tiba.

Bila minum kopi saat haid memberikan efek-efek semacam itu, pilihan ada di tangan kita kok, tetap ingin meminum kopi namun merasakan ketidaknyamanan atau menghindari kopi dulu sampai haid selesai. Alangkah baiknya kalau minum kopinya berhenti dulu beberapa hari daripada kesehatan terganggu.

You may also like