Ini 6 Manfaat Wanita Senam Kegel Selain Mengencangkan Otot Miss V

216

Senam kegel adalah latihan fisik yang sebenarnya wajib bagi wanita untuk melakukannya. Dijamin dengan melakukan senam kegel yang benar secara rutin, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, entah itu bagi wanita hamil, pasca persalinan, atau wanita yang belum menikah. Selain bikin otot miss V lebih kencang, ada manfaat-manfaat lain dari senam kegel yang para wanita harus tahu.

  1. Memperkuat Otot Perut

Memraktekkan senam kegel setiap hari dengan teratur tak hanya bagus untuk kekencangan organ intim lho. Nyatanya, senam kegel juga bagus dalam menjadi cara menguatkan otot perut wanita. Jadi bagi para wanita yang ingin memiliki otot perut kencang dan kelihatan rata, senam kegel adalah salah satu kuncinya.

  1. Melunturkan Lemak di Perut

Selain memperkuat otot perut, jelas senam kegel sangat berguna dalam melunturkan lemak di bagian perut. Para wanita yang khususnya pasca bersalin pasti akan cukup kerap mengeluh dengan perut yang terus-menerus membuncit. Oleh sebab itu, melakukan senam kegel itu penting dan dapat menolong meratakan perut kembali.

  1. Memperlancar Proses Melahirkan

Pada ibu hamil dan menjelang waktu bersalin, senam kegel sangat dianjurkan karena rupanya otot panggul jadi jauh lebih elastis dan kuat karenanya. Inilah yang kemudian mampu membuat jalan lahir terbuka lebih mudah dan bahkan meminimalisir episiotomi (bedah yang bertujuan untuk membuat lubang miss V lebih besar).

  1. Mengurangi Risiko Inkontinensia Urine

Inkontinensia urine paling kerap terjadi pada para wanita pasca melahirkan dengan metode persalinan normal. Ini adalah sebuah kondisi saat seseorang tak mampu menahan buang air kecil yang pada akhirnya mengakibatkan seseorang mudah mengompol.

Itulah kenapa di saat seperti ini melakukan senam kegel sangat diperlukan sebagai cara atasi beser yang sering terjadi pada wanita. Fungsi dari senam kegel adalah untuk menguatkan otot yang berada di area saluran kemih. Dengan begitu, tubuh bisa lebih dapat dikendalikan dalam pengeluaran urine sehingga inkontinensia urine bisa diatasi atau bahkan dicegah agar tak terjadi.

  1. Memulihkan Miss V Pasca Bersalin

Senam kegel juga diketahui dan diyakini betul bermanfaat besar dalam membantu memulihkan miss V pasca bersalin dengan cukup cepat secara alami. Akibat proses episiotomi, jaringan miss V terganggu dan mengalami kerusakan, oleh karena itu sel dan jaringan tersebut perlu regenerasi melalui senam kegel yang menjadi cara melancarkan peredaran darah menuju organ intim.

  1. Meningkatkan Hubungan Intim dengan Pasangan Pasca Bersalin

Cara melakukan senam kegel yang benar dan rutin dipraktekkan juga membawa manfaat bagi para wanita untuk meningkatkan hubungan seksual dengan suami khususnya sehabis melahirkan. Banyak wanita setelah proses bersalin mengalami penurunan kadar pelumasan alami sehingga gairah bercinta menurun. Itulah kenapa kemudian latihan senam kegel dianjurkan seminggu 2 kali.

Senam kegel pada dasarnya adalah latihan fisik yang cukup mudah apalagi kalau sudah terbiasa melakukannya maka Anda bisa membuat otot dasar panggul tertahan secara lebih lama. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat oleh para wanita dengan senam kegel rutin bukan? Ini waktunya Anda pun mulai memraktekkan demi memperoleh manfaat besarnya.