6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Haid

79

Wanita yang telah dewasa memang secara normal akan mengalami siklus haid, dan tak jarang dari mereka akan merasakan nyeri mulai dari yang ringan hingga berat. Hal ini tentu dapat menurunkan produktivitas dalam bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari. Karena itu, sangat penting untuk melakukan sesuatu untuk menghindari munculnya rasa nyeri saat haid datang, salah satunya dengan menghindari makanan dan minuman berikut ini.

1. Gorengan

Gorengan memang enak disantap terutama di saat sedang bersantai. Tapi tahukah Anda kalau gorengan mengandung banyak minyak dan lemak yang dapat meningkatkan resiko peradangan dalam tubuh? Lemak jahat pada gorengan dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh sehingga rahim rentan mengalami gangguan kesehatan.

2. Makanan Manis

Hampir semua orang suka makanan yang manis. Selain dapat mengganjal perut di kala lapar, makanan manis juga kerap meningkatkan mood menjadi lebih baik. Namun, saat sedang menstruasi sebaiknya makanan manis dihindari. Kandungan gula yang tinggi dari makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga meningkatkan resiko terjadinya gangguan kesehatan pada berbagai organ tubuh, termasuk organ reproduksi wanita.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan yang tersedia dengan cepat atau disebut juga makanan cepat saji sejatinya hanya berupa junkfood yang semestinya dihindari. Makanan cepat saji banyak mengandung lemak jahat, tinggi kandungan garam dan sering diolah dengan cara yang tidak sehat. Jika saat haid Anda memakannya, maka nyeri haid bisa saja bertambah parah.

4. Kopi

Kandungan kafein pada kopi sangat berpengaruh terhadap siklus haid seorang wanita. Hal ini dikarenakan kafein dapat mengganggu kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh. Jadi, haid kemungkinan besar tidak akan berjalan dengan lancar, diseertai dengan rasa sakit yang cukup menyiksa.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang dapat membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan dapat memperparah nyeri haid jika sering dikonsumsi. Kandungan karbonat dan senyawa kimia lainnya dalam minuman bersoda dapat meningkatkan peradangan pada rahim sehingga memicu perut kram.

6. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya seperti keju juga sebaiknya dihindari saat sedang haid. Meski makanan dan minuman tersebut baik untuk tubuh, tetap akan memberikan dampak buruk saat dikonsumsi ketika haid. Sifat asam dari susu dapat menyebabkan perut terasa begah, kram bahkan diare sehingga dapat memperparah rasa nyeri haid. Air putih lebih baik diminum untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mengurangi rasa nyeri yang menggangu.

Makanan dan minuman tersebut sebisa mungkin dijauhi saat atau menjelang haid tiba, agar nyeri haid dan kram perut dapat dihindari. Selain itu, penting pula untuk menghindari minuman penyebab keputihan agar organ reproduksi wanita selalu sehat. Olahraga yang teratur juga turut membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga masalah saat menstruasi tidak akan muncul.